Laman

Monday, July 1, 2013

About JKT48

SENIN, 24 JUNI 2013

Pigura foto member Team J di Theater

Gak tau kenapa ya, belakangan ini aku lagi suka searching tentang JKT48, khususnya yang generasi satu, atau yang belakangan aku tau kalo nama lainnya adalah ‘Team J’. Telat banget emang yah, mereka udah mulai eksis tahun 2011, tapi aku baru searching tentang itu di tahun 2013 *telat update*.

Sebenernya waktu awal-awalnya booming, aku udah tau sih, tentang idol group bernama JKT48 ini, yang merupakan sister group dari AKB48 yang udah bertahun-tahun duluan eksis di Jepang sana. Tapi aku taunya ya cuma itu doang, cuma bahwa AKB48 seperti ‘buka cabang’ di Indonesia, khususnya di Jakarta, dan single pertama mereka yang aku tau itu adalah ‘Heavy Rotation’-nya AKB48 yang hampir seluruh liriknya udah diterjemahin ke dalam Bahasa Indonesia, dan bahwa member mereka itu berjumlah sekitar dua-puluh-orangan gitu. Ya itu aja, tanpa ada keinginan untuk tau lebih detail lagi. Paling cuma pernah nyari foto-foto sama profilnya, tapi ya masuk mata kanan keluar mata kiri gitu, soalnya belum kenal bener mukanya.

Mungkin salah satu penyebabnya karena masalah waktu kali ya, makanya kenapa aku gak tertarik untuk cari tau tentang mereka. Jadwal sekolahku itu padet banget soalnya, aku kan tinggal di asrama, belum lagi ditambah tugas-tugas yang menggunung dan ulangan harian yang gak tentu jadwalnya itu. Selain itu mungkin juga karena akses internet yang agak sulit. Memang sih, di sekolahku ada fasilitas internet, tapi gak tau kenapa seakan gak sempat buat main-main gitu.

Nah, sekitar dua-mingguan yang lalu, setelah aku selesaiin semua ulangan kenaikan kelas susulan aku, kebetulan juga sehari setelah ulang-tahunku yang ke tujuh belas, waktu itu malem minggu, temen-temenku banyak yang cabut *eh*, aku kebosenan banget sumpah, karena emang di sekolah juga udah gak ada kegiatan resmi, paling cuma classmeet doang, and finally aku memutuskan buat membeli modem! *yeay*

Setelah modem ada di tanganku, aku mulai sering berselancar di internet, khususnya di sosial media, lebih spesifiknya di twitter. Dannn, here it is where those things begin.  Pas di twitter, aku kan sering mantengin timeline (TL) tuh, suatu saat, aku liat ada salah satu temenku (yang aku kenal di facebook, dan dia cowok), sering banget mention akun twitternya Nabilah JKT48 sama Jeje JKT48 hanya untuk sekedar bilang selamat pagi ataupun selamat malam. Aku sempet mikir, ya ampun nih anak kurang kerjaan banget yak? Belum tentu juga mentionnya dibaca sama orang yang dimaksud gitu kan, apalagi dia artis yang lagi tenar.

Pertama-tamanya sih aku ngerasa biasa aja, toh itu urusan dia. Tapi lama-lama aku mulai kepikiran, segitu fanatiknyakah? Dan karena aku udah sering buka twitter, aku juga mulai ngerasa terganggu, sumpah ya nih anak nge-spam banget deh, gak penting banget tau gak. Sampe suatu waktu, di puncak ke-bete-anku, dengan bodohnya aku nge-tweet gini, “yaampun nih anak minta di-unfoll apa ya?”, yang aku tau dengan pasti, dianya juga mungkin gak akan nyadar kalo lagi disindir.

Tapi kenyataannya aku gak nge-unfoll dia kok, selain gak tega, juga gak tau kenapa ada setitik rasa pengen tau sebesar biji zarah (?) yang bikin aku mempertahanin orang itu tetep aku follow, supaya aku tau apa yang dia retweet dari tweet member JKT48 (yang seringnya Nabilah dan Jeje, karena mungkin mereka oshinya temenku itu). Saking seringnya orang itu menuhin timeline aku dengan hal-hal seperti itu, semakin sering aku liat dan tau tentang Nabilah, Jeje, de-el-el, dan lama-lama aku kena bius virus kepo! *nahloh -o-

Aku pribadi sih orang yang lumayan suka berpikiran luas dan gak ngeliat sesuatu dari satu sisi doang, so, aku anggep kalo pengen tau bukan berarti ngefans! Aku orangnya juga suka aja gitu mengenali wajah orang, apalagi yang sering liat gitu. Kalo gak kenal namanya padahal tau wajahnya rasanya ada perasaan kesel gimana gitu sama diri sendiri.

