Laman

Friday, June 27, 2014

Alasan Dibalik Tenggelamnya Mistel ke Dalam Lautan 48Family

Hai pembaca sekalian! :D

Mistel mulai takut nih sama tantangan yang Mistel buat untuk diri sendiri, yang harus bikin 18 posting di bulan ini u.u Way to go, sih, tapi kalo diitung sama posting ini, masih tersisa 7 posting lagi. 7 artikel itu masih banyak, kan? D: Bisa gak yaa nyampe target? T-T Huhu. Tapi harus optimis, ya kan? :')

Sekarang Mistel mau share tulisan Mistel *yaiyalah, emang mau share apa lagi?*. Cerita Mistel kali ini mungkin bakal lebih mengarah ke pengalaman pribadi sih, yaa ._. Mungkin beberapa dari kalian mengalami hal yang sama, tapi mungkin kebanyakan tidak, tapi kalo iya berarti kita sehati xD Haha. Check this out aja deh, selamat membaca~ ^^


Baiklah, saat ini Mistel bakal bahas tentang beberapa hal yang tanpa Mistel sadari ternyata telah menjadi batu-batu loncatan besar yang awalnya cuma bikin Mistel kesandung, berkali-kali kesandung, terus Mistel jadi hoyong, gak memperhatikan jalan di depan ternyata banyak lubang di aspal, salah satu kaki Mistel menapak ke situ, keseleo karena gak rata jalannya, jatuh, menggelinding bak bola salju sepanjang lereng gunung Jaya Wijaya(?), terus meluncur melewati Laut Merah(?), entah kenapa bisa sampai Sungai Amazon(?), masih menggelinding sampai akhirnya terjun bebas dan terjatuh dari Air Terjun Niagara(?). Terjun dengan indahnya ke dalam lautan 48family.

Oke cerita yang barusan itu memang asli ngaco banget. Tapi ujungnya seriusan, kok. Beberapa hal yang berikut ini adalah hal-hal yang―kalo Mistel telusuri masa lalu―ternyata memegang kunci penting dan sangat bertanggung jawab atas kecemplungnya Mistel ke dalam lautan 48family dan ternyata di kaki Mistel dirantai sama jangkar, jadi Mistel gak bisa ke permukaan lagi *mulai ngaco lagi*. Ah, sudahlah.

Cerita ini berawal ketika avatar menghilang dan suku api menyerang―eh, salah cerita yah :p Oke kita ulang lagi, cerita ini berawal dari... hmm, kalo dibilang JKT48 yang pertama Mistel kenal di 48family, sebenarnya enggak juga sih, yaa. Soalnya, kalo ditilik lagi, sebenarnya Mistel udah duluan kenal sama lagu Heavy Rotation-nya AKB48 sebelum JKT48 lahir di dunia ini. Tapi, entah kenapa, waktu itu belum ada keinginan buat cari tau lebih banyak aja gitu ._. Dasar BakaTel! -.-


[Terus, kenapa sekarang bisa tenggelam terlalu dalam, Tel?]

Maksudnya, apa atau siapa aja yang mendorong Mistel dari tebing, menarik ke dalam laut, dan memasang jangkar di kaki Mistel sehingga Mistel terus tenggelam ke dasar laut terdalam, ketemu Mermaid Man & Bernacle Boy, dan ternyata diajak ke istana Neptunus bersama putrinya, Princess Ariel? Nah, itu yang bakal Mistel bahas sekarang, berikut ini adalah para tersangka yang bertanggung jawab:


1. Lagu RIVER

Ini adalah single pertama JKT48, setelah sebelumnya udah ngeluarin album duluan berjudul Heavy Rotation. Lagu ini adalah lagu JKT48 yang paling bermakna banget buat Mistel :) Meskipun ini single pertama JKT48, dan setelah itu udah banyak single terbarunya, menurut Mistel, tetep aja, RIVER yang terbaik :) Entah kenapa, semua yang melekat sama RIVER itu keren banget x)

Mulai dari makna lagunya yang dalem dan menumbuhkan semangat banget, musiknya yang up-beat, dance-nya yang enerjik, music video-nya yang keren, sampe seifuku-nya yang unik. Mistel juga makin suka semenjak―beberapa saat setelah tau lagu RIVER―Mistel memutuskan jadi Kinalova :D Kinal keren banget di setiap perform RIVER, jadi center pula! :) Menyenangkan bukan, melihat oshi kalian jadi center? :) Hehe.

