Laman

Sunday, January 21, 2018

Ada Apa dengan 21-1=0, Techi and Friends, Hiratezaka46 dan Techizaka46?


Hai semua~ ||ω`) *ngintip dari balik tembok*

Masih jaman gak sih bikin posting-an di blog? Pffft. Soalnya kayaknya Mistel liat udah jarang yang buka-buka blog buat bahas-bahas hal semacam ini, ya? (´•_•`) Sekarang mah yang rame buat ngidol itu wattpad (buat fanfic), instagram (buat fanbase, foto-foto, info juga di captionnya), youtube (review, cover lagu, vlog idol-idolan, segala macem), OA LINE (kalau buat info-info yang agak panjang), blog paling juga buat download file *whoops* sama terjemahan blog member.

So, sebenarnya Mistel meragukan masih ada yang minat membaca bahasan semacam ini apalagi dari blog yang absurd ini K Ini blog juga udah lama Mistel anggurin kan ya, gak ngerti lagi makanya masalah perkembangan per-blog-an xD But whatsoever goes on, Mistel berkeinginan untuk meramaikannya lagi, mari ikut meramaikan kawan-kawan~ (•̀-•́)


To be honest, sebenernya sekarang itu Mistel harusnya mengerjakan proposal skripsi *yaampuun daku merasa tua :'))* yang sampe sekarang belum menemukan titik terang. Niat Mistel sih sebenernya mau fokus nyelesaikan proposal dulu, baru ngetik-ngetik buat blog, tapi tuh buat ngebuka file proposal di laptop itu rasanya beraaaaaat banget. Terus Mistel jadinya mager dan ujung-ujungnya main hape lagi main hape lagi. Eh, gak sadar,  tiba-tiba udah gelap aja, tiba-tiba udah ganti hari lagi. Ugh, buang-buang waktu banget.

Jadi, daripada proposal mandek gak jelas dan blog juga gak keisi-isi karena nungguin proposal, padahal banyak yang pengen ditulis, jadi deh mencoba berani untuk bikin posting aja dan meninggalkan proposal sejenak *bahkan mungkin lama*. Biar aja deh proposalnya terbengkalai. HAHA. Daripada semuanya gak terkerjakan dan jadinya hanya buang-buang waktu luang, kan :'3

Oke enough with the curcols, kali ini Mistel mau bahas sesuatu yang belakangan ini lagi sering bersliweran di banyak grup-grup LINE ngidol, terutama untuk Sakamichi Series, dan lebih khususnya untuk Keyakizaka46. Breaking news-nya adalah dibatalkannya konser oleh Kanji Keyakizaka46 yang akhirnya digantikan oleh Hiragana Keyakizaka46.


Duh, bingung ya, Mistel udah lama gak bahas idol-idolan, belum pernah bahas khusus tentang Sakamichi Series, belum pernah cerita-cerita tentang Keyakizaka46, tiba-tiba sekarang bahasnya langsung kemana x'D Maafin ya, daripada gak ketulis semua kalau mau dibahas runtut, dan lagi ini masih fresh jadi semangat pengen ditulis :') Ikutin aja lah ya~ wkwk.

Jadi ini semua bermula ketika muncul info di official website Keyakizaka46, bahwasanya dikarenakan Techi (Hirate Yurina) yang cedera tendon lengan kanannya *CMIIW* dan belum bisa beraktivitas yang berat, konser Keyakizaka46 yang tadinya seharusnya dilakukan sama Kanji Keyaki di hari kedua dan ketiga bakal digantikan sama Hiragana Keyaki. Jadi total konser tiga hari itu bakal dilakuin sama Gana-chans (Hiragana Keyaki) semua (karena konser hari pertama katanya emang buat Gana-chans).

And then, chaos happened.

Banyak banget fans yang gak habis pikir, kenapa cuma gara-gara satu orang cedera semuanya jadi batal konser? Apa gak ada cara lain buat antisipasi? Makanya, setelah itu muncul banyak sekali spekulasi negatif tentang Techi, bahwa Techi selalu diperlakukan ‘spesial’ dibandingkan yang lain, selalu diperlakukan beda, dianak emaskan, dan jadinya muncul istilah-istilah seperti di judul post ini: 21-1=0, Techi and Friends, Hiratezaka46 dan Techizaka46.