Kalo dibandingin sama temen-temen sekolahku, mungkin aku adalah orang yang paling banyak kenal dan peduli sama nama dan wajah kakak kelas maupun adek kelas di sekolah, meskipun aku sendiri mungkin gak terkenal-terkenal amat. Yah, mungkin bagi sebagian orang, ini gak penting banget ya, malah ada loh orang yang berpikir bahwa dirinya terkenal dan merasa gak perlu mengenali orang lain. Ada, ya, beneran, ada orang kayak gitu, dan aku gak mau termasuk dalam golongan sombong itu.

Aku hobi aja gitu ngenalin muka orang. Selain karena alasan di atas, alasan lain adalah lumayan, itung-itung buat ngelatih ingatan, kan. Apalagi orang itu kan banyak, butuh konsentrasi loh, buat ngapalin muka dan namanya. Tapi dengan sering liat dan adanya keinginan tulus, tanpa sadar jadi kehapal semua deh.

Dari situ, aku mulai deh cari tau tentang mereka, diawali dari ngintip akun beberapa member JKT48 yang aku dapet, gak maksa banget sih nyarinya, siapa yang dapet aja. Kalo aku gak salah inget, dari beberapa akun yang aku kunjungin (kayaknya sekitar  10 member), aku waktu itu nyimpulin beberapa yang lumayan yaitu si Nabilah (yang aku gak nyangka banget dia tuh ternyata tiga taun lebih muda dari aku), si Panda (Sonya), si Jeje, si Shanju (Shania), Kak Melody (tapi gak terlalu), udah itu aja, soalnya aku cuma bandingin dari foto-foto dan banyak followersnya doang *no offense yaa ;3*.

Beberapa hari kemudian, aku liburan. Kan liburannya pulang kampung nih ceritanya, pasti ketemu sama sahabat masa kecil dong ya. Nah, pas lagi jalan-jalan sambil ngobrol gitu, tiba-tiba nyambung ke JKT48, aku nyebut-nyebut Nabilah sama Kak Melody doang, soalnya mereka yang waktu itu aku anggap yang paling banyak di-oshi-in. Pikiranku waktu itu, jujur aku akuin, masih sempit banget tentang mereka, masih minim banget pengetahuannya. Makanya aku agak heran pas salah satu temenku justru sering nyeplosin nama Kinal, waktu itu  aku belum tau, yang mana sih Kinal itu? Pernah denger sih namanya, tapi belum ketanda mukanya.

Beberapa hari lagi setelah itu, pas aku lagi di rumah kakekku, waktu aku akhirnya berhasil dapetin charger buat hidupin laptopku, aku mulai lanjutin lagi investigasiku (?). Kali ini lebih ke videonya, soalnya aku pengen tau the real them, bukan cuma fotonya doang. Soalnya kadang kan ada orang yang photogenic padahal biasa aja, ada yang gak photogenic padahal cantik. Tapi aku bingung mau cari video kayak apa, gak pernah-pernah soalnya. Aku search aja deh nama JKT48 di youtube, terus dari banyak hasil yang keluar, ada salah satu video yang nawarin video profil Kak Melody. Langsung aja deh aku klik.


Setelah aku klik ternyata video itu ngerantai terus sampai ke semua video profil ke-21 anggota JKT48 (gak termasuk Akicha, Haruka, dan member yang udah graduate), dan akhirnya aku download dan nonton semua video profilnya. Dari situlah aku mulai banyak tau tentang mereka.

Aku akhirnya tau kalo temen masa kecilku itu bukan tanpa alasan nyebut-nyebut Kinal mulu, karena tenyata Kinal itu emang keren! Yeah, keren! Kalo boleh jujur ya, yang pertama kali narik mataku pas ngeliat video profilnya Kinal adalah giginya. Ya, giginya! Gingsul gitu kan? Keren tauu~


Gak tau kenapa yah, aku tuh dari dulu suka aja gitu liat orang yang punya gigi gingsul. Mulai dari artis kayak Chelsea Olivia, Gita Gutawa, Ecca Mamamia, Fira Mamamia, cewek yang meranin Chacha di serial Kepompong (Aryani Fitriana bukan sih? Aku lupa); sampe orang-orang di sekitarku kayak tante aku (Bulik D), salah satu kakak kelas favorit aku (Kak N), salah satu temen seangkatan aku (Z), salah satu sepupu aku (Teh I), de-el-el. Gatau yah, enak aja gitu ngeliatnya tuh.

Selain Kinal, Ghaida juga gingsul kan? Malah lebih parah dari Kinal, tapi kerennn. Ghaida juga orangnya agak ke-tomboy-an gitu, tambah keren deh. Beby juga gingsul. Oh iya, Mova juga gingsul kan? Dia tuh sekilas mirip sama kakak kelas favoritku loh, sayang ya udah graduate. Nabilah juga gingsul sih tapi dia udah banyak banget yang suka, dan aku jenis orang yang gak mau maksain diri buat sesuatu yang udah mainstream banget different is cool, guys! ya jadi aku agak biasa aja ke Nabilah. Tapi gak mungkirin juga kok kalo Nabilah itu juga manis, suer deh :3v



