Laman

Monday, October 28, 2019

Mistel Akhirnya Rela Menenggelamkan Diri ke KPOP?! Gara-Gara TWICE!!! (The Beginning)



Halooo, kembali lagi dengan episode curcol Mistel tentang kenapa Mistel bisa tenggelam begitu dalam sama seseorang atau sesuatu~

Kalo mau baca yang sebelum-sebelumnya, ada yang pertama banget tentang JKT48 (di sini); terus ke 48 Family (di sini); fokus buat longlife Kamioshi, Mbak Yuko (di sini); Oshi di 48 Family (di sini); Kami7Oshi yang sudah tidak terlalu berlaku sekarang tapi masih sayang kok (di sini); sampe ke yang terbaru tentang =LOVE (di sini sama di sini).

Iya, Mistel dengan sangat menyesal sekali harus melewatkan kesempatan menulis tentang fase tenggelam ke Nogizaka46 dan Keyakizaka46 karena ke-hectic-an kuliah, proses transfer kampus, adaptasi tempat baru, dan yang paling berpengaruh yaitu susahnya mencari motivasi buat menulis karena overthinking dan insecurity. Banyak sih sebenernya yang terlewat, termasuk pertama kali nonton teater JKT48, ikut handshake di JKT48 Circus, terus terwujudnya mimpi buat ke Jepang juga belom semuanya terceritakan, hiks. Ya semoga kedepannya nanti bisa diceritakan ulang meskipun sudah lewat moment-nya :3



Oke balik ke topik, tentang judul entri ini. Sebenernya kalo diinget-inget, ini bukan bener-bener pertama kalinya Mistel tau tentang Kpop seolah dulu menutup mata banget sih, bukan. Waktu SMP Mistel pernah sempet tau jaman “Ring Ding Dong”-nya SHINee, “Sorry Sorry”-nya SuJu, “Gee”-nya SNSD, dan beberapa grup lain juga tapi lupa. Waktu itu lagi fokus ngikutin lagu-lagu Indonesia sama barat sih.

Terus waktu SMA, Mistel memang mulai terjerumus dan fokus ke Jpop (termasuk Jeketi) nih, tapi sahabat Mistel waktu itu fans berat SuJu sama SNSD. Karena tinggal di asrama, tiap hari ketemu, tiap hari main bareng, secara gak sengaja jadi semacam tukeran gitu, Mistel ngasih tau dia beberapa tentang Jeketi dan Jpop, dia ngasih tau Mistel tentang Kpop. Nah, dari dia inilah Mistel jadi tau lagu-lagunya SuJu sama SNSD, jadi tau beberapa membernya juga, terus karena dia tau Mistel suka bahasa Jepang, Mistel juga dikasih tau kalo SNSD punya lagu-lagu bahasa Jepang. Mistel sih waktu itu lebih cenderung ke SNSD, soalnya... ya gara-gara lagu jepangnya! Hahaha *nervous laugh*.

Mistel suka beberapa lagu SNSD, terutama yang album Jepang (“All My Love is for You” paling favorit!), cuma gak sampe yang tau semuanya gitu, membernya juga cuma hapal beberapa, gak semuanya, soalnya memang lagi fokus banget ke 48G. Kalo ga salah inget sih Mistel juga sempet suka lagunya CNBLUE yang ‘Cinderella’ gara-gara dikasih tau sama sahabat Mistel itu, konsepnya band gitu kan jadinya suka.

Anak-anak asrama Mistel juga sempet suka pada nge-pump(?) bareng gitu di ruang tamu asrama pake lagu-lagu Kpop kayak ‘Put Your Hands Up’-nya 2PM, ‘Nobody’-nya Wonder Girls, dan lagu-lagu lain (yang Mistel lupa), jadi Mistel lumayan familiar sama beberapa lagu Kpop masa itu. Pada sempet demam drama korea juga—gak drama korea aja sih sebenernya, drama dan film lain pada umumnya juga—jadi kalo ada satu orang nonton, biasanya abis itu langsung menjamur gitu. Mistel gak pernah sih nyengajain nonton sendiri kalo drama korea, tapi kalo ada yang nonton, gak jarang ikutan nonton juga, jadi tau beberapa jalan cerita dan OST-nya. Pas kelas 3 SMA, anak-anak cewek seangkatan Mistel juga sempet demam EXO massal, semuanya pada ngomongin dan muter lagunya dimana-mana, pada jagoin si ini si itu, dsb, tapi Mistel gak ikut-ikutan sih, haha.

