Laman

Tuesday, January 23, 2018

Ngidol juga harus pilih-pilih?! (dan Status Ngidol Mistel)



Ini sekuel dari posting sebelumnya, tentang ‘There Are So Many Fun Things To Do Out There, But You Must Choose’, ternyata gak cuma dalam hal hobi-setengah-serius kayak di atas yang harus Mistel pilih buat diseriusin, karena nyatanya dalam hal hobi yang cuma buat seneng-seneng aja kayak ngidol, Mistel juga terpaksa harus milih yang mana yang mau diseriusin.

We talk about the group. Berawal dari tau lagu ⸢Heavy Rotation⸥-nya AKB48 tapi belum tau tentang grupnya, malah duluan ‘kenal’ JKT48, terus baru merambat ke SKE48, NMB48, HKT48, Nogizaka46, dan ternyata semua itu gak berhenti sampai disitu aja.



Oiya btw SNH48 gak masuk hitungan karena ternyata ‘pintu’ kesana gak terbuka dengan baik. Ini jawaban dari posting ‘Alasan Dibalik Tenggelamnya Mistel di Lautan48Family’ di bagian SNH48 dan ‘SedikitBincang-Bincang Tentang SNH48’ bahwa Mistel mungkin gak akan bahas lagi tentang SNH48, selain Mistel secara pribadi sebenarnya gak tertarik, juga fakta bahwa SNH48 sudah memisahkan diri dari 48G dan seenaknya sendiri bikin grup yang pake embel-embel 48 tanpa sepersetujuan Babeh Akip bikin Mistel mikir, ah udahlah males. Di sini ternyata Mistel sudah mulai memilih.

SNH48 dan buntut-buntutnya yang muncul tanpa restu Akip

Lah kenapa melenceng dah, oke balik lagi. Tanpa Mistel duga ternyata sampai sekarang 48G dan 46S (46 Series/Sakamichi Series) berkembang terlalu besar sampai akhirnya Mistel gak kuat buat ngikutin semuanya. Di posting ‘Alasan Dibalik Tenggelamnya Mistel di Lautan 48Family’, Mistel terlihat positif sekali ya mau ngikutin keenam grup yang sebelumnya Mistel sebutin beserta grup lain yang mungkin bakal dibentuk lagi. Tapi Mistel gak tau kalo Babeh Akip bakal bentuk banyak grup baru lagi di kurun waktu yang gak terlalu lama sebagai sister group AKB48, dan akhirnya Mistel harus memilih karena Mistel gak bisa serakus itu buat keukeuh mau ngikutin semua grup sampe seluk-beluk terdalam.

Berawal dari dibukanya NGT48 di Prefektur Niigata yang penghasil beras, Mistel awalnya masih excited buat kenal sama grup baru yang diperkuat sama Captain Rie Kitahara dan mbak Kashiwagi Yuki itu. Nonton variety show mereka bareng anak-anak HKT48 (Sashikita Gassen), karena kebetulan waktu itu Mistel lagi getol ke HKT48 jadi sekalian aja. Terus suka sama beberapa member (Ayakani/Tano Ayaka, Hinatan/Homma Hinata bahkan sebelum masuk senbatsu, KatoMina/Kato Minami), dan berusaha ‘kenal’ sama mereka. Tapi belum sempat terlalu serius, akhirnya ter-distract sama grup berikutnya.


Keyakizaka46. Ketika Mistel ngikutin Keyakizaka46, gak tau kenapa yang NGT48 jadi seperti tertutup awan mendung. Mungkin karena ‘fasilitas’ yang diberikan ke Keyaki kayak variety show (Keyakitte Kakenai, Keyabingo!), sementara variety NGT48 cuma satu dan itupun gabung sama HKT48; terus sama single debut yang lebih dulu dikasih daripada NGT48, padahal NGT48 debut member Gen 1 duluan. Fasilitas-fasilitas itu mungkin yang bikin Mistel lebih cepet kenal Keyaki daripada NGT48. Sampe di Keyaki ini Mistel masih excited.


Lanjut ternyata Akip bikin sister group overseas lagi, kali ini di Bangkok, dan dikasih nama BNK48 (Izuta Rina sekarang dipindahin kesana). Sampe sini Mistel udah mulai mikir, errr masa iya harus diikutin juga. Jadi Mistel awal-awal mereka dibentuk gak pernah cari tau, selain sibuk sih juga emang gak pengen. Sampe akhirnya pas ada perform senbatsu internasional di Jepang, member JKT48 yang Mistel suka pada foto bareng member BNK48. Dari situ Mistel baru mulai kepoin beberapa membernya lewat instagram, kayak Jaa, Jane sama Nink. Tapi kayaknya bakal cukup sampe situ aja deh, karena pas Mistel dengerin lagunya, err.. bahasanya kurang cocok di telinga Mistel—padahal Mistel pernah tinggal di Bangkok meskipun cuma setahun.


Terus ada lagi grup baru yang dibentuk, namanya STU48, yang diperkuat sama Okada Nana (Naachan) dan Sashihara Rino (tadinya, tapi sekarang udah gak). Katanya nanti teathernya bakal ada di kapal pesiar gitu, jadi bukan berbasis di salah satu prefektur seperti kakak-kakaknya. Jujur selain Naachan, Mistel gak tau siapa-siapa di STU48, cuma tau tentang single debut-nya aja yang kontroversial *eh.