*cr to editor
Sebenernya bukan baru sekarang banget sih munculnya istilah-istilah itu, dari dulu-dulu udah ada tapi cuma kayak semacam desas desus yang dibuat becandaan aja gitu. Tapi setelah kejadian ini, banyak fans tuh yang mikir kayak "lah, ternyata bener" gitu.

Gak heran sih ya kalau para fans banyak yang bikin-bikin istilah semacam itu, karena jujur menurut Mistel lumayan ekstrim sih ngebatalin konser cuma gara-gara satu orang cedera ._. Eh tapi Mistel kurang sreg sih sama istilah 21-1=0, soalnya pas Zuumin (Imaizumi Yui) hiatus, sepertinya semua berjalan seperti biasa, jadi mungkin lebih tepat kalau dikatakan 21-Techi=0 *apasih *abaikan

Dan sepertinya bohong sih kalau Mistel bilang Mistel gak berpikiran seperti itu jugameskipun cuma terlintas sedetik aja, haha. Tapi disini Mistel coba berpikir rasional dan seobjektif mungkin tentang kira-kira apa ya alasan manajemen akhirnya memutuskan seperti itu? Mistel bukannya mau sok tau atau apa sih, just sharing my thoughts, dan silakan bertukar pikiran kalau memang ada yang gak setuju atau kurang tepat Mistel sampaikan, just feel free to left your thoughts too in the comment box :3

So, mungkin ini beberapa alasannya:

        Dari awal gak ada yang dipersiapkan buat gantiin blocking Techi, or maybe anyone else too
Keyaki gak kayak 48G yang punya orang-orang tertentu yang memang disiapin buat jadi pengganti, baik itu buat perform teather ataupun live. Ya, mungkin juga karena stock memberya banyak, yang tampil di tiap lagu rata-rata cuma 16 orang, ya pantes sih. Sementara Kanji Keyaki dari awal debut gak (atau belum) mengalami ‘seleksi’ yang mengharuskan salah seorang member atau lebih berpisah dari anggota yang lain (dalam hal major single ya, bukan coupling song). Kanji Keyaki dari awal semuanya terpilih jadi senbatsu (well, kecuali Neru), cuma posisinya aja berubah-ubah—kecuali untuk posisi center of course.
Nogizaka46 aja ada yang namanya undergirls, suatu saat member under bisa jadi anggota senbatsu atau bahkan center senbatsu, begitu pula sebaliknya. Gak paham juga sih kenapa Babeh Akip mengkonsep Keyaki se-saklek itu sampai 5 single yang udah Keyaki rilis. Jadi tuh ya kayak memang gak dipersiapkan pengganti buat blocking masing-masing member, mereka harus melakukan bagiannya masing-masing, Gana-chans juga punya lagu dan blocking tersendiri, jadi ya mau gimana?

        Belum ada yang pantas menggantikan sosok Techi
Sebenernya bukan Techi aja, sih, tapi mungkin seluruh member Kanji Keyaki, atau bahkan seluruh member Keyaki. Karena setiap member punya warna masing-masing, punya ciri khas masing-masing di tiap lagu, dan itu sudah mulai dibentuk dari awal mereka debut. Waktu Zuumin hiatus juga setiap perform posisinya dibiarin kosong gitu aja, syuting MV Eccentric juga konon katanya posisinya malah digantikan sama bayangan.

Zuumin?
Ini juga?

