Laman

Monday, August 19, 2013

RIVER - JKT48

5 Juli 2013

ki-ka : Gaby, Rica, Dhike, Rena, Stella, Shanju, Haruka, Kinal,
              Melody, Akicha, Nabilah, Achan, Beby, Ve, Jeje, Delima

Heyy, ketemu lagi! :D

Tebak deh, sekarang Mistel lagi apa? Gak ada yang tau kan? Haha *ya jelas lah, dodol --‘* Aku sekarang lagi dengerin lagu, yahh kayak kebiasaan sih. Tapi kali ini bukan lagu barat kayak punya teteh Taylor, mbak Miley, ataupun kak Avril. Bukan juga lagu J-pop kayak punya YUI, Utada Hikaru, maupun soundtrack-soundtrack anime kayak kebiasaanku.

Mau tau apa? Penasaran? Yuk, kita ngintip ke pabriknya langsung! *eh --‘ Bukan ding, salah. Maksudnya, aku kasih tau langsung. Kali ini aku dengerin lagu Indonesia. Bukan sesuatu yang mewah, sih. Gini-gini juga aku masih cinta Indonesia kok, aku suka lagu-lagunya musisi yang udah lama eksis kayak Sherina, Gita Gutawa, Afgan, RAN, dll, cuma agak rarely aja dengerinnya.

Tapi nih ya, lagu Indonesia yang aku dengerin sekarang bukan dari musisi yang udah lama eksis kayak yang aku sebutin diatas, mereka yang ini masih tergolong baru, fresh, energetic, and bring us spirit :D hehe *sok inggris lu, Tel*. Gak jauh-jauh dari J-pop, sih. Mereka itu cewek-cewek seumuran Mistel, yang cenderung fat-less (?), nyaris semua bermuka oriental, tinggi sekitar 160-an, dan jago ngedance. Ketebak gak sih? :O

Hmm, langsung ke judul lagu yang lagi aku dengerin aja kali, ya? Lagu yang dari tadi aku playback mulu, hehe. Dan, here it is, judulnya adalah RIVER! ^w^ Tau lagunya kan, ya? Tau penyanyinya kan, ya? Pasti tau dongg :3 Tau kan? Tau lah yaa. Ayo bilang tau! 3:) *pemaksaan*

Yeah, penyanyi dari lagu RIVER yang lagi aku dengerin sekarang adalah JKT48 (padahal di judulnya juga ada noh -o- *toyor pala ndiri*). I really love this song at the first sound (?). Gatau kenapa yah, dari pertama denger intronya doang udah langsung kepincut aja gitu. Suara Kinal yang menggelegar di awal lagu bikin aku tambah mikir, ini sumpah lagunya keren banget pasti.

Dan ternyata aku sama sekali gak salah. Ini lagu emang keren abis. Sumpah mati ku takkan ke lain hati, deh (eh, itu lirik lagu bukan sih? -o-a). Konsepnya yang gak biasa, video klipnya yang keren, dancenya yang bikin gak kedip saking terpananya, sampai yang paling bikin aku luluh adalah liriknya yang maknanya dalem banget, yang mencoba melihat arti sebuah sungai dari suatu sisi pandang yang berbeda, yang mungkin jarang terpikir oleh seseorang untuk dijadikan lirik lagu. Different is cool, guys, like I said as usual.

Berterimakasihlah sama lagu RIVER, karena lagu inilah yang pertama dan paling berjasa bikin pikiran aku banting setir tentang temen-temen JKT48. Apalagi waktu itu aku udah sedikit menghirup dan terbius atmosfer Kinalova. Ngeliat di video klip RIVER, Kinal diperlakukan seolah frontgirl yang keren gitu aku makin kelep-kelep aja dah u.u

Keren banget tau Kinal di situ! :3 Kinal powerful banget nge-dance-nya, kalo kata salah satu artikel yang pernah aku baca di blog orang nih ya, Kinal tuh yang paling sangar di MV itu, haha. Bener sih ya, aku setuju banget. Kinal disitu tuh kayak mengerahkan seluruh kemampuan yang dia punya gitu. Aku gak ada maksud sama sekali buat ngerendahin member lain loh ya, beneran deh *peace*, mereka semua usaha keras kok sampai jadi senbatsu MV RIVER gitu, cuma mungkin karena akunya ini cenderung Kinalova, jadi lebih merhatiin Kinal-nya :)v