Terakhir, berita terbaru yaitu tentang pembentukan sister group overseas lain yang bakal ada di India, namanya MUM48. That’s it. Mistel gak akan ngikutin yang disana deh kayaknya.




Sebenernya awalnya Mistel gak terlalu ambil pusing sih sama dibentuknya grup-grup baru yang Mistel jelasin di atas. Mistel mikir, ah paling karena waktu itu Mistel lagi sibuk sama kuliah aja makanya gak bisa ngikutin mereka, nanti juga pas ada waktu bakal diikutin lagi. Tapi ternyata itu salah.

Sebelum posting ini dibuat, Mistel lagi sedikit senggang, jadi mencoba meng-update file-file ngidol Mistel mulai dari single, MV, variety show, drama dsb, dan Mistel baru sadar bahwa Mistel udah ketinggalan jauh banget. Mistel udah ketinggalan banyak banget, ditambah dengan adanya grup-grup baru itu, akhirnya Mistel terpikir untuk gak semuanya diikutin.

Bukan cuma masalah file ngidol-nya aja sih yang gak bisa diikutin semua, tapi masalah membernya juga. Mistel udah gak kuat buat ngenalin semuanya. 6 grup awal yang Mistel kira bisa Mistel handle aja ternyata gak bisa. AKB48 Team 8 gak semuanya Mistel kenal, anak-anak Gen 16 juga (cuma tau adeknya Tomu); SKE48 Gen 8 sama sekali gak kenal; NMB48 Gen 5 juga cuma tau beberapa yang terkenal; Nogizaka46 Gen 3 baru kenal wajah, itupun karena liat MV-nya. Gimana kabarnya sama grup yang baru?

Meskipun sebelumnya Mistel optimis banget mau menyelami lautan 48Family, tapi ini udah terlalu luas. It’s too much that I can’t handle. Jadi sekarang Mistel bakal milih yang mana yang diprioritaskan.
        Fokus utama Mistel sekarang Keyakizaka46 dan NMB48. Well, Keyaki memang tergolong baru dibandingkan 6 grup yang Mistel sebutin pertama, tapi entah kenapa Mistel justru lebih tertarik kesana. Sementara NMB48, jujur dari awal juga ada ketertarikan sendiri kesana (selain karena adanya Sayanee tentunya), tapi sayang jarang ada yang bikin sub buat variety show mereka :(
        Dibawah itu ada Nogizaka46. Selain karena Mistel lebih ‘kenal’ wajah Gen 3 Nogizaka dibanding Gen 2 Hiragana Keyaki jadinya lebih penasaran, Mistel ketinggalan Nogibingo! jauh banget jadi kepo dan masuk prioritas.
        AKB48, SKE48, HKT48 bakal Mistel ikutin sekadarnya aja. Gak tau ya, Mistel sekarang gak terlalu excited sama AKB48 lagi. Mungkin karena banyak member yang bikin Mistel suka AKB48 udah pada grad, gak cuma member lama, tapi member-member muda kayak Karen, Ryoka, Naanya dsb juga grad. SKE48 juga gitu. Kalo HKT48 gak tau kenapa ya, mungkin karena ter-distract sama yang lain jadinya gak bisa fokus kesini lagi. Paling setelah ini bakal cuma ngikutin single, MV dan beberapa variety show aja. Konser juga mungkin.
        NGT48 dan STU48 bakal diikutin lebih sekadarnya. Paling cuma sebatas single dan MV aja, membernya juga mungkin. Tapi syarat uji coba dulu.
        Mistel gak pengen ngikutin sister group overseas kecuali JKT48, dan sedikit BNK48 (sebatas beberapa member aja). TPE48, MNL48, MUM48, terus apa lagi? Dimana lagi mau dibikin? Plis deh Akip. Sebenernya jujur kendala utamanya emang masalah bahasa sih. Mistel tertarik sama 48G Jepang dan 46S juga karena tertarik dan pengen belajar bahasa Jepang. Meskipun lagu sister group overseas sebagian besar cuma detranslate dari lagu-lagu AKB48, which is basically the same song, it just doesn’t feels right in my ears. Gak terlalu terasa nyaman di telinga Mistel.



Oh iya, Mistel disini sama sekali bukan bermaksud merendahkan grup lain atau gimana ya, ini murni Mistel cerita tentang interest Mistel. Mistel tau, setiap orang pasti punya ketertarikan yang berbeda-beda terhadap sesuatu, yang mana perasaan itu murni datang dari hati dan gak bisa dipaksakan suka/gak suka-nya. Mistel juga yakin kok, grup apapun yang kalian suka, kalo didalami itu bakal seru banget :)

Layaknya Studio48 yang akhirnya cuma fokus sama lirik lagu sister dan rival group yang ada di Jepang—artinya sister dan rival group diluar Jepang gak masuk list lirik yang disediakan—Mistel juga bakal mencoba fokus~ wkwkwk

Begitulah sedikit tentang status interest Mistel terhadap 48G dan 46S, mungkin sedikit banyak bakal mempengaruhi tema(?) posting-posting Mistel kedepannya. Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa di posting berikutnya~

No comments:

Post a Comment

Newer Post Home Older Post