Laman

Friday, May 1, 2020

13 Music Video (MV) Mousou 48 Group dan Sakamichi Series:

Bagi kalian yang sering nontonin variety shownya 48 family atau sakamichi series pasti gak asing lagi deh sama kata “mousou”, apalagi NOGIBINGO! tuh yang rajin banget hampir setiap season nyelipin segmen mousou, mana skenario mousou-nya beneran diambil dari request fans lagi, haha. 

Kata “mousou” (妄想)  sendiri dalam bahasa Jepang secara harfiah berarti “khayalan”. Kalau yang diterapkan di variety show-variety show sih biasanya segmen mousou ini mempergunakan kamera sebagai 1st person POV (Point of View) atau sudut pandang orang pertama, seolah-olah penonton bisa merasakan jadi “seseorang” yang berinteraksi langsung sama member yang lagi di dalam frame itu. Membernya juga memperlakukan kamera seolah-olah orang beneran (biasanya yang mereka taksir atau naksir mereka), misalnya kayak mandang langsung ke kamera seolah beneran mandang seseorang, ngomong langsung ke kamera, nyentuh kamera seolah nyentuh wajah, ngasih/nerima barang secara langsung, disuapin/nyuapin, dan sebagainya. Ngerti kan, ya?

 
Nggak jauh-jauh dari definisi diatas, yang Mistel maksud di kategori Music Video (MV) kali ini juga gitu. Mistel disini udah memilah-milah MV-MV yang kameranya diposisikan sebagai sudut pandang orang pertama yang juga “berinteraksi” langsung dengan member. Tapi yang perlu digarisbawahi, disini Mistel gak menganggap individual lip-sync scene sebagai mousou. Alesannya adalah karena meskipun emang di scene itu biasanya member-member pada natap dan ngomong langsung ke kamera, tapi kameranya disitu bukan diperlakukan sebagai “orang” atau “objek” yang mereka ajak interaksi secara langsung. Kameranya disitu cuma sebagai perantara antara mereka sama penonton aja.



Langsung aja, ini dia 13 Music Video (MV) Mousou 48 Group dan Sakamichi Series: 

1. Is That Your Secret (SKE48 Team E) 

MV Is That Your Secret ini sebenernya bukan MV yang dari awal sampe akhir banget pake POV orang pertama. Masih ada selipan-selipan individual lip-sync scene di beberapa bagian MV. Alasan Mistel masukin di urutan pertama adalah karena setting cerita yang cukup menarik dan menegangkan.  MV ini menceritakan tentang seseorang (cowok?) yang awalnya suka nge-stalk semua member Team E, sampe akhirnya dia ketahuan, dikejar sama member, terus pas ketangkep tangannya diiket dan disiksa(?). Yang lumayan unik adalah “pengalaman” POV orang pertama yang disuguhkan sama kameramennya: kita dibawa lari-lari, manjat-manjat tembok, loncat dari atas bangunan, dan terakhir ditampar-tampar sama member.

 
2. Romance no Start (Nogizaka46) 

Kalau MV Romance no Start ini nih baru, yang dari awal sampe akhir banget pake POV orang pertama. Cerita di MV ini kurang lebih tentang kegiatan seseorang (cowok lagi?) mulai dari bangun tidur, beli jajan di convenient store, ketemu cewek cantik di jalan (Maiyan), kuliah, baito (kerja sambilan) di kafe, tiba-tiba suka sama salah satu customer (Nanase) yang baru aja mutusin pacarnya, bangun tidur lagi, kerja jadi kameramen, pas di jalan pulang gak sengaja papasan sama Nanase lagi terus berhasil dapet nomornya, pergi ke tempat karaoke, gak tau kenapa kok tiba-tiba Nanase muncul dan keliatan marah terus dia ngejar, pas lari-lari dia gak sengaja nabrak orang terus digebukin sampe berdarah, akhirnya Nanase nyamperin pas dia udah babak belur, dan terakhir bangun lagi di hari ketiga, memutuskan buat “nembak” Nanase, meskipun akhirnya ditolak. So sad :(