Jadi kenapa kalau Zuumin gak ada Kanji Keyaki tetap tampil, kalau Techi yang gak ada Kanji Keyaki gak jadi tampil? Ya jelas kan, kalau posisi kosongnya di tengah atau belakang, gak bakal terlalu keliatan. Sementara kalau yang kosong di posisi center? Keliatan banget! Alasan lanjutan dari ini nyambung di poin berikutnya~
Btw ya, kalaupun posisi Techi mau digantikan sama orang lain, Mistel rasa waktunya terlalu mepet buat tiba-tiba mempelajari seluruh part yang dilakuin Techi. Dan lagi, kalau ada member Kanji yang gantiin posisi Techi, otomatis posisinya dia kosong juga, terus mau digantiin orang lain lagi? Berantakan semuanya deh~

        Blocking Techi terlalu special
As we all know, Techi dari debut single pertama Keyaki udah kayak ditunjuk jadi ultimate ace-nya Keyaki—meskipun diantara member Kanji yang lain dia yang paling muda—dan sampai detik ini kita belum tau bakal sampai kapan rezim Techi ini bertahan. It’s like Keyaki belum afdhol kalau rilis single atau album tanpa ada jacket cover yang isinya full foto Techi seorang diri.

Single/Album Cover Techi
 Setiap lagu major single dan album pasti ada part tersendiri buat Techi, baik itu dari segi koreografi maupun lirik lagu. Misalnya aja kayak part monolog di Sekai ni wa Aishikanai, atau “Boku wa Iyada”-nya ⸢Fukyouwaon⸥, “Anta wa Watashi no nani wo shiru”-nya ⸢Getsuyoubi no Asa, Skirt wo Kirareta⸥, atau koreo pas bagian bridge antara chorus kedua sama modulasi* di ⸢Futari Saison⸥. Terus juga, lagu-lagu solo sama unitnya Techi mau diapakan? Gak ditampilin semua? Atau mau digantiin sama orang lain? Mistel kok gak yakin x’D

Techi and Friends(?)

Tech and Friends(?)

*modulasi = chorus yang nadanya dinaikkan

        Manajemen cuma mau Keyaki menampilkan sesuatu yang perfect
Bukan perfect dalam segi kelengkapan anggota sih yang Mistel maksud—toh Zuumin hiatus tetep tampil—tapi lebih ke koreografi masing-masing individu yang harus terlihat sempurna. Kalau misalkan ternyata diputuskan ada yang menggantikan Techi, Mistel rasa udah gak sempat. Mereka memoles koreografi bagian masing-masing yang selama ini selalu mereka lakukan aja latihannya harus jauh-jauh hari, gimana mau belajar blocking baru (punya Techi) dari nol banget? Ditambah dengan semua part-part special-nya Techi? Bakal berat banget sih di waktu yang gak banyak ini.

        Kesempatan buat nge-push Gana-chans
Ini cuma terlintas aja sih, ada kemungkinan juga kan seandainya ternyata ada maksud terselubung dari kejadian ini, wkwk. Ya, bisa jadi kan, mungkin memang gak disampaikan secara blak-blakan. Jadi kayak cederanya Techi ini jadi alasan dibatalkannya konser Kanji Keyaki, padahal dibalik itu ada maksud lain. Kayak aji mumpung. Sebenarnya mau memberi ruang tampil buat Gana-chans, tapi belum tau gimana caranya “menyingkirkan” Kanji Keyaki, terus ternyata kebetulan Techi cedera, terus kayak “Ah, that’s the way~ cucurucurucuru~” ~(‾~) *kemudian nyanyi*
Udah, jangan dipikirin terlalu serius, intermezzo aja (¬‿¬)


By the way, katanya ada info lagi kalau ternyata yang minta konser Kanji Keyaki diganti Gana-chans itu bukan dari pihak manajemen, melainkan anak-anak Kanji Keyaki sendiri. Really? Kira-kira kenapa, ya? Apa mungkin karena alasan-alasan dibawah ini:

        Gak ada yang merasa bisa menggantikan Techi
Antara sungkan atau gak mau direpotkan sama posisi yang tinggi dan berat banget. Sungkan karena all this time, it always been Techi. Meskipun dia yang termuda diantara member Kanji tapi dia sanggup jadi ace yang bisa diandalkan, dan mugkin gak ada yang berani merasa bisa menggantikan. Gak mau direpotkan atau merasa berat kalau harus menggantikan Techi, seperti yang sudah dijelaskan sebelum-sebelumnya bahwa kalau mau menggantikan Techi itu banyak sekali yang harus dipelajari dan itu berat, jadi mereka gak berpikir buat bisa menggantikan secepat itu.

