Laman

Wednesday, July 3, 2019

Review Alur Cerita Music Video (MV) =LOVE “Teokure Caution (手遅れcaution)”


Halo~

Kali ini Mistel kembali lagi dengan jenis konten yang belum pernah ada di blog ini, yaitu review Music Video (MV). Lagi-lagi berkaitan sama =LOVE alias Equal Love; イコールラブ/Ikōrurabu; イコラブ/Ikorabu.



Kenapa tiba-tiba mau review MV “Teokure Caution (手遅caution)”? Karena menurut Mistel MV ini tuh jalan ceritanya menarik, lumayan rumit, terus transisi antar scene-nya lumayan cepet jadinya mungkin ada beberapa detail yang luput dari perhatian sebagian orang yang kebanyakan mungkin lebih fokus ke cinta segitiga antara Iori-Maika-Hitomin sama cinta segitiga antara Nagisa-Pak Guru-Bu Guru Mirinya secara garis besar aja. Auranya mirip-mirip sama “Sekai ga Naiteru Nara”-nya SKE48 gitu, meski gak serumit dan semenyeramkan itu juga sih. Yang belum MV-nya liat bisa diliat disini:


Cerita sedikit tentang MV-nya, jadi setting MV-nya tuh tempatnya di sekolahan gitu. Mirinya sama Sanatsun dapet peran jadi guru, sementara member lainnya jadi murid. Kayaknya di awal MV, ceritanya tuh mereka lagi ngadain perpisahan(?) buat Bu Mirinya sama Bu Sanatsun, deh. Kurang tau juga perpisahan karena mereka dipromosikan ke tempat lain atau gimana, soalnya di papan tulisnya ada tulisan-tulisan terima kasih gitu. Mereka foto bareng buat mengabadikan momen dengan minta tolong sama Pak Guru yang nantinya bakal banyak terlibat sama salah satu masalah utama dalam cerita. Setelah itu dilanjutkan sama alur cerita yang bakal coba Mistel bahas satu per satu, jadi silakan disimak~

1)        Dualisme ekspresi wajah para member
Pas mereka foto bareng buat mengabadikan momen, keliatan jelas banget yang awalnya pada senyum ceria tiba-tiba berubah jadi suram. Apalagi Hana dengan seringai menyeramkannya. Menurut Mistel, ini tuh maksudnya dibalik senyum yang mereka tunjukkan, sebenarnya ada rahasia kelam yang mereka sembunyikan atau mungkin juga ada masalah-masalah rumit yang lagi mereka coba hadapi. Jadi, senyum mereka itu cuma topeng aja sebenernya.

Ekspresi ceria mereka..
..tiba-tiba berubah jadi suram.
2)        Maika ada ‘sesuatu’ sama Hitomin
Ini jadi highlight alur ceritanya dari awal sih, karena memang pembukaan MV-nya dimulai sama adegan mereka lagi berduaan.


Mereka lari sambil pegangan tangan di koridor buat ikutan acara perpisahan sama Bu Mirinya dan Bu Sanatsun, tapi sebelum masuk mereka berhenti dulu buat ambil napas. Terus Hitomin mengisyaratkan Maika buat gak bersuara dengan meletakkan telunjuk kirinya di depan bibir, mereka juga celingukan dulu seperti memastikan kalau gak ada orang yang liat mereka. Apakah ini artinya mereka awalnya menyembunyikan 'sesuatu' itu?

3)        Iori awalnya baik-baik aja sama Hitomin
Ini ditunjukkan sama gestur Iori yang ngajakin Hitomin buat pegangan tangan waktu mau foto bareng.

Iori Hitomin pegangan tangan
Tapi 'kebaikan' ini langsung berubah begitu Iori liat Maika sama Hitomin berduaan.
Tiba-tiba Iori berubah sinis
4)        Maika manggil Iori ke luar kelas buat apa?
Ini pertanyaan yang Mistel juga gak tau pasti sebenernya maksud aslinya itu gimana, sih. Soalnya kan ceritanya Maika ada ‘sesuatu’ sama Hitomin ya, dan mereka menyembunyikan itu. Tapi Maika malah manggil Iori pas lagi berdua sama Hitomin dan justru menyebabkan perseteruan diantara Iori sama Hitomin, terus ujung-ujungnya bikin Hitomin sakit hati. Jadi sebenernya buat apa manggil Iori?