Beralih pembahasan, sekarang tentang video clipatau yang sering disebut music video (MV)nya RIVER. Kan di situ ditampilin banyak cerita-cerita pendek bergambar hitam-putih tuh ya, ada adegan Rena yang gak sengaja nyenggol Melody waktu latian nge-dance, ada adegan Gaby sama Delima telat dateng padahal udah lama ditungguin Shanju, ada adegan Ve lagi senderan gak tau ngapain, ada adegan Akicha sama Achan lagi berantem terus dilerai Kinal sama Jeje, dll.


Sebenernya Ve di dalem scene itu bukan gak tau ngapain. Aku tau persis Ve ngapain di situ, dari konsep keseluruhan video clipnya. Pokoknya secara garis besar, lagu ini tentang perjuangan. Kan ada adegan tentang persaingan, kedisiplinan, perselisihan, dan kerja keras tuh, nah kalo yang Ve peranin ini, dengan kaos bertuliskan NERD-nya dia sendirian mojok di belakang mobil yang gak keliatan orang sambil merenung, ditambah waktu awal video dia dandannya kayak orang bookish banget dengan kacamata dan buku tebalnya, udah pada nebak dong ya, Ve meranin orang kayak apa?

Yap! Ve meranin anak pendiem yang kutu buku, rada kuper dan rendah diri gitu deh. Waktu aku pertama kali ngeh tentang ini, aku langsung terkekeh, dan yahh, seneng deh yang meranin peran untuk itu adalah Ve. Karena yang diperanin Ve = Aku Banget! Haha! *buka kartu sendiri* Sebenernya lebih seneng kalo yang meranin tuh Kinal sih, tapi kayaknya Kinal gak cocok deh jadi nerd gitu, haha.

Aku itu orangnya... ya kayak yang diperanin Ve gitu deh kurang lebih ._. minus kacamata tebalnya tapi. Dan aku sekarang lagi berusaha keras buat meminimalisirkannya perlahan tapi pasti kok, tenang aja. Oya, ditambah yang diperanin Jeje di pembukaan juga ding, kan aku hobi dengerin musik :p


Oke, pindah bahasan lagi, sekarang tentang makna lagu ini buat aku. Secara keseluruhan, udah aku bilang sebelumnya kalo menurutku ini tentang sebuah perjuangan, dan lebih khususnya lagi tentang meraih mimpi, tentang keberanian menghadapi rintangan meskipun itu sulit, tentang kepercayaan diri, tentang kerja keras, tentang kegagalan dan kegigihan untuk berjuang lagi, sampai suatu saat mimpimu terkabul :)

Sebenernya yah, kalau mau ditilik satu-satu, di JKT48 itu lagu yang maknanya searah sama lagu ini ada beberapa, kayak ‘Sonichi (Hari Pertama)’, ‘Boku No Sakura (Bunga Sakura)’, sama ‘Shiroi Shirt (Baju Putih)’, tapi karena alasan jodoh kali ya, lagu ini yang paling nancep di telinga aku.

Aku dapet banget feel dari lirik lagu ini, bahkan sebelum aku liat liriknya di mbah google. Waktu aku masih ngambang lirik, cuma denger-denger aja karena musiknya juga asik, aku bahkan sering merinding waktu tiba-tiba nangkep kata-kata yang bikin aku mikir, ‘wah kok bisa pas banget ya?’. Dan semakin nambahin keguguhan aku kalo ‘this song is gue banget’, haha.

Kenapa aku ngerasa cocok sih ya, selain pertama karena peran yang diperanin sama Ve, kedua karena aku tuh sering ya ikut suatu kompetisi yang rutin diadain tahunan. Pertama kali nyoba cuma lolos satu level, tapi gak nyerah gitu aja dong, taun depannya ikut lagi, eh Alhamdulillah bisa lolos satu level lebih tinggi dari taun sebelumnya.