Pas awal masuk kuliah nih bener-bener lagi tenggelam banget sama 48G (plus Sakamichi Series di kemudian hari), ditambah Mistel ngekos sendirian, dan gak ada temen deket Mistel di kampus lama yang suka Kpop (paling juga pada suka drama korea), jadi kayak yaudah gitu sama sekali gak ada yang diikutin dari Kpop, paling juga dengerin ulang lagu album jepangnya SNSD kalo lagi pengen. Baru dua tahun terakhir ini(?) mungkin ya, mulai denger lagi grup-grup Kpop yang lagi booming kayak Red Velvet, BP, TWICE (karena sempet dibandingin sama Keyakizaka46, haha! kocak), dan beberapa BGs. Lagu-lagunya juga sering di-cover atau diparodiin kan, banyak yang muter juga dimana-mana, mau gak mau jadi tau. Tapi Mistel gak pernah kayak yang sengaja cari tau atau sengaja dengerin lagunya gitu sih, terlalu sibuk ngikutin 48G + Sakamichi yang nyaris gak kehandel, lol.

Kerjaannya siapa nih bikin ginian? lol
*the way Mistel meleleh sekarang kalo liat foto yang atas,
padahal dulu pertama liat biasa aja karena gak kenal siapa-siapa :'3*


Apalagi semenjak adanya PRODUCE48 tuh, langsung kayak terinvasi banget, haha. Timeline Twitter Mistel yang tadinya isinya hampir selalu 48G sama Sakamichi (terutama Keyakizaka46 sih, akhir-akhir sebelum invasi itu), langsung banyak nyelip-nyelip tentang Kpop, hasil like atau RT orang-orang yang Mistel follow. Dari situ mulai kebuka pelan-pelan sih, soalnya berita-berita yang lagi viral gitu juga suka lewat jadinya. Sebelum itu, sebenernya memang ada sih beberapa following Mistel yang dari awal memang suka Kpop, ada juga beberapa yang mulai suka Kpop, tapi tuh kayak sebelumnya timeline Mistel sedikit banget menyajikan hasil sambung tweet(?) dari mereka gitu.


Masuk ke tentang TWICE, Mistel lumayan inget nih, video TWICE pertama yang menarik perhatian Mistel itu tuh video potongan VLive(?) pas Nayeon ngerjain Tzuyu yang lagi pake masker, pura-pura kakinya kecepit di antara ranjang sama tembok, sampe Tzuyu ngira Nayeon lagi mabuk, tapi terus akhirnya Tzuyu sadar kalo lagi direkam, haha. Itu kayaknya sekitar pertengahan 2018. Tapi waktu itu masih belom hapal namanya, cuma inget ada kata “maknae (member termuda)”-nya gitu. Sumpah itu kocak sih, apalagi pas setelah ketauan, member lain pada keluar dari persembunyian terus ngakak bareng. Selain itu, kayaknya beberapa saat sebelum video itu lewat, udah lewat duluan nih potongan video stage mix-nya “What is Love? di timeline Mistel. Mistel sempet kagum sih, kayak, gila ini sinkronisasi (plus editing video)-nya keren banget. Tapi ya cuma kayak lewat gitu aja.


Sebelum kejadian dua video itu, sebenernya Mistel sempet ngeh sedikit tentang mereka itu waktu abis comeback What is Love?. Kan konsepnya unik tuh, ngambil adegan dari beberapa film terus direka ulang. Timeline Mistel sempet banyak lewat foto-fotonya, terus pada bahas, “itu kan dari film ‘Princess Diaries’”, “yang ini kan dari film ‘La La Land’”, terus Mistel jadi ikutan liat-liat fotonya, haha. Kayaknya mulai dari situ juga deh Mistel jadi tau dan hafal yang mana yang namanya Momo. Gak tau ya, pertama liat tuh kayak langsung hafal aja gitu. Kayak somehow familiar(?), tapi nggak juga, jadi bingung. Karena namanya Momo juga jadi langsung mikir, “Oh, ini yang orang Jepang?”. Soalnya sempet denger kalo ada member orang Jepangnya, cuma gak pernah pengen cari tau aja sebelumnya. Gara-gara itu juga kali ya jadi cepet hafal(?).

Oh iya, lupa. Tadi kan di atas ada sedikit disinggung kalo awalnya cuma tau TWICE gara-gara dibandingin sama Keyakizaka46, sebenernya selain itu ada lagi. Lagu “TT itu kan legendaris banget ya, kayaknya beberapa kali pernah diomongin sama member 48G/Sakamichi gitu, cuma lupa lagi siapanya. Kayaknya secara umum mulai merebak banget di Jepang juga gara-gara lagu itu gak sih(?).