  
3. Renai Higai Todoke (NMB48 Akagumi) 

MV ketiga ini lagi-lagi pake POV orang pertama seorang cowok. Cowok ini ceritanya lagi ada di kantor polisi, tepatnya di ruangan dengan kaca satu arah(?). Itu loh kaca yang bisa tembus pandang dari satu sisi tapi dari sisi lain cuma keliatan gelap, biasanya dipake buat korban mengkonfirmasi pelaku atau pas detektif lagi menginterogasi pelaku. Si cowok ini disitu pake buat fungsi yang pertama. Dia pake perban di kepala sama tangan, terus jalannya pincang juga pake kruk. Dia di kantor polisi itu lagi nyari pelaku yang “mencuri” hatinya, haha. MV Renai Higai Todoke ini emang gak dari awal sampe akhir banget pake POV orang pertama, tapi porsinya lumayan banyak lah. POV orang pertamanya tentang kegiatan si cowok ketemu masing-masing member selama seharian. Ada yang jadi anak sekolahan yang papasan di jalan (Haru), pelayan kafe (Ainyan), dokter (Nana), turis yang tersesat (Fuuchan), dsb. Intinya cowok itu lagi inget-inget memori tentang terdakwa-terdakwa yang ada, gimana dia ketemu sama orang-orang itu, sebelum akhirnya ada “seseorang” yang mencuri perhatiannya banget sampe dia gak merhatiin jalan, terus jadinya ketabrak mobil dan mengakibatkan badannya jadi babak belur gitu.


4. Doko ka de Kiss wo (NMB48 Team N) 

Porsi POV orang pertama di MV Doko ka de Kiss wo ini kurang lebih sama kayak MV Renai Higai Todoke. Objek orang pertamanya juga seorang cowok. Yang bikin beda dari keduanya adalah plot ceritanya. MV ini menceritakan tentang seorang pencuri yang baru aja berhasil bawa kabur banyak uang dan lagi jadi buronan polisi. Pencuri ini mau sembunyi di sebuah hotel yang pramuniaganya semua member Team N. Awalnya gak ada yang aneh sama mereka, tapi ternyata pelayanannya gak bagus, terus makin lama kok tingkah laku mereka jadi kayak kucing? Abis itu si pencuri dapet fasilitas buat dimandiin di bath tub (emang ada ya fasilitas semacam itu? ahaha), yang sebenernya adalah usaha mereka buat masak si pencuri untuk dimakan bareng. Pas si pencurinya sadar, dia langsung berusaha kabur. Kucing-kucing pramuniaga ini gak mungkin diem aja dong, mereka ngejar si pencurinya kesana kemari. Terakhir, si pencurinya sadar kalo pramuniaga-pramuniaga itu bertingkah kayak kucing, jadi dia lemparin bola mainan ke mereka buat ngalihin perhatian. Eh, ternyata strateginya berhasil, ya langsung kabur lah pencurinya, haha.


 5. Ferry (NMB48 Team BII) 

Cerita di MV Ferry ini kalo dibandingin sama yang sebelum-sebelumnya lebih mendekati ke MV Romance no Start, tentang cowok yang ditolak sama cewek. Eh, tapi kalo dibilang ditolak juga bukan ditolak sih. Jadi ceritanya si cowok ini dateng ke sekolah seperti hari-hari biasanya. Terus tanpa tau apa-apa, tiba-tiba 17 orang cewek satu sekolahnya + satu orang pelayan kafe (member Team BII) menyatakan ketidaksukaannya ke cowok ini dengan cara mereka masing-masing secara bergantian dalam sehari itu juga! Ada yang nampar, mukul pake tas, nyiram pake segelas air, mukul pake bantal, ditonjok, dilemparin handuk, sampe terakhir ditimpuk pake kue tar. Bingung gak tuh.


