Laman

Sunday, December 15, 2013

Speaking, Oh, Speaking!

Speaking. Speaking. Speaking.

Satu kata itu emang selalu bikin Mistel pusing tujuh keliling, akal hilang mabuk kepayang. Satu kata itu merupakan jenis pengujian yang paling menguras pikiran, jiwa, dan raga Mistel. Selama hampir tiga taun sekolah di SMA, baru sekali Mistel sedikit ‘bagus’ penampilannya, itupun karena Mistel sebenernya udah nyiapin buat hari H, eh ternyata pas hari itu gurunya sakit, jadi ditunda sampe besoknya, alhasil Mistel jadi bisa latihan lebih. Tapi itupun sebenernya masih kalah juga sama beberapa temen Mistel yang emang jago ngomong.

Sebenernya, gak heran sih Mistel begini karena emang Mistel bukan orang yang hobi ngomong, dan untuk public speaking masih dalam tahap upgrade, apalagi ini pake bahasa Inggris. Tapi mau gimana lagi kan, kalo standar ulangannya gitu, yaa mau gak mau harus dipaksain bisa! Kadang minder juga sih kalo liatin temen-temen yang ngomongnya kayak aliran arus sungai gitu, kenapa Mistel gak bisa seluwes itu juga lidahnya u.u Tapi gapapa ding, bersyukur juga masih mendingan.

Nah, main problem kali ini adalah:
Tiga hari yang lalu, yaitu tanggal 12 Desember 2013, sore hari waktu jam pelajaran bahasa Inggris, tiba-tiba guru bahasa Inggris Mistel ngasih tau ada ulangan speaking tentang pembacaan berita, beritanya terserah, durasinya 1:30 - 2:00 menit, tata caranya itu pertama pembukaan sebagai news anchor, terus peran kedua sebagai reporter di lapangan, terus balik lagi jadi news anchor buat penutupan. Dan tau kapan ulangannya? BESOKNYA! Bayangin, gila aja, tenggat waktu cuma sehari, belum cari berita, belum latian, belum siapin mental juga, yaampuun! T^T

Biasanya tuh ya, kalo ulangan speaking gini tuh dikasih taunya seminggu sebelumnya, jadi mentalnya udah agak siap dikit gitu deh. Lah ini, sehari, gals! Yaampuun, beneran deh hari itu tuh twisted day banget! -o-

Pertanyaan pertama, Mistel harus bawain berita apa? Masalah pertama yang terlintas adalah tentang Al dan Farhat Abas. Tapi bingung, nge-live-nya gimana nanti? Terus tiba-tiba kelintas buat bawain tentang JKT48, tentang apanya gitu, pas mereka buka theater resmi di f(x), atau pas konser, kan bisa nge-live. Terus pertamanya ada sedikit keraguan, masa bawain berita itu, sih? Meskipun sebenernya gurunya juga bilang terserah berita apa aja, sih ._.

Terus, gak tau dapet dorongan dari mana, Mistel tiba-tiba buka twitter. Eh, di timeline Mistel ternyata ada salah satu postingan foto Yupi dikelilingi salju. Pertama mikirnya, ah mungkin foto lama, gitu. Terus pas Mistel cari tau lagi, eh ternyata ada foto Jeje di salju juga, terus juga ada foto Kinal! Terus Mistel cepet-cepet buka timeline Kinal, eh ternyata Kinal, Jeje, Yupi, sama Cindy emang lagi ada di Jepang sekarang! :D Dan Kinal itu update banget kegiatan mereka di sana. Terus Mistel kepikiran, kenapa gak bawa berita ini aja? Kan lumayan fresh dan bisa dibawain live report-nya juga, misalnya Mistel pura-pura ikut ke Hokkaido gitu! xD

Awalnya mikir sih, pantes gak, ya? Terus ternyata salah satu temen Mistel ada juga yang bawain tentang artis gitu, tentang Miley Cyrus dan Liam Hemsworth, karena merasa punya ‘bolo’, Mistel capcus aja deh! :D Mistel maunya ceritanya di sini jadi reporter Japanese Station gitu! xD huehe.