Lanjut, tanggal 15 Oktober 2018, Mistel lagi libur, terus ketemu sama ortu dan adek. Adek Mistel lagi nontonin video dari Youtube nih, Mistel kan penasaran terus ikutan nonton. Taunya dia nonton MV-MV TWICE :)) Mistel kaget awalnya, sejak kapan dia jadi Kpop-Kpop-an?! Padahal nih terakhir ketemu kayaknya dia masih dengerin lagu-lagunya ONE OK ROCK, sama beberapa lagu 48G (yang Mistel cekokin), kenapa tiba-tiba drastis banget gini perubahan genrenya?! Haha.

Terus Mistel minta diliatin MV-MV-nya. Cuma beberapa sih karena memang waktunya singkat. Seinget Mistel waktu itu diliatin “What is Love?”, “Likey”, “Signal”(?), sama “Heart Shaker” atau “TT” gitu, lupa. Special comment(?) waktu diliatin What is Love?, Mistel bilang ke dia kalo pernah liat orang-orang pada heboh bahas itu di timeline soalnya ngadopsi adegan film-film terkenal. Terus waktu Likey nih seru, kan waktu itu memang udah tau Momo ya, terus ternyata ada dance break-nya Momo, langsung, hmmm~ ada benih-benih nih, lol. Selain itu juga ada rap iconic-nya DubChaeng.


Waktu itu Mistel mulai tanya-tanya sih, yang ini siapa, yang itu siapa, tapi setelah itu yang inget tetep cuma Momo, haha. Kayaknya salah satu yang mulai left impression di alam bawah sadar Mistel itu Jihyo sih soalnya kan memang mukanya beda banget kan dari yang lain, terus Sana di “Likey” juga, sama Nayeon(?) kayaknya deh yang beberapa kali Mistel tunjuk buat tanya ke dia itu siapa, tapi susah banget hapal awalnya.


Besoknya, Mistel jadi nyari lagunya di Spotify, lol. Prioritas utama tentu aja What is Love?, dong! Haha. Beneran bikin ketagihan lagunya, easy listening banget! Terus, Mistel coba dengerin beberapa Title Track lainnya, ternyata gak semuanya cocok (awalnya), lol. Soalnya Mistel dulunya gak biasa denger yang bernuansa electro-music gitu, salah satu alasan gak berniat merambah Kpop juga dulu soalnya kan kebanyakan musiknya yang sejenis itu kan. Gara-gara itu, (maaf nih!) lagu-lagu yang kayak “TT”, “Signal”, sama “Knock Knock” ke-skip xD Hasilnya cuma empat lagu dibawah ini yang awalnya Mistel like. Tapi tenang aja, sekarang Mistel udah sohib banget sama semua lagunya, bahkan sampe lagu kayak “FFW” sama “Rollin'”! xD



Lanjut, setelah itu Desember 2019 Mistel berkesempatan buat student exchange ke Jepang. Disana tuh sebenernya surganya merchandise banget! Bahkan toko buku kota kecil kayak yang Mistel tinggalin aja update banget sama rilisan-rilisan single sama album. Gak ketinggalan juga, majalah-majalah yang ngebahas tentang mereka juga banyak! Mistel inget waktu pertama kali coba liat-liat toko bukunya, album BDZ (Repackage)ada di rak paling depan buat yang baru rilis. Mistel sempet foto single-single yang di rak belakang (ga berani kalo yang di depan soalnya depan kasir, haha) sama majalah yang ngebahas tentang mereka.


Niat Mistel ngefotoin waktu itu murni cuma buat pamer ke adek aja, karena kan dia yang suka. Mistel memang sama sekali gak kepikiran buat beli, soalnya tujuan utama Mistel waktu itu tuh buat Keyakizaka46, Sayaka Yamamoto, sama Nogizaka46 :)) dan budgetnya udah mepet banget juga. Waktu itu juga belom terlalu ada rasa ke mereka kan, jadi yaudah. Tapiii, sekarang, setelah liat-liat ulang foto diatas, rasanya greget juga ya :)))))) Kenapa ga dicomot (baca: dibeli) aja gitu salah satu :))))) Pabo :)))))))

Lanjut, waktu tahun baru masehi 2019, kan kalo di Jepang banyak acara tahunan menjelang tahun baru gitu ya, nah waktu itu Mistel berkesempatan nonton langsung Japan Record Award, Kouhaku Uta Gassen, sama CDTV di TV. Lagi-lagi Mistel lebih nungguin Keyakizaka46 sama Nogizaka46 buat tampil (apalagi waktu itu last stagenya Nishino Nanase :') ). Waktu TWICE tampil, Mistel cuma ngefotoin dan ngerekam buat adek Mistel. Bodoh banget emang, hebohnya justru setelah balik ke Indonesia dan ngeliat ulang foto sama videonya, padahal dulu pas nonton di TV-nya langsung aja biasa aja :)))

