Laman

Tuesday, October 29, 2019

Mistel Akhirnya Rela Menenggelamkan Diri ke KPOP?! Gara-Gara TWICE!!! (The Repercussion)


Halo lagi~

Sebelumnya udah diceritain kan ya, awal mula gimana Mistel mulai ‘membuka mata’ ke TWICE di entri sebelumnya. Waktu itu ceritanya sampe Mistel nontonin video-video di Youtube, kan ya. Sekarang Mistel mau lanjut nih, waktunya masih sekitaran libur lebaran waktu itu, here we go~



Sekitaran waktu Mistel liat parodi drama “Descendants of the Sun” tanggal 29 Mei 2019 itu, Mistel ceritanya lagi nyari video color-coded lyrics-nya =LOVE di Youtube. Eh, ternyata ada rekomendasi video color-coded lyrics-nya “What is Love? Japanese ver., auto klik lah Mistel, haha. Terus jadinya ngerantai ke Likey, TT, Heart Shaker, Yes or Yes (semuanya Japanese ver.), sama “BDZ”. Iya, random banget memang, dan gak mencakup semua lagu Japanese ver., soalnya waktu itu kan Mistel belom tau lagu apa aja yang ada Japanese ver.-nya, jadi ya ngikut rekomendasi Youtube aja, haha.


Dari pertama kali liat videonya itu, Mistel jadi nontonin berulang-ulang, sampe akhirnya (awalnya) Mistel lebih fasih kalo nyanyiin Japanese ver.-nya daripada versi aslinya, soalnya lebih paham arti yang bahasa Jepang kan, haha. Terutama Heart Shaker, Likey, sama TT, tuh. Baru di kemudian hari, setelah serius dengerin semua lagunya dan Mistel juga lebih terbiasa dengerin bahasa Korea plus baca silabel lirik bahasa Korea, yang Korean ver.-nya mengikuti bisa dinyanyikan. Kalo “What is Love?” karena sebelumnya memang udah Mistel dengerin versi aslinya for enormous times, jadi ya 50:50 lah ya.

Waktu Mistel ulang tahun, tanggal 7 Juni 2019, adek Mistel ngasih hadiahnya itu berupa karaoke selama 2 jam, haha. Mistel lebih fokus ke lagunya =LOVE sama Keyakizaka46 sih, tapi adek Mistel tentu aja milihnya lagu TWICE. Nah, waktu nyanyi lagu TWICE ini nih agak rusuh. Mistel karena lebih terbiasa dengerin dan nyanyiin versi bahasa Jepangnya jadi nyanyi bahasa Jepang, sementara adek Mistel nyanyiin versi aslinya, jadi masing-masing kayak berusaha saling keras-kerasan suara gitu, ahaha.

SanaYeon luv~

Lanjut, tanggal 11 Juni 2019 malem, Mistel iseng coba dengerin lagu-lagu lain TWICE (yang sebelumnya gak pernah Mistel dengerin) di Spotify. Sebenernya sebelumnya udah sih beberapa. Jadi selama perjalanan mudik tuh, kalo Mistel minta sharing earphone ke adek Mistel pasti dia ngedengerin lagu-lagunya TWICE, sementara kalo Mistel dengerin lagu sendiri pasti lebih milih lagunya =LOVE. Kali ini lebih ke kayak yang pertama kali inisiatif Mistel sendiri gitu. Balik ke Spotify tadi, Mistel coba-coba dengerin semua lagunya, terutama yang bahasa Jepang. Eh, taunya nyantol banget dong sama Wishing dan Be as ONE, didengerin berulang-ulang terus sampe hampir larut malem. Kayak berasa banget gitu feel lagunya soalnya, mana bahasa Jepang lagi kan, jadi suka banget. Oh iya, sambil dengerin lagu waktu itu, Mistel juga mulai baca-baca tentang profil dan fakta-fakta member TWICE, lol.

Pas hampir tengah malem, Mistel iseng buka Twitter. Terus ada yang nge-retweet tentang MV Breakthrough yang baru aja rilis (iya tanggal 11 di Indonesia, soalnya kan belom ganti hari). Langsung deh Mistel nonton, dan tentu abis itu langsung disambung sama Happy-Happy juga. Ini Mistel jujur agak kaget kenapa bisa ngepas banget waktunya pas Mistel lagi begadang. Soalnya waktu itu tuh Mistel belom sampe ke tahapan ngikutin beritanya mereka, dan adek Mistel juga sebelumnya gak ngasih tau apa-apa soal rilis MV, jadi kayak seneng banget gitu bisa nonton bener-bener pas abis rilis. Dan ini jadi pertama kalinya Mistel ngikutin single TWICE dari awal rilis MV-nya. Ya meskipun single Jepang, sih.



