Laman

Monday, July 1, 2013

Statusmu Harimaumu!

Hey kamu! Iya, kamu! Kalo bikin status di sosial media tuh tolong dipikir baik-baik dulu yah! Atau, kalo mau bikin status berupa protes, tolong cari bukti-bukti yang bisa dipercaya gitu loh, kalo bisa cantumin sekalian tuh nama-nama yang kamu tuduh! Jangan suka bikin HOAX doang, ah. 

Kenyataannya kamu cuma menutup diri dari kenyataan karena terlalu gengsi kalo pada dasarnya status kamu tuh cuma omong kosong doang, dan kamu juga berkelit dari fakta-fakta yang udah lebih jelas kenyataannya dengan sesuatu yang kurang masuk akal, pengecut banget kesannya.

Aku BUKAN mencoba membela ras dimana aku dilahirin ya (sebenernya aku keturunan multi-ras banget sih, sunda-jawa-dayak), tapi aku cuma mencoba berpikir rasional, mencoba berpikir luas.

Kamu pernah mikir gak? Salah-salah, akibat dari status kamu yang gak bertanggung jawab itu, ada orang yang gak tau apa-apa jadi sakit hati. Lebih parahnya lagi, kalo dia agak labil kayak kamuya, kayak kamu!—, takutnya dia jadi nganggap semua orang di ras yang kamu bangga-banggain itu kayak kamu semua kelakuannya, gak tau berterimakasih, padahal enggak kan?! Aku pribadi, jujur, masih sakit hati gara-gara kamu, tapi aku alhamdulillah sih masih sadar kalo gak semua orang di ras kamu itu kayak kamu.

Pertama aku liat status kamu tuh ya, mata aku langsung nyangkut tau gak, darah langsung mendidih juga. Meskipun gitu, awalnya aku masih mencoba buat positive thinking, masih punya niat baik buat buka pikiran kamu yang seakan tertutup kabut itu. Aku coba kasih komentar di status kamu dengan sebuah fakta yang menentang apa yang kamu pikirin, tapi fakta itu rasional banget, bisa dibuktiin kok, kamu cari dari resensi apapun tetep itu kebenarannya.

Aku kirain yah, pikiran kamu itu bakal kebuka gitu, sedikit aja gak apa-apa juga kok, yang penting ada pencerahan. Apalagi aku liat kalo aku gak ngelakuin hal ini sendirian, ada beberapa temen-temen satu ras-mu yang mencoba berpikir rasional, memberikan bukti-bukti masuk akal, dan kesimpulan yang paling penting buat ditekankan adalah ‘Indonesia ini Bhineka Tunggal Ika, emang beda-beda cuy, tapi tetep satu kan? Gak ada ras yang lebih baik maupun lebih buruk, semuanya sama, saling membutuhkan!’.

Tapi nyatanya apa tanggapanmu? Kamu justru menutup pikiran, meremehkan semua fakta-fakta itu, dan mencoba mempertahankan argumen serta berkelit dengan alasan yang bikin orang memutar bola matanya tau gak? Kecewa banget sama sikap kamu. Ilfill banget tau sama kekeraskepalaanmu. Mending deh kalo bisa kasih fakta yang meyakinkan, lah ini malah bangga buat ngasih argumen yang lebih ke opini dan persepsi murahan kayak gitu.

Aku heran yah, kenapa bisa sih ada orang kayak gitu? Oke, sifat orang tuh beda-beda memang, aku ngerti banget. Tapi untuk buka pikiran, emangnya sesusah itu ya? Heyy, ini zaman globalisasi loh, bukan zaman Siti Nurbaya lagi. Masa pikiran masih kolot kayak aki-aki gitu? Hellooow, please ya!

Kalo aku mau nurutin ego nih ya, aku bisa skak mati kamu pake fakta-fakta yang aku temuin, dan sumbernya tuh terpercaya. Tapi males ah, ngabisin tenaga aja, capek-capekin diri tau gak. Apalagi keras kepala kamu tuh kayak gak bisa diobatin gitu. Ngapain juga aku susah-susah mencoba buka pikiran orang kalo orang itu sendiri gak mau berusaha, bener gak?

Jadi yaudah deh, aku biarin aja. Mau pikiran dia kayak apapun terserah dia, ah, aku gak peduli. Yang penting sekarang, gimana caranya aku ngelupain sakitnya dihina kayak gitu, masih mending kalo dia mau meralat atau minta maaf sekalian gitu. Nah ini enggak, huh! Pengecut banget ya.

 Gatau ah, segitu aja deh tulisan aku masalah pengalaman gak mengenakkan hati ini. Ambil hikmahnya aja ya.

Pesan aku, hati-hati deh kalo buat status itu, kira-kira pantes gak ya? Ada yang tersinggung gak ya? Mengandung SARA gak ya? Dan yang terpentingkarena Indonesia ini kaya akan suku dan ras—, terlalu rasis gak ya? Yang terakhir, titah dari mbah Google(?), katanya suruh berpikir lebih objektif noh, jangan subjektif (dari sampul) doang! Catet tuh!

Jangan ngasal ngomong aja. Mentang-mentang di sosial media gak ada hukum resmi yang bakal nindak gitu terus bisa seenaknya? Gak! Sekarang mah jamannya peribahasa ‘status dan tweet-mu adalah harimaumu!’.



P.S: Bingung ya, kenapa Mistel kali ini rada gak ngaco? Haha, biasa mah kalo lagi serius kayak gini :3 Udah ah, see ya in the next entry yah! ;)

No comments:

Post a Comment

Newer Post Home Older Post