Selain itu, setelah melakukan beberapa pengamatan, menurut Mistel, sampai entri ini ditulis, lagu dan music video RIVER versi JKT48 adalah satu-satunya lagu JKT48 yang hampir pantas disejajarkan―atau bahkan melebihi?―sister grup mereka, sang empunya lagu yang sebenarnya, AKB48. Bahkan beberapa member dan fans AKB48 mengakuinya setelah melihat penampilan JKT48 membawakan RIVER untuk pertama kalinya saat Konser AKB48 di Nippon Budoukan. Terus, music video versi JKT48, kalo menurut Mistel, lebih kerasa maknanya gitu kayaknya, soalnya lebih mendekati kehidupan sehari-hari (Lebih lengkapnya baca aja di sini ‘JKT48 - RIVER’).


Yaa, begitulah kira-kira. Mulai dari lagu RIVER, Mistel mulai cari tau tentang lagu lainnya, dan ternyata asyik juga :D Sebenernya lagu RIVER juga bukan lagu JKT48 pertama yang Mistel tau karena sebelum itu Mistel udah tau yang Heavy Rotation. Tapi, lagu ini tuh tersangka utama(?) yang paling berjasa atas terbukanya pikiran Mistel bahwa JKT48 itu adalah idol grup keren yang worth to like banget! :D Yaa, at least bagi Mistel :)

2. Devi Kinal Putri

Percayalah bahwa Kinal adalah tersangka utama yang kedua! Ahaha. Mistel pertama kali ‘terjerat’ sama Kinal tuh waktu liat video profilnya (masih ada kok di akun youtube resmi JKT48, cari aja). First impression-nya adalah karena Kinal gingsul :3 dan Mistel itu dari kecil―gak tau kenapa―suka banget liat orang yang giginya gingsul.


Setelah liat banyak video dan talk show mereka, muncul banyak impresi baru, diantaranya bahwa Kinal itu orangnya talkative banget, sesuatu yang Mistel belum bisa, dan jadi makin terinspirasi untuk bisa gara-gara Kinal. Yang berikutnya adalah bahwa Kinal itu lucu dan jago ngetroll orang, sesuatu yang gak Mistel punya dan gak terlalu pengen punya, tapi Mistel jadi terhibur karena ulah Kinal ^^v

Lanjut lagi, bahwa Kinal itu salah satu member yang kemampuan dance-nya lumayan diatas rata-rata member, dia dulu juga hobi cover dance. Dan yang terakhir bahwa Kinal itu ternyata berjiwa kepemimpinan banget, bahkan sebelum akhirnya dia ditunjuk jadi kapten Team J. Pernah dulu, waktu awal-awal terbentuk JKT48, pas jadwal latihan, pelatihnya telat datang, dan Kinal satu-satunya yang berani berinisiatif buat mimpin member lain ngelakuin pemanasan :) Makin bikin Mistel kagum ^^

Berawal dari kenal dan kagum sama Kinal, Mistel mulai mau mengenal member-member lainnya, dan jadi suka merhatiin interaksi di antara mereka. Kak Ve, yang ternyata sahabat deket Kinal dan jadi pemberi sarannya Kinal dibalik kepemimpinannya; Jeje, yang jadi partner in crime-nya Kinal; serta semua member generasi 1 lainnya, bahkan sekarang Mistel juga udah hafal semua member generasi 2, dan 2-3 member generasi 3, tinggal tunggu waktu sampai hapal semua, lol.


Tersangka pertama dan kedua di atas merupakan kuncen (juru kunci) yang telah membukakan Mistel pintu gerbang pertama, pintu gerbang ke Jakarta, Indonesia. Pintu gerbang ke dunia selanjutnya yang lebih luas baru akan dibuka oleh pelaku selanjutnya, yaitu...

3. Yuko Oshima

Yap! Wanita tupai(?) *julukan Yuu-san kan korisu = tupai :3* yang baru saja resmi melepas statusnya sebagai member AKB48 tanggal 9 Juni 2014 kemarin ini adalah tersangka ketiga dan terakhir di list ini, tapi merupakan tersangka utama yang menyebabkan Mistel tenggelam terlalu dalam .-. Pengumuman kelulusan di malam tahun baru yang kebetulan Mistel tonton videonya di twitter, nyaris live, telah merebut semua perhatian Mistel kepadanya.