[181231] Perform "Wake Me Up" di Japan Record Award
*Jeongyeon bersin :'3
Jadi back dancer-nya Itsuki Hiroshi di Kouhaku Uta Gassen, lol

Perform "I Want You Back" sama "BDZ" sebagai team Akagumi

[190101] Sesi MC di CDTV
Perform "TT ~Japanese ver.~" di CDTV
Maiyan sama Yukirin ikutan TT~ :'3
 

Terus lagi, Mistel sebenernya gak terlalu banyak waktu luang selama di kampus karena hampir setiap hari running buat penelitian terus. Jarang-jarang Mistel dapet seharian free, dan pas dapet, tanggal 21 Januari 2019, Mistel manfaatin buat menggeledah(?) perpus kampus yang luas banget. Mistel muter-muter, liat buku-buku, CD-CD film, sampe akhirnya nemu rak buat majalah fashion dan entertainment, terus Mistel borong buat dibaca di pojokan, haha. Seperti biasa, awalnya niat utamanya buat nyari konten Keyakizaka46, Sayaka Yamamoto, sama Nogizaka46 :)) Eh, ternyata dapet juga tentang TWICE.

SaHyo, JeongTzu, MiHyun, NaMoChaeng hahsakjshjaj :'3
Ini sebenernya Mistel juga lupa loh kalo pernah ngefotoin majalah ini di perpus kampus. Terus pas bikin entri ini, iseng liat-liat foto waktu itu, eh ternyata ada :)) Pas liat itu langsung memekik gak santai, anjir nyesek bangettttt, pengen nangis :))) Demi apa bego banget gesreknya baru sekarang, haha. Rasanya ingin memaki diri ini. Gregetnya tuh, isi artikelnya gak sekalian difoto, kan jadi gabisa tau mereka disitu ngomongin apa :))) Hadehhh.

Mistel kadang suka mikir, heran sendiri, kenapa gitu ya, mulai sukanya itu tepat banget setelah Mistel balik ke Indonesia. Sama kejadiannya kayak ke =LOVE yang Mistel ceritain di sini, cuma ini jelas lebih nyesek karena ada banyak bukti fotonya. Bukti bahwa waktu itu Mistel sendiri yang secara sadar ngambil foto itu (tapi bodohnya waktu itu belom pake perasaan) :)) Tapi, kadang muncul juga pikiran rasional kalo itu ternyata ada baiknya juga, sih. Masalahnya nih ya, waktu itu, dengan tujuan Mistel yang cuma Keyakizaka46, Sayaka Yamamoto, sama Nogizaka46 aja, Mistel nyaris kehabisan budget, gimana kalo ketambahan sama =LOVE dan TWICE, ya kan? Bisa-bisa Mistel gak bisa balik ke Indonesia kali gara-gara gak bisa beli tiket pesawat :)))


Lanjut, setelah balik dari Jepang. Tanggal 29 Mei 2019, Mistel ceritanya lagi buka Youtube buat nyari konten =LOVE, eh gak sengaja lewat video yang TWICE ngeparodiin drama “Descendants of the Sun”, yang kemudian Mistel tau belakangan kalo ternyata masuk di salah satu episode variety showTWICE Private Life”.


Videonya kocak banget asli, apalagi bagian DubChaeng! Haha. Mistel jadi penasaran siapa-siapa aja yang ada disitu, soalnya masih baru hapal Momo, dan disitu gak ada Momo. Mistel nge-chat adek, nanyain masalah itu, tapi dia balesnya lama. Keburu lewat lagi video lain yang judulnya An Unhelpful Guide to TWICE Members. Asli itu video ngebantu banget sih, dan kocak banget! Mistel abis itu langsung identifikasi sendiri siapa-siapanya, haha.



Abis nonton itu, makin banyak video-video rekomendasi yang bersliweran, dan Mistel terlalu lemah buat menolakkk! Ahaha. Apalagi setelah itu kan libur lebaran tuh, selama perjalanan dan waktu senggang selalu nonton Youtube :) Makin tenggelam lebih dalam lah diri ini :)))


Duh, panjang juga ya perjalanan awal mulanya :) Tadinya mau sekalian cerita ketika telah sepenuh hati memeluk(?) titel(?) sebagai ONCE, tapi takut jadi panjang banget, haha. Lanjut part 2 aja lah, ya~ Makasih udah mampir! :D


(Lanjutannya bisa dibaca di Gara-Gara TWICE!!! (The Repercussion))

No comments:

Post a Comment

Newer Post Home Older Post