Laman

Thursday, May 7, 2015

Cuap-Cuap Senbatsu Sousenkyo (General Election) AKB48 2015

Yosh, minna ogenki desu ka~? Mistel here~

Kali ini Mistel kembali membawa sebuah topik yang mungkin cukup ‘panas’ belakangan ini karena pelaksanaannya pun sebentar lagi!

Apaa? Draft Kaigi? Well, itu juga sebentar lagi, tapi bukan itu :v Yang ini waktunya sebulan kurang sehari lagi kok (kalo diitung dari tanggal posting ini terbit :v). Hmm? Yakk! Apalagi kalo bukan Senbatsu Sousenkyo / General Election / Pemilihan Umum AKB48 yang ke-7 untuk single ke 41, yang rencananya akan digelar pada Sabtu, 6 Juni 2015.

Pembaca sekalian pasti juga udah ngerasain lah yaa hawa-hawa persaingan dari beberapa bulan yang lalu. Banyak fanbase-fanbase yang pada gencar promosi di sana-sini guna menarik pasukan yang siap mengantarkan(?) oshi mereka ke puncak sousenkyo, ada project internasional lah, project lokal lah, atau apalah itu namanya, heboh banget deh pokoknya, apalagi fanbase-nya member-member ‘kawakan’.

Untuk itu, sebelum pengumuman yang sebenarnya tanggal 6 Juni 2015 nanti, dan juga bahkan sebelum adanya preliminary result (perolehan vote sementara), ijinkan Mistel di sini sedikit cuap-cuap mengenai beberapa hal yang bersangkutan dengan sousenkyo tahun ini.

Sebenernya ini keinginan nulisnya udah lamaaa banget, kalo gak salah bahkan sebelum single Kibouteki Refrain rilis :v Tapi mempertimbangkan banyak hal yang berturut-turut terjadi dan sangat mempengaruhi peringkat sousenkyo (graduasi member, member yang gak daftar sousenkyo, dll), jadi Mistel tunda deh, nunggu daftar pasti member yang ikut. Selain itu juga sih karena setan malesnya baru bisa diusir sekarang :v

Prediksi kah? Hmm, dibilang prediksi juga bukan, soalnya ini murni pendapat Mistel, dan Mistel sadar Mistel bukan pro :b tapi Mistel bakal coba yang terbaik. Perhatian nih yaa buat pembaca sekalian, tolong jangan terlalu dibawa serius, karena ini bukan sebuah ‘kepastian’ atau ‘judgement kaku’, hanya secuil hipotesis dari seorang kremesan gorengan (?) seperti Mistel, berdasar apa yang Mistel liat, dengar, dan baca :B Perlu diingat bahwa Mistel SANGAT MUNGKIN melakukan kesalahan, luput, lupa, dan banyak penyakit manusia lainnya, jadi mohon kemaklumannya :))

Baiklah, berikut adalah hasil pemikiran Mistel, selamat membaca~



Yang pertama, Mistel bakal bahas hal yang berkaitan dengan para ‘jisedai’ (generasi baru), yaitu siapa aja sih yang kira-kira bakal ‘menggebrak’ peringkat sousenkyo tahun ini?

Perkiraan Mistel, bakal banyak nama-nama baru yang muncul dalam ranking sousenkyo tahun ini. Pertimbangannya adalah karena banyaknya ‘bangku kosong’ yang ditinggalkan para peraih ranking tahun 2014 lalu, ada yang karena graduate, ada juga yang gak graduate tapi gak apply buat sousenkyo dengan alasan masing-masing, ada yang lupa daftar (?) :v , ada yang udah gak kennin ke AKB48.

Tahun ini, ‘bangku kosong’ itu ada 13, hampir dua kali lipat tahun sebelumnya yang hanya 7 ‘bangku kosong’ (meskipun akhirnya ditambahin slot peringkat sampe Up Coming Girls). Berikut adalah ke-13 ‘bangku kosong’ tersebut:

Rank
Nama
Ket
Rank
Nama
Ket
#5
Rena Matsui
Not applied
#37
Airi Furukawa
Graduated
#8
Haruna Kojima
Not applied
#40
Yukiko Kinoshita
Graduated
#14
Rina Ikoma
Concurrency ended
#46
Tsugumi Iwanaga
Graduated
#16
Rina Kawaei
Graduated
#52
Asuka Kuramochi
Not applied
#20
Anna Iriyama
Not Applied
#54
Mizuho Yamada
Graduated
#29
Nana Yamada
Graduated
#71
Miku Tanabe
Not applied