Mistel udah lama banget tau lagu AKB48 yang Heavy Rotation, terus juga udah kenal sama JKT48, tapi gak tau yah, waktu itu tuh yang ‘keliatan’ di depan di pikiran Mistel itu cuma JKT48. Tentang AKB48, paling Mistel cuma tau kalo mereka tuh ‘induk’ grup-nya JKT48 di Jepang. Memang sih, Mistel waktu itu udah mulai dengerin  beberapa lagu AKB48 karena suka bahasa Jepang, dan Mistel juga udah liat dorama AKB48 yang Fortune Cookie Short Movie. Tapi ya cuma sampe situ, gak ada keinginan buat tau lebih jauh gitu loh, heran -.- Mungkin karena dulu Mistel masih terlalu melihat JKT48, jadi AKB48 cuma semacam bayangan di belakang JKT48.

Tapi semua itu berubah ketika Negara api menyerang―eh, salah lagi -.- Maksudnya, semua itu secara ajaib tiba-tiba berubah setelah malam pergantian tahun 2014, pas Mistel liat Yuu-san ngumumin kelulusannya. Semacam muncul simpati tersendiri gitu, apalagi malihat timeline twitter Mistel juga heboh banget mengenai kelulusan ini. Banyak orang yang sedih, banyak banget, bahkan Beby JKT48 juga, ini bikin Mistel merinding dan jadi penasaran, seberapa hebatnya sih, orang bernama Yuko Oshima ini?

Dari situ Mistel mulai cari tau―banyaaak―tentang Yuu-san. Mistel banyak baca artikel di internet, baik yang baru maupun yang lama, dan jadi tau kalo Yuu-san itu seorang leganda AKB48 :') Apalagi setelah Mistel liat banyak potongan-potongan reality show AKBingo!, dan sedikit-sedikit mulai tau kepribadian Yuu-san. Ternyata dia orangnya lucu dan gokil banget, gak jaim, dan pembicara yang keren :) Hampir setipe lah sama Kinal, dan giginya juga gak rapi, plus lesung pipit, jadi kalo senyum manis banget xD

Gak kecewa rasanya liat-liat video AKB48 di zaman sebelum era baru (abis Yuu-san graduate, banyak yang bilang ini era baru), soalnya Yuu-san sering jadi center, atau seengaknya jadi orang kedua di belakang Acchan-san, yaa pokoknya selalu ‘tersorot’ lah, di dorama sama reality show juga gitu :D Karena, sekali lagi, menyenangkan bukan, melihat oshi kalian selalu di depan? :)

Setelah itu Mistel jadi tau juga kalo Yuu-san itu ‘seseorang’ banget di AKB48, gak heran kalo dia jadi Ace-nya AKB48 setelah Acchan-san lulus. Dan setelah tau semua hal di atas, seiring berjalannya waktu, Mistel tanpa sadar telah menetapkan Yuu-san jadi kamioshi-nya Mistel.

[Terus Kinal dikemanain, Tel?] Haha, ya tetep lah! Layaknya cinta pertama, oshi pertama juga selalu punya tempat tersendiri dong :3

Oya, kami di sini memang dalam bahasa Jepang diartikan sebagai tuhan, tapi sama sekali bukan berarti Mistel menuhankan Yuu-san, ya! Camkan itu! Dengan cara sendiri, Mistel tetep bisa bagi waktu dengan baik kok, beribadah, belajar, beresin kamar, dll. Istilah kamioshi di sini cuma buat menandai kalo di antara oshi yang Mistel punya, Yuu-san adalah yang memiliki peringkat tertinggi :) Just like Kami7, yaitu 7 member dengan peringkat tertinggi di senbatsu election :)

Mistel tetep keukeuh jadiin Yuu-san oshi, padahal tau banget kalo setengah tahun lagi dari waktu itu, Yuu-san bakal resmi graduate :') haha. Bodoh, ya? x'D Tapi gak apa-apa, daripada sama sekali enggak kan, ya? x'3


Dan, ya, Yuu-san adalah pemegang kunci kedua, yang udah membukakan pintu gerbang buat Mistel ke Akihabara, Tokyo.


Selama mencari tau tentang Yuu-san, Mistel tanpa sadar telah terjerat lebih banyak rantai, yang meskipun gak sebesar tiga rantai yang udah Mistel sebutin di atas, tetep aja menarik Mistel tenggelam lebih dalam. Tapi tetep aja sih, Yuu-san yang berjasa banget membukakan pintu 48family di Jepang buat Mistel :')

Dari Yuu-san, Mistel mulai tau banyak member AKB48 yang lain baik di Team A, Team K, Team B, maupun Team 4 *dan percaya atau enggak, sekarang Mistel udah hapal wajah semua former member Team 4*. Waktu terus berjalan, makin banyak video yang Mistel liat, makin banyak artikel yang Mistel baca, dan makin banyak pula member yang Mistel kenal. Dan itu makin bertambah dan terus bertambah dengan dorama-dorama AKB48 yang Mistel tonton juga.