Breakthrough” keren banget!! Apalagi bagian rap DubChaeng :'))) Tapi kalo buat lift-up mood, lebih asik “Happy-Happy” sih, ya :3 Oh iya, Ini pertama kalinya mereka double-release kan, ya. Mistel yang waktu itu masih gak tau apa-apa tentang TWICE langsung mikir, wah gila, berani juga ya. Berarti TWICE ini bener-bener udah yakin sama pasar Jepang, sampe berani rilis dua single dalam waktu berdekatan banget. Dan ternyata memang terbukti sukses juga gitu dua-duanya.


Lanjut, sejak saat itu Mistel makin gila nyari-nyari tentang TWICE. Dimulai dari nontonin video-video fan-made kocak yang merangkum potongan-potongan video yang secara umum menunjukkan sifat mereka: Nayeon si fake maknae bergigi kelinci yang punya tingkat self-love tinggi dan vokal oke, Jeongyeon si girls crush penyuka bersih-bersih yang jayus, Momo yang suka makan, Sana yang clingy, Jihyo si leader bertanggung jawab bersuara emas yang masa trainee-nya 10 tahun, Mina si kalem yang jago balet, Dahyun si gesrek (lol), Chaeyoung si art-h*e yang kadang jayus juga (berdua sama Jeongyeon jadi No Jam Bros), dan Tzuyu si savage maknae. Sekarang sih Mistel udah tau kalo mereka far more than that, tapi waktu awal-awal dulu ya itu impression yang cepet banget Mistel tangkap. Selain video fan-made, Mistel juga nonton beberapa variety show yang direkomendasiin Youtube dan ada subtitelnya.

Selain itu, Mistel juga mulai baca incorrect-incorrect TWICE di Wattpad (karena waktu itu cuma terbiasa baca disana dan cuma punya aplikasi itu buat fan-fiction, tapi lama-lama Mistel sadar kalo susah banget nyari proper fan-fiction(?) disana dan akhirnya pindah platform). Waktu itu masih mudik sih ya, jadi butuh hiburan yang gak memakan waktu banyak di antara padetnya acara-acara keluarga, jadi incorrect dengan part yang singkat gitu memang pas banget. Dari situ juga jadi belajar dikit sih tentang gimana para fans memandang kepribadian masing-masing member. Memang, kalo incorrect gitu kan kadang suka exaggerating things, tapi ya sedikit-banyak membantu lebih mengenal juga.

Oh iya, selama liburan itu juga Mistel ikutan main “SuperStar JYP Nation” yang ada di HP adek Mistel. Awalnya cuma mainin secuil lagu-lagu yang Mistel tau aja sih, haha.


Di titik ini, dari hal-hal yang Mistel lakuin selama liburan itu (terutama dari nonton video Youtube), kayaknya Mistel mulai lebih condong buat suka ke Nayeon the most (thank you Momo, you will be missed lmao, becanda xD), karena senyum gigi kelinci dan kemampuan vokalnya. Jihyo juga (awalnya), karena vokalnya, tapi kemudian Mistel sadar Mistel juga suka Dahyun, Sana, Chaeyoung, Jeongyeon, Mina, Tzuyu, dan masih suka Momo juga :'3 Jadinya OT9 aja deh, haha.

Tapi kayaknya tetep sih, Nayeon yang paling utama. Soalnya apa ya, Mistel kayak lemah banget gitu sama senyum gigi kelincinya, apalagi aegyo-nya, hahaha. Terus dia juga satu-satunya member yang lebih tua dari Mistel, jadi kayak lebih kerasa ue kara(?)-nya gitu, lebih bisa dijadiin panutan (kayaknya tipe oshi Mistel dari dulu gitu deh, haha, mulai dari Kinal, Oshima Yuko, terus Yamamoto Sayaka). Apalagi setelah Mistel liat video fan-made tentang “Nayeon being in love with herself. Mistel liatnya sih lebih ke keren banget bisa mencintai diri sendiri sebesar itu, bisa jadi orang yang sepercaya diri itu, berbanding terbalik banget sama Mistel, jadi kagum banget :')


Terus apa ya, dari beberapa potongan video yang Mistel tonton di Youtube, Nayeon tuh—memang sih ada vibe kayak suka(?) dihormati sebagai yang paling tua (meskipun adek-adeknya lebih sering ngejailin juga, lol), kayak dipanggil “unnie” gitu misalnya. Apalagi karena budaya di Korea hampir sama kayak di Indonesia kan, mandang umur banget, kalo lebih tua ya dipanggil “unnie” meskipun debutnya bareng, gak kayak di Jepang yang kalo udah akrab bisa manggil pake “chan/kun” meskipun lebih tua, apalagi kalo senior ke junior. Nayeon beda sama Jeongyeon, yang justru minta Mina buat jangan panggil dia “unnie” karena Mina gak manggil Momo sama Sana gitu, jadi Jeongyeon minta Mina memperlakukan dia sama kayak Momo dan Sana karena Jeongyeon seumuran sama mereka.