6. 302-go Shitsu (Keyakizaka46 Kobayashi Yui & Habu Mizuho) 

Kalau di MV-MV sebelumnya POV orang pertamanya diperankan sama seorang cowok, MV 302-go Shitsu ini beda dan unik banget nih. Di MV ini, POV-nya adalah dari seekor nyamuk! Haha. Yuipon sama Habu ceritanya lagi liburan musim panas gitu, santai di rumah sambil baca buku, ngerjain tugas, makan somen, tidur siang, liat ikan berenang, ngadem di depan kipas, makan semangka, dan sebagainya, sementara si nyamuk terbang kesana-kemari, ngamatin semuanya, gangguin Yuipon tidur. Terakhir endingnya agak gak enak sih, nyamuknya ditepok sama Yuipon. Mati deh kita, ahahaha.


7. Natsu yo, Isoge! (SKE48) 

Sebenernya Mistel gak terlalu yakin sih, MV Natsu yo, Isoge! ini POV orang pertamanya beneran “orang” atau bukan. Soalnya emang gak ada take dari POV orang ketiga kayak di MV Renai Higai Todoke sama MV Doko ka de Kiss wo, atau seenggaknya ada bagian tubuh yang ke-shoot kayak di MV Is That Your Secret sama MV Romance no Start, buat mastiin sebenernya MV ini pake sudut pandangnya siapa. MV ini juga gak punya plot cerita buat ngira-ngira siapa POV orang pertamanya, cuma semacam dance version gitu aja. Tapi yang jelas sih, di MV ini ada beberapa adegan yang kameranya seolah diajakin langsung sama Jurina dan member lainnya buat liat mereka perform koreografi, makanya Mistel masukin ke list.


 8. Gomen ne Zutto… (Nogizaka46 Nishino Nanase) 

MV Gomen ne Zutto ini menceritakan tentang perbedaan kehidupan Nanase sebelum dan sesudah masuk Nogizaka46. Nanase sebelum masuk di Nogizaka46 ceritanya kerja sebagai perawat. Nah, POV orang pertamanya keliatan waktu dia pulang kerja, dari sudut pandang orang yang tinggal sama dia (mungkin pacarnya?). Dari POV itu kita bisa liat Nanase nyiapin makan malam, makan, pura-pura mau nyuapin padahal gak jadi, bahkan sampe pas mau tidur 👀

 
9. Yukikoi (Yamamoto Sayaka) 

Sayanee di MV Yukikoi ini ceritanya baru aja putus sama pacarnya dan lagi mengenang masa lalu(?). Ada kilasan adegan saat-saat bahagia mereka, Sayanee ngasihin minum, becandaan. Tentu, POV orang pertamanya dari sudut pandang pacar Sayanee. Tapi ada juga kilasan waktu Sayanee keliatan lagi memendam suatu masalah, yang mungkin aja jadi penyebab mereka pisah nantinya.


10. Ponytail to Shushu (AKB48) 

Sama kayak di MV 302-go Shitsu, MV Ponytail to Shushu ini juga pake POV orang pertama dari sudut pandang seekor hewan. Bedanya, hewan di MV ini adalah anjing. Scene-nya cuma sebentar sih di awal MV, sebelum masuk lagu. Ceritanya si anjing ini gak sengaja masuk ke ruang gantinya member AKB48, terus jadi ngintipin mereka ganti baju deh.


11. Tsuribori (Nogizaka46 Nishino Nanase) 

Letak scene POV orang pertama MV Tsuribori ini sama kayak MV Ponytail to Shushu sih, di awal sebelum masuk lagu. Tapi beda dari MV-MV sebelumnya yang POV orang pertamanya bikin kita “ngerasain” jadi orang/hewan yang beriteraksi langsung sama member, di MV ini kita justru disuguhin sudut pandang seorang Nanase. Jadi ceritanya di awal itu dia dateng ke tempat pemancingan, bayar biaya masuk, terus dikasih alat mincing sama umpannya sama si pemilik tempat mancing. Setelah itu udah deh full POV orang ketiga.