Gak cuma itu, waktu liat music video Oogoe Diamond, Mistel menyadari ada seseorang yang―waktu itu―bukan anggota AKB48, tapi beraninya mengambil posisi depan, bahkan di depan Yuu-san. Siapa dia? Jurina Matsui? Yap! That Nagoya Princess *or prince? :p*.


Mistel awalnya belum mau cari tau, tapi entah kenapa, justru makin banyak member SKE48 yang ‘diperlihatkan’ ke Mistel, baik di dorama maupun reality show AKBingo!, jadi yaudahlah, dicari juga sekalian ._.v


Dan terbukalah pintu gerbang selanjutnya, pintu gerbang ke Sakae, Nagoya.


Dari reality show yang sama, Mistel jadi liat duel Shoujiki Shougi (Catur Kejujuran?) antara Sayanee-san (Sayaka Yamamoto) dan Milky-san (Miyuki Watanabe), dua orang yang membukakan pintu gerbang berikutnya ke Namba, Osaka.


Last, but not least, pintu gerbang berikutnya ke Hakata, Fukuoka terbuka waktu Mistel ketemu sama video wawancara member HKT48 di acara Ariyoshi AKB. Tapi ini Mistel gak yakin sih, siapa sebenernya member yang membukakan pintu itu, soalnya member papan atas HKT48 ada di acara itu semua. Paling yang sedikit ditangkap mata Mistel itu gingsulnya Mio Tomonaga.


Dan, selain yang udah Mistel sebutin tadi, masih ada SNH48. Apakah pintu gerbang ke Shanghai, China bakal terbuka juga? Mistel belum tau. Tapi yang pasti, sekarang Mistel jadi pengen tau tentang Zhao JiaMin, since foto dia lumayan, dan Mistel baru tau ternyata dia oshi-in Yuu-san juga :3



Gak terbatas cuma tentang wajah dan cerita-cerita tentang mereka, Mistel juga udah hapal dan bisa membedakan beberapa suara mereka *mungkin efek terlalu sering dengerin lagu mereka?*. Jadi kalo denger lagu mereka, sedikit-sedikit Mistel bisa nebak siapa yang lagi nyanyi. Berawal dari hapal suara Beby, sekarang Mistel juga udah lumayan hapal suara Yukirin-san, NyanNyan-san, Yuu-san, Acchan-san, Tomochin-san, Mariko-sama, Takamina-san, Sayaka Akimoto-san, Sayanee-san, Sae-san, Mayuyu-san, Yuihan-san, Nana Yamada-san, dan beberapa yang lainnya. Kebanyakan member lama sih, karena Mistel belum terlalu mendalami yang member baru, tapi tinggal tunggu waktu aja :3



Kurang kerjaan?

Hmm, kalo orang yang gak punya feeling apa-apa ke 48family mungkin bakal mikir atau bilang gini ._. Ngg, Mistel akui sih, bahkan sesama fans aja―khususnya yang kenal sama JKT48 duluan dan sama sekali gak tau tentang 48family sebelumnya―, Mistel pikir gak banyak yang mau segitunya cari tau banyak tentang AKB48, SKE48, NMB48, lebih lebih SNH48. Paling, taunya itu yaa sama berita yang lagi hot, atau dorama yang keren, atau single yang nge-hits aja.

Kalopun mengamati member, kebanyakan juga fokus ke beberapa member ngetop, atau member yang kebetulan menjeratnya menjadi fansnya. Kalo yang bener-bener mengamati secara keseluruhan dan berusaha mengenali semua member sih kayaknya jarang, yaa? Ya, gak? :o Kecuali orang itu memang udah duluan kenal 48family sebelum JKT48 lahir, atau orang itu pengagum Jepang, atau orang itu hanya suka mengamati :)


Tapi Mistel boleh membela diri gak, kenapa Mistel mau susah-susah ngapalin muka member dan cari tau banyak tentang mereka? :) Bukan karena kurang kerjaan kok.