Maika manggil Iori
 

Kalo menurut hipotesis ngawur Mistel sih, mungkin awalnya Maika itu ada ‘sesuatu’ sama Iori, tapi itu semua udah berakhir, dan sekarang Maika udah berhasil move on dan mencoba memulai ‘sesuatu’ yang baru sama Hitomin. Tapi ternyata sepertinya Iori belum move on. Waktu Maika manggil Iori buat ke luar kelas, Iori keliatan seneng banget, tapi begitu liat Hitomin sifatnya langsung berubah. Jadi, Maika sebenernya tuh manggil Iori buat ngasih tau, sebagai orang yang pernah punya ‘sesuatu’ sama dia, kalau dia udah punya pengganti. Tapi ternyata rencana Maika gak semulus itu dan malah memercikkan api kebencian diantara Iori sama Hitomin.

Iori  awalnya seneng dipanggil sama Maika
5)        Iori rebut Maika di depan Hitomin
Iori ke luar kelas karena dipanggil Maika, tapi sebelum Maika sempat mengucapkan sepatah kata pun, tiba-tiba Iori menyambar pergelangan tangan Maika dan menariknya ke atap sekolah. Udah dijelasin juga sebelumnya kalau ekspresi ceria Iori seketika berubah jadi jahat begitu ngeliat ternyata lagi berdua sama Hitomin. Tatapan sinis Iori ke Hitomin juga seolah menyiratkan kalau dia mengklaim "Maika punyaku".

Maika tadinya lagi pegangan tangan sama Hitomin..
..tiba-tiba disamber sama Iori.
"Maika punyaku."
Iori sama Maika ninggalin Hitomin sendiri
Di atap sekolah, Iori dorong Maika buat duduk di kursi yang ada di sana, terus Iori cium Maika.

Hitomin yang ternyata ngikutin mereka ke atap sekolah, ngeliat semua itu terus langsung nangis dan lari ke bawah, menuju halaman sekolah.
Hitomin shOCK
Maika yang sadar kalau Hitomin liat dia dicium sama Iori langsung khawatir dan ngejar Hitomin ke bawah. Hati Iori potek bang ditinggal Maika 💔
Maika sadar kalau Hitomin ngeliat mereka
"No, Maika, NO!" 💔
6)        Maika lebih milih Hitomin
Dari poin sebelumnya, udah jelas banget kalau Maika lebih milih buat ninggalin Iori dan lari ngejar Hitomin yang kabur ke halaman sekolah.


Maika berhasil nyamperin Hitomin
Hitomin seneng dong
"NOOOOO!!!" 💔
7)        ‘Pandangan mematikan’ antara Iori sama Hitomin
Setelah Maika sampai ke tempat Hitomin dan meluk dia, diam-diam Hitomin sama Iori saling lempar pandangan mematikan di balik punggung Maika.

"Maika punyaku."
Iori marah banget sampe ngepalin tangan
8)        Nagisa suka sama Pak Guru, Kiara udah curiga duluan
Sebelum foto bersama, Pak Guru sepertinya memuji apa yang lagi dikerjakan sama Nagisa, terus Nagisa balas memandang Pak Guru dengan pandangan penuh arti.


Pandangan penuh arti Nagisa
Beberapa adegan setelahnya, Nagisa terlihat lagi memandang seseorang (mungkin Pak Guru). Terus Kiara yang penasaran sama siapa yang menyita perhatian Nagisa sampe segitunya dan akhirnya mengikuti arah pandangannya. Mungkin disini Kiara udah mulai sadar kalau Nagisa sebenernya suka sama Pak Guru.

Kiara ngikutin arah pandangan Nagisa
9)        Bu Mirinya ada skandal(?) sama Pak Guru
Ini keliatan dari cara Bu Mirinya memandang Pak Guru waktu menyerahkan telepon genggamnya pas minta tolong buat fotoin mereka. Tatapannya penuh arti banget.


