Laman

Monday, July 1, 2013

Berpikirlah Objektif, Bukan Subjektif! ('Enak Jamanku, tho?' T-Shirt)

Balik lagi sama aku, Ai-Frida Mistel Swift, blogger paling gaje sepanjang masa. Sekarang, aku mau bahas masalah kaos bergambar muka Pak Harto yang ada tulisannya ‘Enak Jamanku, tho?’ (enak jaman saya, kan?).

Ngapain lu bahas itu, Tel, mau jualan yak? Haha, ya enggak lah! Yang mau aku bahas disini topiknya gak jauh-jauh kok dari entri aku sebelumnya yang judulnya ‘Statusmu Harimaumu!’. Yaitu tentang berpikir objektif dan rasional.

Nah, ceritanya kan sekarang lagi marak-maraknya nih kaos seperti yang aku deskripsiin di atas. Pertanyaan pertama, apa sih tujuan adanya kaos itu? Biasa itu sih, kerjaan orang iseng yang sirik sama SBY. Dia mau nyindir SBY masalah naiknya harga BBM jadi 6500 rupiah, dengan cara bandingin masa SBY sekarang sama masa Soeharto dulu yang faktanya bensin cuma 700 rupiah.

Biasanya sih orang-orang kayak gini tuh pengecut semua. Kenapa aku bisa bilang gitu? Soalnya tuh ya, mereka itu beraninya cuma bayar orang-orang desa buat ngelakuin itu, sementara mereka sendiri, bisa jadi di depan Pak SBY mah bermanis-mulut-ria.

Oke, balik ke masalah tadi. Jujur ya, waktu pertama ngeliat kaos itu aku mendengus, ketawa miring sesaat, dan sempet membatin ‘iya juga ya?’. Tapi itu cuma angin lalu sih, sesaat setelahnya aku udah ngelupain itu dan menganggapnya paling ulah orang iseng aja.
Kenapa aku sempet berpikir untuk membenarkan apa yang tertulis di kaos itu? Ya! Karena itu adalah pikiran spontan orang normal yang sekilas melihat dengan pandangan subjektif, dari judulnya doang! Kalo sekilas dibandingin sih emang bener ya, uang 700 rupiah sama 6500 rupiah tuh jelas-jelas jauh lebih mahalan 6500 rupiah atuh!

Pertanyaan kedua, terbuktikah kebenaran argumen diatas? Ada gak sih orang yang mau susah-susah cari bukti real tentang itu? Jawabannya adalah enggak bener (sama sekali salah), dan ada, tapi dikit banget, dan alhamdulillah atas ijin Allah, orang itu membantuku menemukan inspirasi dan membuka pikiranku.

Ternyata ya, faktanya itu sangat mengejutkan. Bahwa kalo harga bensin itu dibandingin dengan perkembanga kurs rupiah terhadap dolar amerika maupun di mata dunia, hasilnya berlawanan lima-ratus-empat-puluh-derajat dari apa yang ingin ditanamkan oknum-oknum gak bertanggung jawab tersebut ke dalam pikiran kebanyakan masyarakat awam.

Proses ngitungnya agak ribet sih, tapi kalo ditelusuri, emang bener adanya kok. Faktanya itu intinya, bahwa uang 700 rupiah di masa Pak Harto itu sama dengan uang 16ribu sekian rupiah (kalo dibandingin perkembangan kurs dolar) dan 10ribu sekian rupiah (kalo dibandingin kurs uang dunia) di masa kita hidup sekarang. Bayangin deh kalo harga bensin sekarang semahal itu, nyekik banget kan? Kalian bisa nilai sendiri deh, mana yang lebih murah.

Kalo dipikir-pikir secara wide-thinking ala Mistel(?), emang iya sih. Permen aja yang sekarang harganya 500 rupiah dapet tiga biji, dulunya juga paling 25 rupiah-an gitu kan? Kan itu lebih mahal, masa kita mau nyalahin Pak SBY juga gara-gara naiknya harga permen itu? Mau bikin rambut Pak SBY jadi putih semua yak?

Harusnya kita mikir dong, semua harga pada naik ngikutin turunnya kurs rupiah. Masa mau bandingin harga barang-barang sekarang sama waktu jaman Pak Soeharto? Yang bener aja deh! Mending kamu panggil doraemon aja, terus pinjem mesin waktunya sana gih. Dengan uang kamu sekarang, dijamin kamu pasti bakal jadi orang kaya di masa itu!

Malu deh, malu, yang punya pikiran kayak gitu. Harusnya kita sebagai generasi penerus bangsa tuh ngebantuin bangsanya buat naekin kurs rupiah, gimana caranya, itu makanya kenapa kita harus sekolah yang rajin. Jangan cuma bisa pasif doang, tapi main ngikut-ngikutan aja memojokkan presiden kita sekarang dengan kaos-kaos gak penting kayak gitu, ah! Ayo, Indonesia pasti bisa!

Semangat guys! Kita sebagai warga negara harus rajin-rajin belajar biar bisa berguna bagi keluarga, masyarakat, dan bangsa! Jangan malah jadi kacang lupa kulitnya yak ;) See ya~

No comments:

Post a Comment

Newer Post Home Older Post