#74
Riho Abiru
Graduated


Senbatsu

Under Girls (UG)

Next Girls (NG)

Future Girls (FG)

Up Coming Girls (UCG)


Selain menempati banyak bangku kosong ini, ada kemungkinan lain juga untuk para ‘penggebrak’ peringkat sousenkyo, yaitu: merebut bangku peraih ranking tahun lalu. Artinya, nama-nama baru itu bakal masuk rangking, sementara beberapa nama yang tahun 2014 lalu masuk ranking, bisa jadi tersingkirkan dan keluar dari radar(?) sousenkyo. 

Kalo dilihat dari segi kerentanan, tentu aja yang paling mengkhawatirkan itu member Up Coming Girls, ya. Kalo pendukungnya kuat, bisa sih naik rankingnya, tapi kalo kalah saing sama yang baru-baru, bisa kocar-kacir itu Up Coming Girls tahun lalu ._.

Sebaliknya, yang paling alot tentu aja persaingan peringkat Senbatsu. Nama-nama tahun lalu kemungkinan besar masih ada, tapi dengan adanya 4 ‘bangku kosong’ dari Senbatsu tahun lalu, pasti bakal ada nama baru yang muncul. Mungkinkah Milky masuk lagi? Atau Kaotan, Haruppi, Tomu, Madoka, Juri, Renacchi, Kojimako sebagai nama baru di senbatsu? Atau ada nama yang baru sekali ikut sousenkyo tiba-tiba masuk senbatsu? (kalo yang terakhir kayaknya kemungkinannya kecil)

Yahh, jadi terlanjur nyebut nama-nama kan :3 wkwk. Yasudah, sekalian aja Mistel nyebutin nama-nama baru yang menurut Mistel MUNGKIN bakal masuk peringkat sousenkyo (kalo ada oshi kalian disini, aminin aja yakk, wkwk). Inilah mereka:

Karen Iwata, Sumire Sato, Naoko Okamoto (49), Ami Miyame (53), Rina Hirata (67), Haruka Kumazaki (75), Nao Ueki (76), Ryoha Kitagawa (78), Shinobu Mogi (79)

Moe Aigasa, Ayana Shinozaki, Nana Owada, Mion Mukaichi, Haruka Komiyama, Megu Taniguchi, Saya Kawamoto, Moe Goto, Hinana Shimoguchi, Ikumi Nakano, Nagisa Sakaguchi, Yui Yokoyama (junior), Nanami Yamada, Nanami Sato, Hijiri Tanikawa, Mikoto Uchiyama, Mei Sakai, Yukari Yamashita, Yuna Ego, Rion Azuma, Haruka Kumazaki, Natsuki Kamata, Marika Tani, Saki Goudo, Sarina Souda, Eriko Jo, Yuki Azuma, Airi Tanigawa, Sae Murase, Yuri Ota, Akari Ishizuka, Rina Kushiro, Chihiro Kawakami, Nagisa Shibuya, Ririka Sutou, Haruka Wakatabe, Natsumi Tanaka, Yui Kojina, Yuka Akiyoshi, Misaki Aramaki, Nako Yabuki, Miku Tanaka

Untuk nama pertama, bukan jisedai yaa :v Karen itu penghuni lama, punya segudang potensi, tapi entah kenapa belum pernah sama sekali masuk radar(?) peringkat sousenkyo. Kalo nama yang kedua, bukan new comer sebenernya, jadi kenapa masuk list? Apakah karena dimana ada Karen, di situ ada Suuchan? Wkwk. Bukan lah, ini karena dia itu dulu pernah masuk rank di sousenkyo 2013, tapi entah kenapa menghilang(?) di sousenkyo 2014. Untuk dua nama pertama ini, mungkin bukan ‘perkiraan’ ya, melainkan lebih mengarah ke ‘harapan’ Mistel :p

Kemudian, nama-nama berikutnya adalah nama-nama yang pernah masuk preliminary result (perolehan vote sementara) tahun 2014 lalu, tapi sayang tiba-tiba menghilang pas pengumuman sebenarnya. Angka di dalam kurung itu peringkat preliminary result-nya. Menurut Mistel, karena pernah 'ngerasain' masuk rank, meskipun cuma preliminary, kesempatan mereka buat masuk lagi tahun ini lebih besar.