Kenapa Mistel bilang skandal? Karena di jari manis tangan kiri Pak Guru ada cincin (umumnya di Jepang kalau pake cincin nikah itu di jari manis tangan kiri). Kemungkinan besar dia udah nikah dan mungkin nikahnya bukan sama Bu Mirinya, soalnya Bu Mirinya gak keliatan pakai cincin.


10)        Rivalry terselubung antara Bu Mirinya dan Bu Sanatsun?
Adegan saling pandang ini dimasukkan ke dalam MV, berarti memang sebenernya ada sesuatu diantara keduanya. Entah salah satunya iri sama yang lainnya atau gimana. Atau Bu Sanatsun sebenernya suka sama Pak Guru juga, jadi dia merencanakan sesuatu?

Apakah arti dari pandangan itu?
11)        Murid-murid sebenernya udah pada curiga sama Bu Mirinya?
Ada sekelebat adegan dimana Hana membisikkan sesuatu ke murid lain (mungkin Risa?). Mistel juga penasaran sebenernya sama apa yang dibisikkan Hana.

Sekelebat Hana bisik-bisik
Setelah beberapa selingan adegan setelahnya, beberapa murid (Risa, Shoko, Nonno, Annya, Hana) keliatan lagi memandang penuh arti ke Bu Mirinya (kalau diliat dari posisi waktu foto bareng, sih). Apakah mereka mulai mengetahui rumor miring tentang Bu Mirinya?


12)        Nagisa akhirnya menyatakan perasaan ke Pak Guru, ditemenin Kiara
Nagisa akhirnya memantapkan hati buat menyatakan perasaannya ke Pak Guru, ditemenin sama Kiara yang nungguin di luar ruang guru.

"Kamu yakin?"
"Iya."

Sayangnya Nagisa ditolak sama Pak Guru :( Ya jelas lah, mana mungkin diterima. Selain udah nikah, kan Pak Guru juga punya Bu Mirinya *eh.


Ups, ternyata ada yang nguping.

Risa, Shoko sama Annya ngintip ruang guru
13)        Kiara cuma ‘sahabat’ Nagisa?
Kiara memang nemenin Nagisa buat ‘nembak’ Pak Guru, tapi ekspresi sedih apa itu? Apa murni cuma ekspresi khawatir sama aksi nekat Nagisa aja, atau ada yang lain?

Kiara kok sedih?
Kalau dibilang Kiara ikut sedih karena Nagisa ditolak Pak Guru kayaknya kurang pas deh, soalnya scene ini ditampilin sebelum scene Nagisa ditolak. Ditambah lagi, ekspresi Hana yang terlihat ‘meremehkan’ Kiara seolah ngomong “Oh, kamu sedih gara-gara itu, heh?”. Kiaranya juga pasang muka yang kayak takut-takut gitu pas diliat sama Hana, kayak ada sesuatu yang dia takut Hana bakal tau. Gak tau ya ini imajinasi Mistel aja atau gimana, lol.

Ada apa ini?
 14)        Bu Sanatsun otak dibalik tersebarnya foto skandal antara Bu Mirinya dan Pak Guru
Ada adegan dimana Bu Mirinya sama Bu Sanatsun nugguin Pak Guru buat jalan bareng, mungkin pulang sekolah bareng. Begitu Pak Guru dateng, Bu Sanatsun langsung ngetik sesuatu di telepon genggamnya, seolah kasih kabar ke orang lain kalau saatnya buat beraksi udah tiba. Dari awal sebenernya Bu Sanatsun selalu stand by sama telepon genggamnya juga, sih.

Bu Sanatsun kirim pesan lewat HP
Mistel punya beberapa kemungkinan yang mendasari alasan Bu Sanatsun mendalangi rencana penyebaran foto skandal ini. Yang pertama, Bu Sanatsun murni cuma iri sama Bu Mirinya, entah karena prestasi atau karena duluan punya pasangan (meskipun ‘terlarang’); yang kedua, Bu Sanatsun sebenernya juga suka sama Pak Guru, jadi dia gak suka kalau Pak Guru sama Bu Mirinya ada ‘sesuatu’; yang ketiga, Bu Sanatsun pengen mematahkan hati Nagisa; dan yang keempat, mungkin Bu Sanatsun kenal sama istri sahnya Pak Guru, jadi mau menyelamatkan pernikahan temennya.

