Laman

Saturday, November 30, 2013

Everlasting Friends: NIFIN :')

Heyy, gilanya Mistel lagi ngumpet nih, hehe. Sekarang Mistel mau cerita tentang sesuatu yang bagi Mistel agak sedikit mellow *kalo bagi kalian enggak ya terserah :p*. Mistel mau cerita tentang everlasting friends-nya Mistel :)



Jadi awal ceritanya, dulu itu kan ayah Mistel kerjanya di sebuah kantor perikanan di sebuah kota kecil di utara Jawa Tengah, terus dapet rumah dinas, jadi Mistel dari lahir tinggalnya di perumahan gitu. Kalo di perumahan, pasti dong banyak tetangganya, dan kebetulan deretan rumah Mistel itu deretan pasangan-pasangan baru, jadi banyak anak yang lahirnya gak jauh-jauh dari Mistel. Dan merekalah everlasting friends-nya Mistel :)

Temen pertama Mistel itu adalah Fia dan Isal. Mereka adalah orang seumuran yang pertama Mistel kenal bahkan sebelum Mistel lancar jalan, apalagi ngomong. Jarak rumah Mistel sama rumah Isal itu cuma satu rumah (rumah Mistel nomor 10, rumah Isal nomor 8), dan rumah Fia itu tepat di sebelah rumah Isal (nomor 7). Gak heran sih kenapa kita emang sering main bareng. Apalagi, baby sitter Mistel, Isal, sama Fia tuh dulu emang deket, jadi sering diajak jalan-jalan bareng gitu. Dan kamilah trio kwek-kwek, haha.

Waktu berlalu, dan gak kerasa udah saatnya masuk TK. Karena Mistel sama Fia lebih tua satu taun dari Isal, jadi kami duluan masuk sekolah, dan untungnya orangtua kami milihin sekolah yang sama. Waktu di TK juga ketemu Nisa, yang sebenernya sekomplek juga, tapi letaknya agak jauh, jadi belum deket aja waktu itu.

Oya, waktu itu Mistel baru punya adek, dan mama Mistel terikat kerja di perusahaan swasta, jadi gak bisa cuti lama-lama, terus akhirnya orangtua Mistel sewa rumah di deket kantor mama Mistel (tapi gak ngelepas rumah yang di kompleks), jadi Mistel jadinya jarang ketemu sama Isal. Tapi meskipun gitu, Mistel sering kok diajak jalan ke komplek sama ayah Mistel (karena ayah Mistel tinggal disitu), atau kadang pulang sekolah, ikut pulang sama Fia, kalo gak Fia yang main ke rumah, jadi tetep keep in touch gitu ;3



Setahun berlalu lagi, dan ayah Mistel ditawarin sekolah di Thailand buat ambil S2. Mama Mistel waktu itu masih kerja, terus mungkin karena repot ngurusin dua anak sendirian, Mistel jadinya dititipin di rumah nenek deh di Salatiga. Itu perpisahan pertama sama mereka yang Mistel alami, tapi mungkin karena waktu itu belum terlalu sadar, jadi gak terlalu sedih. Gak berapa lama kemudian, ayah Mistel nawarin biar mama Mistel, Mistel, sama adek Mistel ikut kesana, jadi mama Mistel mutusin berhenti kerja saat itu, dan akhirnya kami berangkat ke sana.



Sekitar satu tahun kemudian Mistel balik ke Indonesia, tapi gak langsung balik ke Jepara, karena ayah Mistel belum nyelesaiin sekolahnya, jadi Mistel sekolah dulu setengah tahun di Salatiga (waktu itu kelas dua SD semester satu). Tapi, setelah ayah Mistel selesai sekolah, Mistel langsung ikut ayah yang balik kerja lagi ke Jepara.

Seneng sih, ketemu lagi sama Fia, Isal, dan temen-temen yang lain,  tapi karena lama udah gak ketemu, jadi agak kaku gitu awalnya. Tapi yang namanya anak-anak ya, gak lama kemudian udah akrab lagi *Mistel inget waktu itu mereka yang ngajarin Mistel naik sepeda roda dua :D*. Pas balik, udah ada temen baru lagi di deretan rumah, namanya Nadia (rumah nomor 2). Kayaknya udah lama sih tinggal di situ, tapi karena pas Mistel pindah, dia belum pindah, jadi belum sempet kenal. Nadia ini orangnya pendiem banget, gak kayak Fia yang ceriwis ataupun Isal yang jail abis.