Alasan pertama: Mistel KEPO akut. Yaa, memang sedikit memalukan mengatakannya. Tapi bener, misalkan Mistel lagi baca artikel, terus ada kata-kata, istilah, kejadian, atau semacamnya yang Mistel gak tau, Mistel pasti langsung cari tau. Atau Mistel lagi liat perform, terus gak kenal sama satu-dua member di situ, pasti juga langsung cari tau, gimanapun caranya. Kalopun belum ketemu, pasti dicatet di note, barangkali kapan-kapan gak sengaja ketemu :3 It just to make that thing right in my brain. Soalnya penasaran itu gak enak banget, kayak ada yang ganjal -.- kalo Mistel penasaran, bakal kepikiran terus u.u

Alasan kedua: They make me feel alive. Bukan, bukan karena kesenangan handshake, main bareng di event, atau segala jenis fans service lainnya―karena Mistel fans overseas, dan masih nyaman sama posisi ini―, tapi ini karena, dengan mengamati mereka dari jauh, meneliti apa yang terjadi sama mereka dan grup mereka, itu bikin Mistel berpikir, manghubungkan benang merah yang satu dengan yang lainnya, menimbang-nimbang hal yang Mistel tau, mengolah di otak Mistel, dan akhirnya menulis artikel semacam ini buat diterbitin di blog. Itu bikin otak Mistel bekerja  dan membuat Mistel merasa hidup :D Mereka menggalang obsesi terpendam Mistel buat nulis dan it makes me feel happy ^^



Yaa, Mistel juga sadar sih, gak menutup kemungkinan, mungkin 5-10 tahun lagi, semua tentang 48family ini gak akan seberarti sekarang buat Mistel, tapi gak ada yang sia-sia, kan? Mistel yakin, pasti fase hidup Mistel saat ini bakal ada maknanya―meskipun sedikit―buat masa depan Mistel, entah itu untuk dijadikan cermin, pembelajaran, ataupun semacamnya. Untuk sekarang, Mistel merasa bahagia dengan hidup Mistel, dan juga terus berusaha mensyukuri setiap harinya :D

Lautan 48family masih terlalu luas dan dalam bagi Mistel untuk menjelajahinya, itu berarti masih banyak yang harus Mistel kerjakan :D Doakan Mistel yaa~ [THE END]



Begitulah pembaca sekalian, cerita tentang alasan dibalik jatuhnya Mistel ke lautan 48family dan kenapa Mistel betah tinggal di dasar laut yang dalam dan luas banget ini! :D Kapan-kapan main lagi yaa~ mungkin Mistel bakal cerita lebih banyak lagi :D hehe. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa~

4 comments:

  1. keren,,,,semangat!!!nogizaka46nya belum,,,ngt48 juga belum,,ykt48 juga blum(yogyakarta48,,,ha,,ha,,,*ngasal ni orang)semangat,mungkin dimasa depan,akan ada kuis menghafal nama m48 grup 2 milyar,,,klo dijumlah bnyak bgt,itu ngapalin pke rumus mtk gk,brp taun??heran tapi kagum,,,2 jempol dah,,ati2 klo ulangan nanti yg keluar nama membernya,thanks#peace

    ReplyDelete
  2. akhirnya punya tmn yg bisa diajak ngomong tentang 48 grup,,,mskipun korean wave udh gk separah dlu,tp tmnku msih njamur aja sma kpop,,
    skarang lgi bkin jamu 48 buat dia,sdikit msukin mv,lagu,sma foto oshi ke dia,untungnya dia respect,smoga dia jdi fans 48 grup,ini aku ngomen sma njawab sndiri,,*aneh ni orang
    -.-

    ReplyDelete
  3. smakin aneh,,,dengan brtanya lalu mnjawab sndiri,,,udah ah,menuh menuhin blog orang ni anak*plakk,,,sorry,orang aneh ini mau pergi dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, makasihh :D Nogizaka on-going nih, hehe. Whaha, asik tuh kalo ada kuis kyk gitu x) btw, game-nya ada loh di pc, tebak" nama member 48fams jepang :3 Waiyaa, bahaya itu kalo sampe ketulis nama member, wkwk

      iyanihh, susah nyari temen se-hobi gini kalo di dunia nyata, nice to meet u lah :)) hehe. Kalo dulu di SMA ada sihh beberapa temen yg sama" suka jepang, jd mereka mau aku kasih lagu" akb, terus mau juga dengerin ocehanku ttg akb, meskipun mereka bukan fans :) tp skrg kuliah belum nemu temen sehobi, paling cuma bisa 'nyekokin' adek doang nih xD wkwk

      haha, makasih banyak udah mampir di blog aku dan komentar juga~ :3 mampir di artikel lain yaa, hehe

      Delete

Newer Post Home Older Post