Gak mau buang-buang waktu, abis itu Mistel langsung menelusuri timeline Kinal (baca: ngestalk *whoops :p). Dari situ Mistel tau banyak info, dari mereka berangkat tanggal 8 ke Tokyo, terus dari sana 2,5 jam perjalanan ke Hokkaido. Di Hokkaido mereka nginep di Shiki Niseko Hotel, terus tanggal 10 mereka ke Niseko Grand Hirafu buat main ice skating. Awalnya mereka training dulu sama sensei di sana, dan Kinal bilang untung senseinya bisa bahasa Inggris, jadi mereka cepet ngerti. Abis itu mereka ke puncak gunung naik gondola, terus mereka meluncur dari sana.

Pertamanya Mistel mau lanjut ceritain setelah itu mereka ke Sapporo, makan kambing paling terkenal di sana, terus Cindy ke museum dan temple tradisional, tapi karena batas waktunya gak cukup, jadi Mistel cuma cerita pas mereka di Niseko Grand Hirafu.

Udah deh, setelah dirangkum ceritanya dan di-translate, Mistel latian deh. Mistel tuh sebenernya udah ngerti sama apa yang mau disampein, udah paham urutannya, tapi gak tau kenapa yah, mungkin karena kurang fokus dan terlalu stress karena belum siap mental, tiap kali latian tuh adaaa aja salahnya, gak lancar gitu deh :( Mistel tambah stress karena gak bisa lancar-lancar, dan akibatnya makin gak fokus :(

Beberapa saat kemudian Mistel coba nenangin diri, terus karena udah jam 2, Mistel pergi aja ke kelas kosong buat latian. Di dua-tiga kali latian itu syukur banget Mistel lumayan lancar, yaa mungkin karena suasana yang tenang juga kali ya. Terus gak terasa udah hampir jam setengah 3, Mistel langsung cao ke lab bahasa.

Di lab bahasa, Mistel emang kena jatah duduk di depan karena nomor urut 1. Pas gurunya masuk, mungkin karena yang pertama diliat itu Mistel, jadi Mistel yang dipanggil pertama! Disaster! Dx Tapi Mistel udah agak feeling sih sebelumnya, dan gak tau kenapa gak terlalu dagdigdug gitu :3

Dengan penuh keberanian yang dipaksakan, Mistel maju deh. Duduk di kursi panas, tarik napas panjang, hembuskan. Mistel siap. Mistel harus siap. Mistel mulai deh nyerocos. Awalnya lancar sih syukurnya.

Tapiiiiiii, gak lama setelah itu lidah Mistel kesandung sama kata ‘ice skating! Dan di situ lah awal kehancuran Mistel :( Mistel nge-blank beberapa saat, dan Mistel yakin itu pasti udah menghancurkan keseluruhan nilai speaking Mistel T^T

Penampilan-penampilan setelah Mistel gak ada yang separah Mistel nge-blank-nya, Mistel jadi mau nangis rasanya T^T Tapi mereka pada bawa teks ding, sementara pas Mistel maju, Mistel belum yakin, dibolehin bawa teks apa enggak.

Nyesek banget tau perasaan Mistel. Rasanya kalo masih boleh ngulang, Mistel mau deh ngulang lagi, dan Mistel bakal ganbatte banget buat kesempatan kedua itu! Tapi gak bisa, mau gimana lagi kan, ya :| Pas pulang prosus Mistel masih nyesek sebenernya, tapi setelah tidur sore sejenak, syukur banget nyeseknya reda dikit :)

Mistel coba tabah aja deh, seenggaknya Mistel merasa masih bisa nutup beritanya dengan bagus (semoga emang keliatannya begitu). Yaah, jadiin pelajaran aja deh buat kedepannya, semoga bisa lebih baik lagi :) *kata-kata siapa yah, kayak familiar ._.a*



Yaudah deh, segitu aja curcol Mistel kali ini, doain terus yah, biar Mistel semangat latian meng-upgrade speaking skill Mistel! :D Ganbarimasu, and au revior!

No comments:

Post a Comment

Newer Post Home Older Post