Dan, nama-nama selanjutnya adalah nama member-member yang belum pernah masuk sousenkyo dan kemungkinan bisa masuk di sousenkyo tahun ini (menurut Mistel). Mayoritas member jisedai sih :B wkwk. Eh tapi bukan berarti nama yang gak Mistel masukin di daftar di atas gak mungkin masuk loh yaa, semuanya mungkin terjadi kok, cuma Mistel sedikit agak lebih ‘melihat’ potensi member-member di atas, apalagi yang namanya Mistel bold-in :3

Member lama yang udah beberapa kali ikut sousenkyo gak pernah masuk ranking, tapi tiba-tiba masuk juga ada kok. Contohnya kayak Miku Tanabe (Tanamin), dia member generasi ke-3 bareng Mayuyu dan Yukirin, sebelumnya gak pernah masuk peringkat sousenkyo, dan tahun lalu secara mengejutkan nama dia muncul :3 Tuh kan, nothing is impossible~ Tapi, tahun ini dia gak apply buat sousenkyo, I think I know what she thought :3 

Hngg? Nama yang Mistel sebutin di atas lebih banyak dari jumlah ‘bangku kosong’ yang mungkin ditempati? :o Wkwk biarlah, namanya juga tebak-tebak berhadiah xD


Masih terkait dengan ‘penggebrak’ sousenkyo, bisa jadi bakal muncul gebrakan yang VenomeNal(?), ehfenomenal maksudnya :p ‘Penggebrak’ disini maksudnya adalah new comer yang sebelumnya sama sekali belum pernah masuk peringkat sousenkyo, tiba-tiba masuk dan dapat peringkat yang tinggi.

Tiga tahun terakhir ini, penggebrak paling luar biasa adalah Rina Ikoma dengan peringkat ke-14 di tahun 2014 (kekuatan fans Nogizaka46), selanjutnya ada Aya Shibata dengan peringkat ke-17 di tahun 2013, Miyuki Watanabe dengan peringkat ke-19 di tahun 2012, Rina Kawaei dengan peringkat ke-25 di tahun 2013, dan Madoka Moriyasu dengan peringkat ke-25 di tahun 2014.


Selain itu, ada juga peristiwa lain, yaitu pengeboman(?) vote. Jadi ceritanya tuh pas preliminary result, peringkat member bersangkutan gak terlalu tinggi, ataupun malah belum masuk ke dalam peringkat, tapi pas pengumuman yang sebenarnya, member tersebut meloncati(?) peringkat dengan jarak yang cukup jauh. Ini berarti para pendukungnya berusaha keras sekali dalam waktu yang sangat sempit, antara pengumuman sementara sampe pengumuman sebenarnya (sekitar 2 minggu-an).

Untuk peringkat tahun lalu, lagi-lagi nama Rina Ikoma (32) masuk list ini :v Selain itu ada juga Rina Kawaei (29), Anna Iriyama (57), Tomu Muto (23), Aki Takajo (38), Reina Fujie (±48), Yukiko Kinoshita (±41), Fuuko Yagura (±40), Yuuka Tano (±36), dan Nao Furuhata (±26). Member-member ini ‘loncat’ lebih dari 20 peringkat. Angka dalam tanda kurung menunjukkan jarak peringkatnya, untuk yang pake tanda ±, itu maksudnya mereka sebelumnya gak masuk preliminary result, jadi Mistel asumsikan peringkat mereka sebelumnya adalah 81. Untuk Ricchan dan Annin, pada tau lah yaa kenapa mereka bisa sampe gitu :') Jadi, sekali lagi, nothing is impossible :3


Beranjak dari masalah gebrak-menggebrak ini, sekarang Mistel mau bahas masalah yang lebih alot, yaitu siapakah kira-kira The Queen of Sousenkyo tahun ini?

Hmpphh :| berat yaa bahasannya, wkwk. Mungkin disini Mistel bakal memaparkan beberapa kemungkinan menurut Mistel aja.

·           Kemungkinan pertama, Mayu Watanabe. Mungkinkah Mayuyu menghancurkan kutukan “seseorang tidak akan pernah memegang peringkat teratas sousenkyo dua tahun berturut-turut” yang tercipta sejak pertama kali diadakan sousenkyo? Kalo bisa, beuhh fenomenal sekali :D

·         Kemungkinan kedua, Rino Sashihara. Ceritanya biar kayak Yuu-san sama Acchan gitu, rebut-rebutan posisi :v Tapi Mistel lihat, para pendukung Sasshi emang pada menargetkan Sasshi jadi center sih. Jargonnya “Sasshi for Center”, yaa kurang lebih gitu lah. Mampu kah para pendukung setia Sasshi membawanya kembali menjadi center?