Dari kelas dua semester dua sampe awal kelas empat SD, sering ngumpul sih sama Fia, Nadia, Isal, Nisa, dan temen-temen yang lain, karena meskipun sekolahnya samasekali gak ada yang sama (Mistel di SD Muhammadiyah, Fia di SD Kanisius, Nadia di SDN9, Isal sama Nisa di SDN1 tapi beda tahun dan jelas beda kelas), tempat ngaji kami sama (di dalem kompleks soalnya), dan rumahnya emang deketan kan, ya jadi sering main bareng (tapi sama Nisa belum terlalu deket juga ding). Mistel juga dulu sempet deket sama Oby, karena sempet sekelas.

Tapi karena mungkin sama-sama cewek, dan hobinya ngerumpi *:p* Mistel waktu itu lebih deket sama Fia dan Nadia, sampe bikin-bikin singkatan NaFiCha gitu :D Terus sama-sama anak pertama cewek yang punya adek cowok juga. Kita sering cerita macem-macem, mulai dari hal-hal gak penting sampe cowok yang lagi masing-masing dari kami taksir *oke, kami emang terlalu cepat dewasa :p*, sampe bikin ejekan dari plesetan cowok yang ditaksir juga, misalnya Mistel diejeknya ‘Bakmi’, kalo Nadia ‘Ayam’, kalo Fia ‘Wedhus’ *gak usah dijelasin kenapa deh, ntar buka kartu jadinya*. Kita juga sempet merintis bisnis kecil-kecilan, bikin gelang dan kalung manik-manik, terus dijual di sekolah masing-masing, abis itu keuntungannya dibagi tiga gitu, keren kan :Db

Waktu itu bukan gak deket sama Isal, cuma kurang aja gitu. Lagipula, mungkin waktu itu Isal lagi butuh tumbuh bersama teman-teman cowoknya juga *haha*. Waktu itu dia deket sama tetangga sekomplek juga yang cowok, kayak Giswa, Ardhia, Putra, Oby, dll. Tapi tetep sering kok ikutan ngumpul, buat main kartu bareng, ikutan ngerumpi, ataupun aku yang ikutan mereka main bola, tapi ya itu tadi, cuma agak sedikit kurang deket aja. Sama Nisa juga gitu.

Waktu Mistel udah di sekitar pertengahan kelas empat SD, baru deh Isal akrabin diri lagi sama kita-kita. Kerennya, dia juga gak malu kalo setiap hari gaulnya sama cewek-cewek mulu *abisan cewek-ceweknya gaul sih :p*. Dia malah bangga lagi, katanya biar dia jadi yang paling ganteng sendiri gitu, haha. Tapi perlu dicatet ya, dia itu TETEUP MACHO, gak kayak anak cowok kebanyakan yang sering gaul sama cewek (dan jadinya agak melambai gitu). Keren juga sih, dia tetep on the track meskipun sering ngumpul sama cewek-cewek *jelas aja lah, ceweknya aja macho kayak Mistel -_-a*. tapi ya itu tadi, jailnya itu gak ketulungan -_- untungnya yang sering jadi sasarannya itu Fia, bukan Mistel, haha.

Sekedar info aja, kita tuh kalo ngumpul seru banget, tau. Kita sering jalan-jalan sore sambil cerita-cerita, atau sepedaan minggu pagi buta ke alun-alun, atau nongkrong di pinggir tambak, ngeliatin ikan atau lemparin batu pipih ke airnya, atau nongkrong di tepi pantai liatin yuuhi ga shizumu sora (langit mentari senja :p), atau nekat liat konser melalui jalur rahasia *ilegal, haha*, atau tukeran komik, terus baca bareng-bareng *spesialis komik Conan tuh Mistel sama Fia, kalo Isal sama Nadia komik Doraemon*, atau kemping malem-malem di depan rumah, atau sekedar main petak umpet, terus main apa sih itu yang pake sandal disusun jadi kayak api unggun gitu, atau bahkan kami pernah sempet iseng main manggil-manggil jelangkung loh! :p