Kata-kata ‘believe yourself’ dan ‘lebih percayalah pada dirimu’ yang jarang aku amalin menohok aku banget; selain itu juga kata-kata kayak ‘jangan menyerah untuk yang tidak tercapai’, ‘walaupun kau pernah gagal’, ‘tak apa mengulang lagi dan janganlah menyerah’, ‘jika tak dicoba tak akan tau’, ‘teruslah berjalan di jalan yang kau pilih’, ‘di dalam hatimu juga ada sungai mengalir, sungai keringat dan air mata’, ‘genggamlah selalu impianmu’, ‘sampai suatu saat mimpimu terkabul’ kayak tepat banget gitu buat aku, bikin aku semangat terus gitu :D


ki-ka : Haruka, Kinal, Melody, Akicha, Nabilah

Akhir kata, pokoknya lagu ini #RECOMMENDED banget deh, dari aku khususnya. Happy listening, gals! Ini aku selipin lirik lagu  menurut MV-nya yaa :3v Ciao!




JKT!! Forty Eight!

Majulah ke depan! (Got it!)
Janganlah berhenti! (Got it!)
Tujuan tempat matahari terbit
Ayo langkah di jalan harapan

Penghalang adalah River! River! River!
Dan yang membentang River!
Takdirnya River! River! River!
Akan diuji River!

Buanglah keraguanmu!
Tunjukkan nyalimu!
Jangan ragu, s’karang juga!
Satu langkah maju, believe yourself!

Ayo maju! Majulah ke depan!
Seb’rangi sungai! Ho! Ho! Ho! Ho!

Mimpi itu selalu, terlihatnya jauh
Dan jaraknya terasa tidak tercapai
Batu di bawah kaki, ayo ambillah satu
Jadilah nekad dan coba lemparkan

Tepat di depan matamu, ada sungai mengalir
Luas se-buah sungai yang besar
Walaupun gelap dan dalam, walaupun arusnya deras
Tidak perlu ketakutan, walaupun kau terpisah
Yaa, tepian pasti ada
Lebih percayalah pada dirimu

Di tengah keg’lapan! Ayo terus berenang!
Janganlah berbalik! Ho! Ho! Ho! Ho!

Bila merentangkan tangan, di sana masa depan
Jangan menyerah untuk yang tidak tercapai
Batu yang t’lah dilemparkan, mengabulkan impian
Suara jatuhnya pun takkan terdengar

Di dalam hatimu juga, ada sungai mengalir
Cobaan sungai berat yang pedih
Walau tak berjalan baik, walau terkadang tenggelam
Tak apa mengulang lagi, dan janganlah menyerah
Di sana pasti ada tepian
Suatu saat kau pasti akan sampai

Get over it!
RIVER!
Ah~ Ah~  Ah~ Ah~ Ah~
Jangan alasan untuk diri sendiri
Ah~ Ah~ Ah~ Ah~ Ah~
Jika tak dicoba tak akan tau
Ah~ Ah~ Ah~ Ah~ Ah~
Tiada jalan selain maju! (Maju!) S’lalu! (S’lalu!)

Teruslah melangkah di jalan yang kau pilih

Tepat di depan matamu, ada sungai mengalir
Luas se-buah sungai yang besar
Walaupun gelap dan dalam, walaupun arusnya deras
Tidak perlu ketakutan, walaupun kau terpisah
Yaa, tepian pasti ada
Lebih percayalah pada dirimu

Di dalam hatimu juga, ada sungai mengalir
Sungai keringat dan air mata
Walaupun kau pernah gagal, walau dirimu terbawa arus
Tak apa terulang lagi, dan janganlah mengeluh
Genggamlah selalu impianmu
Sampai suatu saat mimpimu terkabul

Ayo seb’rangilah!
You can do it!

2 comments:

  1. nabilahnya d-kmanain ya?? d MV ni kk g ad?? pdahal kn senbatsu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalo maslah itu, aku juga belum pernah baca info officialnya, nih ._. Tapi, denger-denger dari fans lain, katanya sih waktu permbuatan mv ini, si nabilah lagi sakit / gak fit gitu, jadi gak bisa ikutan syuting mv-nya. Terus, akhirnya blockingnya nabilah digantiin sama sonia di mv ini.

      Delete

Newer Post Home Older Post