12. Tokitoki Mekimeki (Nogizaka46 3rd Gen) 

Anak-anak Gen 3 Nogizaka46 di MV Tokitoki Mekimeki ini ceritanya lagi merencanakan kegiatan buat musim panas mereka, yang terdiri dari berpetualang sama camp party. Setelah selesai camp party yang notabene isinya makan-makan ini, tiba-tiba muncul POV “sesuatu” yang berasal dari bawah meja dan bergerak mengitari member satu per satu. Menurut Mistel sih ini mungkin sudut pandang dari hewan kecil kayak anjing, kucing, atau kelinci, tapi kalo dilihat dari pergerakannya sama hewan yang sering dipake di MV sih kemungkinan anjing ya. Tapi Mistel gak terlalu yakin juga soalnya di scene lain mereka gak ada keliatan gendong anjing atau apapun itu.


13. Eien Pressure (AKB48) 

Kalo dibandingin sama MV-MV sebelumnya, porsi POV orang pertama di MV Eien Pressure ini emang yang paling sebentar sih. Sudut pandang yang diambil adalah sudut pandangnya Yukirin yang lagi ngintipin Yuihan mandi. Sebenernya ini mirip MV Tsuribori yang menampilkan sudut pandang dari seorang member, tapi bedanya di MV ini Yukirin juga berinteraksi sama member lain (Yuihan), jadi dua-duanya dapet deh, hahaha.




Bonus beberapa MV yang scene mousou-nya cuma diselipin sekilas doang:

- Boku ga Mou Sukoshi Daitan Nara (NMB48 Akagumi) 

Di MV Boku ga Mou Sukoshi Daitan Nara ini Milky ceritanya mau nyatain perasaannya ke seseorang, udah bawa surat cintanya segala, tapi akhirnya gak menemukan keberanian buat ngasih dan langsung pergi seolah gak ada apa-apa.


- Yasashiku Suru yori Kiss wo Shite (Watanabe Miyuki) 

MV Yasashiku Suru yori Kiss wo Shite ini menceritakan tentang Milky yang harus ngerelain buat ninggalin pacarnya demi jadi idol. POV orang pertamanya itu dari sudut pandang pacarnya. Cuma sekilas sih tapi, diliatin pas lagi jalan di pantai sama pas perpisahan terakhir (sebelum kissu?).


- Mattemashita, Shingakki (NMB48 Akagumi) 

Lagi-lagi, Milky! Haha. Sudut pandang orang ketiga yang disuguhkan di MV Mattemashita, Shingakki ini beda lagi dari semua MV sebelumnya. Bukan orang, bukan juga hewan, tapi manekin! Ceritanya Milky lagi di gym gitu deh kayaknya lagi latihan tinju, terus si manekin ini yang jadi sasarannya (alias kita sebagai penonton yang ditonjok).


- Yaban na Kyuuai (AKB48 Dance Senbatsu) 

Sama kayak di MV Natsu yo Isoge, Mistel sebenernya gak yakin di MV Yaban na Kyuuai ini POV orang ketiganya diambil dari sudut pandangnya siapa/apa. Tapi di MV ini ada adegan kameranya “digeser kasar” sama Makki dan Sayanee, terus ada yang dipegang langsung juga sama Jurina, jadi ya masukin aja, haha.


- Don’t Look Back (NMB48) 

MV Don’t Look Back ini beda tipis sama Yaban na Kyuuai sih, cuma yang “ngegeser kasar” kameranya si Riripon sama Yuuri.




Sekian artikel untuk kategori 13 Music Video (MV) Mousou 48 Group dan Sakamichi Series, sampai berjumpa di kategori-kategori berikutnya!



Serial kategori lainnya:
20 Lagu 48Family yang Membuat Bulu Kuduk Merinding ~Versi Mistel~
9 Music Video (MV) 48 Group + Nogizaka46 yang Tidak Sesuai Ekspektasi ~Versi Mistel~ 
MV (Music Video) 48 Groups dan Sakamichi Series yang Bikin Laper! ~Versi Mistel~

No comments:

Post a Comment

Home Older Post