Gak cukup sampai situ aja, gak lama setelah itu Nisa mulai akrab sama kami berempat, dan petualangan kami jadi lebih berwarna lagi :D *apaandeh*. Dia juga dapet ejekan ‘Setan’ *what about Isal? Dia gak pernah terbuka masalah ini, sih, jadi gak punya ejekan deh*. Nisa tuh orangnya banyak cerita pake banget dan sekali *meskipun gak seceriwis Fia*. Pokoknya setiap ngumpul pasti ada aja hal-hal seru yang dia ceritain, entah itu nyata atau enggak. Dia juga sering ngajakin ngumpul di rumahnya buat nonton film horror bareng, atau di kamarnya, sekedar untuk cerita-cerita, atau nongkrong dimana gitu, yang pasti dia yang banyak cerita.

Setelah lengkap berlima, kita bahkan udah punya markas tetap, yaitu di salah satu tambak ikan di pojokan dekat kantor utama *susah jelasinnya, mau dijelasin gimanapun kalian tetep gak tau kan? ._.v*. Pokoknya tampat itu nongkrong-able banget deh, dengan sepoi-sepoi angin laut yang menerpa, ahh, jadi kangen kan Mistelnya :')

Selain itu, Mistel juga secara gak sengaja nemuin singkatan nama yang keren, yaitu NIFIN, singkatan dari Nisa, Icha, Fia, Isal, Nadia. Uniknya, secara gak sengaja, nama itu udah terurut dari yang paling tua sampe yang paling junior, dan mau dibaca dari depan maupun dari belakang, bacanya tetep sama, artinya, mau dibolak-balik kayak apapun juga, (semoga) NIFIN akan tetap utuh seperti sediakala :') *pas nulis ini, Mistel lagi dengerin lagu ‘Bunda’, jadi mellow nih, aduh*.

Setelah itu, persahabatan kami semakin hari semakin erat. Banyak orang juga yang udah mengakui keberadaan NIFIN. Kita makin kenal satu sama lain, lebih sering ngabisin waktu bareng. Bahkan waktu nenek Mistel meninggal, mereka ikut mempersiapkan acara yasinannya, tapi mereka tutup-tutupin dari Mistel karena gak mau Mistel ikut bantu.



Sampe akhirnya berita menyedihkan menghampiri kami. Di akhir semester satu waktu Mistel kelas enam SD, ayah Mistel ditawarin buat pindah kerja di Aceh. Waktu pertama denger berita itu, Mistel tuh sedih banget, Mistel nangis-nangis kejer, minta biar ayah Mistel gak usah nerima tawaran itu. Fia, Nadia, Isal, dan Nisa juga sedih banget.

Tapi ternyata keputusan ayah Mistel udah bulat buat nerima tawaran itu, jadi Mistel gak bisa berbuat apa-apa juga :( Awal semester dua kelas enam, ayah Mistel udah pindah ke Aceh (awal tahun 2008), tapi Mistel untungnya masih dikasih waktu setengah taun di Jepara, buat ikut ujian nasional dulu, dan Mistel sama temen-temen bener-bener memanfaatkan banget sedikit waktu yang tersisa itu.

Mereka bener-bener ngasih Mistel unforgettable moments yang terindah di sisa waktu yang sempit itu, apalagi pas udah liburan sekolah menjelang keberangkatan :') Mereka sering ngumpul di rumah Mistel sekedar untuk ngehibur Mistel, atau bantu-bantu Mistel beresin barang-barang yang gak perlu lagi, atau ngajakin Mistel jalan-jalan, sepedaan, atau nonton biar otak Mistel fresh, karena jujur, waktu itu Mistel tertekan banget karena tau kedepannya bakal terpisah dari mereka dalam waktu yang lama. Mereka tetep bareng-bareng gitu kan, meskipun tanpa Mistel, sementara Mistel harus terpisah sendirian :')

Beberapa hari menjelang keberangkatan, kami tuker-tukeran kenang-kenangan. Fia sama Nadia awalnya ngasih buku diary, yang serius, sampe sekarang masih Mistel simpen dan isinya udah penuh :) eh, eh, bukan ding, diary itu kado ulang taun dari mereka, karena ulang taun Mistel gak terlalu jauh dari hari kepindahan.