        “Setia kawan”, gak ada satu, gak tampil semua
Hmm, bisa jadi sih ya, karena keberadaan Techi yang disegani dan posisi dia juga yang paling penting hampir di sebagian besar lagu, jadi kalau gak ada Techi, mereka memilih untuk gak tampil di event sebesar konser nanti.
Tapi kenapa Zuumin hiatus mereka tetep tampil? Karena seinget Mistel selama Zuumin hiatus gak ada event sebesar konser yang bakal diadakan di Nippon Budoukan (seinget Mistel, CMIIW), paling juga pas Live Keyaki Republik, dan memang sih blocking Zuumin gak se-sakral Techi yang center, jadi masih bisa dikosongin. Bayangin aja kalo posisi center yang harus dikosongin ._.
Oiya, pas Zenkoku Tour juga pas masa-masa Zuumin hiatus dan acara live-nya lumayan gede sih, meskipun di Stage48 gak termasuk konser. Zuumin gak ada, sepertinya blocking-nya dikosongin. Tapi toh akhirnya Zuumin muncul pas Final Zenkoku Tour di Makuhari Messe, bawain lagu solo barunya, Natsu no Hana wa Himawari dake Janai.

        Mereka juga mau menampilkan yang terbaik
Sama seperti penjelasan poin di atas tentang “Manajemen cuma mau Keyaki menampilkan sesuatu yang perfect”, member juga mau menampilkan yang terbaik. Mereka gak yakin kalau akhirnya diminta menggantikan posisi Techi dalam waktu yang sempit ini mereka bakal sempurna melakukannya seperti yang gimana selalu Techi lakukan. Jadi lebih baik gak digantikan aja.

        Para senpai terlalu baik
Ketika Techi cedera, alih-alih menghadapi dengan jalan yang susah kayak menggantikan posisi Techi, tapi malah menyerahkan konser seluruhnya ke adek-adeknya di Hiragana. Hitung-hitung membantu mereka buat lebih popular :) Duhh, baiknya kakak-kakak ini~ (`˘˘)-c<´`“)

Begitulah~

Kita sudah berada di penghujung posting ini, let me close it with a mind blown: Mistel baru baca artikel di Tumblr-nya Gocchisama-san kalau tenyata Techi pernah absen di hari pertama Zenkoku Tour pas di Nagoya, kampung halamannya sendiri. Terus Mistel dapet info dari forum Stage48 bahwa waktu itu bagian monolog Techi di ⸢Sekai ni wa Aishikanai⸥ digantiin sama Neru (karena Zuumin juga lagi hiatus jadi digantiin sama Pon/Kobayashi Yui), unit AM 1:27 yang isinya Techi-Mon (Suzumoto Miyu)-Pon jadi cuma dibawain Mon sama Pon, di ⸢Eccentric⸥ part Techi sama Zuumin dibiarin kosong (gak ada suaranya).

So, karena sudah pernah kejadian seperti itu, kenapa kali ini gak diantisipasi kayak gitu aja? Part Techi di ⸢Sekai ni wa Aishikanai⸥ diganti sama Neru, mungkin lagu lain juga digantiin. Apa mungkin karena waktu itu (di Nagoya) itu keadaan darirat banget ya, sampe gak tau gimana lagi caranya dan akhirnya dibiarkan begitu? Tapi kalau dipikir-pikir lagi, lumayan masih ada waktu buat cari pengganti. Atau kan bisa juga dicampur antara Kanji dan Hiragana, kenapa harus dipisah-pisah konsernya?

Hmm, I’ll leave you with those questions (¬‿¬) *senyum jahat* haha. Maafkan jika kurang berfaedah. See you~

1 comment:

  1. menurut gw spesial nya Tecchi itu dibagian wajah nya banyak misteri.. wktu lihat live tokyo dome, disitu mukanya dh mulai redup, kyk gelisah.. sayang banget Teechi dah grad..

    ReplyDelete

Newer Post Home Older Post