Mistel lebih sreg sama kemungkinan pertama sama kedua sih, karena di poin ke-10 sebelumnya udah diliatin kalau keliatannya ada rivalry terselubung antara Bu Sanatsun sama Bu Mirinya. Kalau kemungkinan ketiga, bisa aja sih, tapi di dalam MV sama sekali gak ada potongan adegan yang menghubungkan antara Bu Sanatsun sama Nagisa, jadi Mistel sangsi. Sementara kemungkinan keempat kayaknya terlalu out of topic, ya.

15)        Nonno dan Hana sebagai kaki-tangan Bu Sanatsun
Orang yang menerima pesan suruhan dari Bu Sanatsun ternyata Nonno sama Hana. Hana yang lagi sembunyi sama Nonno langsung beraksi buat ambil foto Bu Mirinya sama Pak Guru begitu mereka lewat.

Pesan dari Bu Sanatsun diterima dengan baik sama Hana
Nah loh
Cekrek
Dari mana bisa tau kalau mereka sekongkol sama Bu Sanatsun? Karena setelah itu ada adegan Bu Sanatsun nyamperin mereka berdua, terus semuanya ketawa bareng.



Uhh, Bu Sanakonda. Di depan Bu Mirinya baik, taunya jahat~ 🐍
16)        Hana juga yang menyebar foto Bu Mirinya sama Pak Guru
Selain jadi orang yang diam-diam ambil foto skandal antara Bu Mirinya dan Pak Guru, ternyata Hana juga yang jadi pelaku penyebar foto itu.

Ini nih pelakunya
Sampai akhirnya Nagisa shock berat.

Potek hati Dek Nagisa 💔💔💔
17)        Nagisa yang ngelempar HP dan mecahin kaca kantor guru?
Di awal MV, waktu ditampilkan tulisan judul lagu sebenernya udah ada adegan kaca yang pecah karena dilempar sesuatu. Kemungkinan yang dipecah kacanya itu ruang guru. Tapi di awal belum diliatin siapa pelaku yang mecahin kaca. Sampai akhirnya lagunya selesai dan ditampilim kredit nama semua member.

Credit nama member
Tapi ternyata MV-nya gak selesai sampai disitu aja, karena setelah itu masih ada adegan tambahan. Adegan tambahannya yaitu kaca pecah seperti di awal MV, tapi kali ini disertai siluet pelakunya. Meski suasananya remang-remang, kita bisa liat lah ya pelakunya punya twintail, siapa lagi kalau bukan Nagisa. Terlebih lagi, ternyata benda yang dipakai buat mecahin kaca itu adalah telepon genggam yang menampilkan foto skandal Bu Mirinya sama Pak Guru. Hmm memperkuat dugaan saja~

Siluet siapa lagi ini kalau bukan Nagisa?
Ruang guru yang kacanya dipecahin


Ini foto Bu Mirinya gandeng Pak Guru


Serem juga tatapannya Nagisa

Setelah memperlihatkan siluet pelaku pemecahan kaca, video berdurasi 5 menit 45 detik ini akhirnya selesai. Dan itulah 17 hal yang berhasil Mistel point out dari alur ceritanya. Mungkin ada yang kurang sependapat? Atau malah sependapat banget? Boleh ditulis aja di kolom komentar karena Mistel juga pengen tau dari sudut pandang orang lain kayak apa! 😆

Oh iya, ngomong-ngomong, poin-poin yang Mistel urutkan di post ini tuh gak sesuai urutan muculnya di MV, ya. Di MV aslinya, ceritanya di selang-seling antara dua alur cerita utama (masalah Maika dan masalah Nagisa), tapi di post ini Mistel gabungin dan urutin sesuai dua alur cerita tersebut biar bacanya lebih enak aja, gak loncat-loncat.

Akhir kata, pokoknya good job banget lah buat semua yang terlibat dalam pembuatan MV ini. Anak-anak Ikorabu juga keren aktingnya! 😌👌 

Sekian dulu posting kali ini, anyeong~

No comments:

Post a Comment

Newer Post Home Older Post