Tuker-tukeran kadonya tuh, kalo Nisa ngasih kalung, Fia ngasih gelang, Nadia juga gelang (barang-barang itu masih kesimpen rapi di kotak kenang-kenangan Mistel loh), Isal... mungkin karena dia cowok, jadi gak tau mau kasih apa kali yaa, tapi dia tipe yang langsung ngelakuin sesuatu gitu, jadi dia yang paling berperan dalam menghibur Mistel :) Kalo Mistel ngasih mereka gelang (ke Fia, Nadia, Nisa), sementara ke Isal, Mistel menghibahkan komik doraemon Mistel, hehe. Terus waktu beres-beres, Mistel ngerasa boneka Mistel terlalu banyak buat dibawa, jadi Mistel juga hibahkan bonekanya ke Nadia sama Fia (agak lupa sih, ke Nisa iya atau enggak, soalnya waktu itu dia juga lagi sibuk ngurusin masalah sekolah, karena dia mau mondok di Solo).

Oya, sekitar dua malam sebelum hari kepindahan, tetangga sederetan rumah Mistel juga bikin farewell party kecil-kecilan, fotonya masih ada tuh sama Mistel :D seru deh malem itu, temen-temen mama Mistel juga pada ngasih kenang-kenangan ke mama Mistel, tapi sedihnya waktu itu rumah Mistel udah kosong banget, rasanya agak gimana gitu. Waktu itu Nisa gak ikut, cuma ada Isal, Fia, Nadia, dan tetangga yang lain, karena selain udah malem, rumah Nisa juga agak jauhan dari rumah Mistel, jadi dia gak bisa ikutan.



Hari keberangkatan pun tiba, Mistel gak tau waktu itu pikiran Mistel seamburadul apa, yang jelas udah gak jernih lagi. Mistel ngerengek, minta gimanapun caranya, Mistel harus bisa masih di Jepara sampe detik paling terakhir yang mungkin *nah loh ngerti gak tuh u.u*. Tapi gak bisa gitu ternyata, karena kalo bepergian itu gak bisa mepet-mepet waktu, apalagi kalo naik pesawat, kita harus sediain waktu cadangan gitu deh istilahnya. Mistel waktu itu sempet ngambek sama mama Mistel, bilang kalo sebenernya masih bisa tinggal sebentar lagi di Jepara, gak perlu berangkat awal banget, karena Mistel belum paham waktu itu.

Ingatan tentang hari itu masih seger banget di dalem otak Mistel. Mistel inget banget gimana muka iba temen-temen Mistel ngeliat Mistel nangis kejer di dalem mobil yang ngebawa Mistel pergi meninggalkan mereka bersama kenangan. Mistel inget banget, Mistel inget banget :') Hari itu Mistel janji sama diri sendiri untuk terus selalu inget sama mereka, dan untuk tetep keep in touch sama mereka, meskipun jarak yang misahin kita itu jauh banget, yaampuun, Aceh loh! Sumpah itu jauh banget.

Dan sejak saat itu dimulailah petualangan kesepian Mistel di Aceh, tanpa mereka-mereka yang udah menghiasi masa kecil Mistel jadi seindah pelangi :’) *waktu nulis bagian ini Mistel lagi dengerin lagu Nidji yang ‘Sudah’, jadi pas banget*

Bila kita harus berpisah, sudah, Biarkan ini semua berakhir, sudah, Cinta memang tak harus miliki...
Nidji - Sudah



Ya gitu deh ceritanya :'D Aduh Mistel kok jadi mellow gini sih matanya, payah *nyeka mata*. Kapan-kapan dilanjutin lagi deh ceritanya, but for now, adios! ;)

No comments:

Post a Comment

Newer Post Home Older Post