Nayeon meskipun vibe-nya kayak gitu, tapi tuh ada momen-momen yang bikin Mistel mikir kalo meskipun dia bukan leader, dia berusaha jadi “kakak” yang bisa jadi panutan gitu. Gak jarang juga ada momen-momen dimana dia berlaku selayaknya “unnie” yang ngemong adek-adeknya. Waktu itu Mistel belom terlalu bisa menafsirkan sifat itu dari Nayeon sih, belom ada juga video fan-made yang ngerangkum tentang hal itu, tapi Mistel punya perasaan yang kuat banget kalo sesuatu itu yang bikin Mistel yakin banget kalo ini nih yang paling bikin Mistel jatuh cinta sama Nayeon. Beberapa hari sebelum entri ini ditulis, akhirnya ada satu thread di Twitter yang ngerangkum tentang hal ini, Mistel bener-bener makasih banget, haha.


Balik lagi ke tanggal 17 Juni 2019, liburan selesai, Mistel balik lagi ke kos. Setelah itu mulai deh lebih menggila lagi karena ada wifi di kos, ahaha. Mistel mulai follow akun-akun official TWICE di Instagram sama Twitter, follow juga akun-akun fans yang wajib di-follow(?) karena update banget sama semua event-event TWICE, dan beberapa akun lain kayak fan-art, fan-site, author, dsb. Mistel akhirnya download “SuperStar JYP Nation” di HP Mistel sendiri, dan itu ngebantu banget sih buat lebih mengakrabkan telinga Mistel sama lagu-lagu mereka secara khusus dan Kpop secara umum (karena lagunya kan mencakup semua grup dibawah naungan JYP).

Mistel rutin dengerin all-song mereka di playlist buatan adek Mistel, sampe akhirnya terbiasa banget, dan kayaknya sekarang sama sekali gak ada lagu TWICE yang gak Mistel suka deh, yang punya dua versi bahasa pun Mistel suka dua-duanya. Mistel lebih banyak nontonin variety show mereka, dari mulai yang ber-season kayak “SIXTEEN”, “TWICE Private Life”, sama “TWICE TV”; sampe yang lepas-an(?) kayak “Weekly Idol”, “Knowing Bros”, “Idol Show K-Rush”, “MV Commentary”, “Lost Time”, dll. Mistel juga mulai nyari perform-perform dan comeback stage, sama konser juga, hehe. Mistel juga mulai baca proper fan-fiction(?) *lol* dengan chapter yang panjang-panjang di AO3, terus juga Social Media AUs yang ada di Twitter, lmao xD


Sejauh ini, yang paling berkesan sih pas tanggal 8 September 2019 (iya, hitungannya di Korea udah 9 September 2019), waktu teaser “Feel Special” pertama keluar, yaitu video close-up-nya Nayeon. Di hari itu—bahkan dari beberapa hari sebelumnya—, Mistel jadi ikutan ngerasain banget heboh dan hectic-nya timeline Twitter menjelang comeback.


Ini pertama kalinya Mistel ngikutin comeback album Korea TWICE dari awal banget keluar teaser pertama, dan Mistel ngerasa beruntung dan honored banget karena ternyata album ini bener-bener luar biasa. Mulai dari konsep, makna lirik, music video, dan gimana lagu ini bener-bener menggambarkan apa yang mereka rasakan (karena katanya sebelum ditulis sama JYP, mereka diajak dinner bareng dan ngobrolin tentang perjalanan mereka selama hampir empat tahun kebelakang). Ngerasain juga perasaan roller coaster karena awalnya gak yakin apakah Mina yang lagi hiatus karena anxiety disorder bakal ikutan comeback atau gak dan udah mempersiapkan hati buat kemungkinan terburuk, tapi ternyata besoknya diumumin kalo ada set photo-card Mina di album itu, jadi seneng banget :'))


Antisipasi menjelang comeback itu memang luar biasa banget ya, haha, tiap malem setiap jam 00.00 KST nge-refresh profil Twitter akunnya TWICE demi gak ketinggalan update! xD Terus karena kali ini teaser-nya setiap member dapet satu video yang di-upload setiap hari, jadi kayak tiap hari nge-hype-in member yang beda gitu, seru! Haha.



Perjalanan ini baru berlangsung sekitar lima bulan dan masih akan terus berlanjut! :D Mistel udah tenggelam dalem banget sekarang, tapi jelas masih bisa menyelam jauh lebih dalam lagi! Haha. Mungkin kedepannya bakal lebih banyak ngebahas tentang TWICE lagi, jadi stay tune~ lol. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa~

No comments:

Post a Comment

Newer Post Home Older Post