Balik ke Kinal lagi, belakangan aku baru tau kalo ternyata dia itu Captain dari Team J. Wuihh makin keren aja yah si Kinal! Katanya sih jiwa kepemimpinannya tuh keliatan banget diantara member-member yang lainnya dari awal mereka jadi trainee (atau apasih bahasa jepangnya, aku lupa) sampe sekarang udah jadi member.  Terus, aku suka waktu Kinal ngomong ‘Bukan, Idol group’ di MV RIVER, cool banget! Pokoknya Kinal sekarang TOPBGT dah! Aku kasih dua eh bukan, tapi empat jempol dari aku deh :Dbbbb *Tos sama om Deddy Corbuzier (bener gak sih tulisannya? :B)*


Oya, aku mau ngelakuin sedikit Guilty Pleasure nih ke pembaca semua. Ssstttt…, jangan heboh ya, berjanjilah kalian gak akan nge-judge aku yang negatif. Aku gini karena keadaan memaksa, kalo gak, aku juga gak bakalan begini :(

Oke aku mulai. Masih inget gak, beberapa menit lalu kalian baca tulisan di atas yang intinya ‘pengen tau bukan berarti nge-fans’. Masih inget kan? *kalo gak, berarti pikun -_-*. Tau gak sih alasan lain aku nyiptain pikiran kayak gitu? Engg, ngaku gak ya? Aku ngerasa rendah sih kalo ngaku ._. tapi demi kalian, gak apa-apa deh aku ngaku :] *sok penting*

Jadi gini, sebenernya … aku ini gengsi. Oke, gengsi! Yeah, that’s the point! ._. Gengsi kenapa? Kok bisa? Ceritanya, karena dulunya aku pikir JKT48 itu bakal sama kayak girlband-girlband Indonesia lainnya yang gak jelas juntrungannya itu. Sumpah, beneran deh aku ngaku itu pikiran kolot banget. Sorry banget yah :( Tapiii, ada tapinya nih, itu tuh sebelum aku tau JKT48 yang sebenernya, soalnya dulu aku agak menutup mata dan telinga tentang mereka.

Ternyata, setelah aku mulai kenal JKT48, aku yakin banget kalo pikiran aku dulu itu salah besar. JKT48 bukan girlband, tapi idol group! Gak abal-abal, karena punya sister group setingkat AKB48 Di Jepang sana. Waktu coba denger lagu mereka terutama yang ‘RIVER’ (my favourite song) awaw, langsung nancep di telinga, guys! J-pop banget gitu musiknya tuh, aku suka aku suka bangettt xD lagunya ceria, bikin semangat \(^w^)/

Soalnya nih ya, aku itu dari kecil suka banget sama yang berbau Jepang gitu. Mulai komik kayak Detektif Conan, kartun kayak K-ON, Naruto, Doraemon, Digimon, Pokemon, de-el-el. Selain itu aku juga lagi seneng sama J-pop nih ngelanjutin kesenengan aku waktu kecil suka sama sountrack anime—, jadi lagi suka dengerin lagunya YUI, Utada Hikaru, sama AKB48. Dan sekarang nambah sama JKT48 deh! :D

Sekarang udah gak begitu gengsi sih, tapi kalo diantara temen-temen masih agak, sedikit doang tapi, beneran deh, cuma sedikit. Tau kenapa? Soalnya JKT48 sama sekali belum mainstream diantara temen-temenku. Pikiran mereka sekarang masih sama kayak pikiran aku dulu, masih nganggep JKT48 tuh sama kayak girlband Indonesia lainnya. Tapi belum tau sih apa waktu liburan gini pikiran mereka bakal kebuka? I hope so. We’ll see after holiday~

Eh, eh, aku kan udah ngagumin Kinal nih, apa aku sekarang termasuk fans? Hehe. Kalo belum gapapa juga sih, aku jadi Kinalova aja :D Tapi gatau deh, terserah kalian aja mau mandang aku sebagai apa, asalkan yang gak negatif aja.

Uhm, aku jadi mikir nih. Muka aku udah oriental gini, tinggi aku udah se-Kinal ―malah kemungkinan besar udah ngelebihin Kinal, eh enggak ding, mungkin udah ngelebihin Akicha maupun Shanju malahan―, nyanyi dan dance bisa dilatih dikit *sok banget yak si Mistel*, se-prinsip juga untuk gak pacaran, dan andai aku kurusan dikit sama kebetulan tinggal di Jakarta atau Bandung, apa aku bisa jadi JKT48 member? ---Hahaha. Ngimpi lu! Mana mungkin lu masih bisa idup kalo pake baju kayak mereka, bisa-bisa udah digorok emak duluan, haha <--- ini bukan Mistel yang nanggepin -o-

Eits, eits, santai gals! it’s just joke. Ini cuma masalah prinsip diri aja kok, nothing else, gak bermaksud yang negatif sama sekali ;) Pokoknya Ganbatte aja deh buat JKT48! Sukses terus sampe ke generasi-generasi berikutnya. See ya~

1 comment:

Newer Post Home Older Post