·         Kemungkinan ketiga, Jurina Matsui. Jurina tuh orangnya penuh obsesi banget yaa, dan kalo gak salah Mistel pernah denger kalo jurina pernah bilang, biarkan dia jadi center di umurnya yang ke-18. Sekarang dia udah 18 tahun, dan para fansnya sepertinya berusaha sekali untuk mewujudkan keinginan Jurina. Bahkan yang Mistel denger paling gencar promosinya ya fans Jurina ini. Bahkan ada project internasional yang udah disosialisasikan jauh sebelum ada pengumuman resmi tentang pelaksanaan sousenkyo tahun ini. Berhasilkah Jurina menggapai impiannya?

·         Kemungkinan keempat, Yuki Kashiwagi. Yukirin kayaknya pernah bilang pengen jadi center sebelum dia lulus. Kemarin udah sih jadi center Green Flash, tapi kan double center. Mungkinkah kali ini para pendukung Yukirin surprisingly bakal membawa Yukirin ke  posisi puncak, dan gak lagi jadi ‘backing’ seseorang?

·         Kemungkinan kelima, Minami Takahashi. Setengah tahun lagi Takamina bakalan resmi lulus dari AKB48. Mampukah para pendukung Takamina dan orang-orang yang appreciate ke dia memberikannya kenangan terakhir yang terindah sebagai The Queen of Sousenkyo? Eh iya, di cover guidebook sousenkyo, Takamina yang berdiri di posisi center loh, apakah ini pertanda?


           Kemungkinan keenam, Haruka Shimazaki. Jujur, diantara kemungkinan-kemungkinan yang lain, feeling Mistel paling kuat ke kemungkinan yang ini. Meski hati Mistel pribadi gak terlalu ‘sreg’ (ya maaf lah yaa, setiap orang punya prefer masing-masing, tanpa bermaksud merendahkan :3 #peace), tapi kalo dilihat secara objektif, dan dengan catatan semuanya bakal berjalan dengan ‘semestinya’, ini adalah kemungkinan dengan persentase terbesar menurut Mistel. Paruru lagi naik pohon(?) banget masalahnya, dan di single terakhir juga dia centernya.

·         Kemungkinan ketujuh dan terakhir, ada nama yang gak diduga-duga menerobos jajaran senbatsu dan merebut posisi puncak. Ini sih kayaknya kemungkinannya kecil banget yaa, persaingan nama-nama yang Mistel sebut sebelumnya aja udah alot banget. Tapi lagi-lagi, nothing is impossible, meskipun kalo beneran kejadian bakal heboh banget sih yaa.



Yakk segitu dulu kiranya pembahasan kali ini~ Pada akhirnya Mistel ujung-ujungnya tetep ngajak pembaca sekalian untuk menduga-duga lagi yahh :B wkwk Gomen m(_ _)m

Sedikit kata-kata penutup, 48family itu selalu penuh kejutan, inilah yang bikin Mistel gak pernah bosen sama mereka, dan Mistel menantikan banyak kejutan untuk sousenkyo tahun ini! x3 Otanoshimi ni~~ Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca kicauan serampangan yang simpang siur a la Mistel ini :3 Selow yaa, jangan terlalu dipikirin, nanti pusing sendiri xD wkwk. Sampai jumpa di posting berikutnya~~~


(Update, lanjutannya bisa dibaca di Banyak ‘Penggebrak’ dalam Preliminary Result AKB48 Senbatsu Sousenkyo 2015 sama Bagian Ketiga dari Trilogi: AKB48's 7th Senbatsu Sousenkyo 2015)

3 comments:

  1. Sakura kayaknya tahun ini bisa sampe Kami-7, dan trus nama baru di senbatsu saya pangennya antara Mio, Kato Rena, atau Haruppi. Hmm, Kaotan atau Yuria juga boleh deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya sakura. Tapi kayaknya kami-7 tahun ini bakal ketat bgt persaingannya, udah ada nama-nama kayak sasshi, yukirin, mayuyu, jurina, sayanee, takamina, paruru (di preliminary kemaren), emm tapi nothing is impossible sih :) Kaotan fansnya ngebut tuh, wkwk. Haruppi kemaren di preliminary dapet rank 8 loh :3

      Delete

Newer Post Home Older Post