Laman

Thursday, December 26, 2013

Apa sih Enaknya Jadi Haters? (JKT48's Woti Layar Kaca POV)

4 Desember 2013

Hufft~ *ngembusin napas panjang*

Mistel baru aja nge-woles-in hati dan pikiran nih, hehe. Jadi ceritanya, kemaren Mistel gak sengaja nemu halaman hatersnya JKT48 di facebook. Ya ampun, gak ngerti deh, kalo istilah bahasa Indonesia-Aceh, entah apa-apa yang dibilang u.u

Sebenernya, tujuan utama Mistel kemaren bukan buat nge-search tentang hatersnya JKT48 sih. Kemaren tuh Mistel lagi iseng cari-cari info aja gitu di Om Google. Pas keluar hasil pencariannya, ada salah satu judul yang narik perhatian Mistel *tapi lupa apa persisnya :p*, terus Mistel buka deh di tab baru, dan ternyata link itu membawa Mistel ke salah satu halaman di facebook.

Pertamanya, pas baca judulnya yang intinya Anti JKT48 gitu, Mistel males nerusin scroll ke bawah, tapi dasar otak penasaran, Mistel akhirnya tergoda juga untuk pengen tau, apa aja sih yang dilakukan seorang haters itu?

Ternyata makan hati banget tau ternyata bacanya ._.

Mistel sampe hampir kehabisan stok oksegen gara-gara harus berkali-kali ngirup oksigen dan ngeluarin karbondioksida secara masal guna menetralkan rasa sesak di dada. Mistel sakit hati sebenernya, apa salah Mistel sama dia, coba? Masa Mistel dituduh termasuk ke dalam golongan fans seperti yang dideskripsikan sama dia, padahal Mistel sebenernya sama sekali gak kayak gitu? :(

Memang sih dia gak nyebut nama Mistel di situ, tapi dari kata-katanya yang bilang kalo ‘semua fans JKT48 itu sama aja’ kan udah mewakili maksudnya itu secara tersirat. Eh, atau jangan-jangan yang nulis itu udah keliling seluruh pelosok Indonesia dan memperhatikan semua kelakuan para fans yang luar biasa banyak itu ya, makanya dia berani nulis kayak gitu? Atau, dia cuma ngeliat secara umum dan BERASUMSI? *nyindir. Mistel cuma satu sampel diantara banyak fans gak bersalah yang telah secara kejam di-judge secara tidak adil oleh saudara-saudari kita yang―ehm, gitu deh pokoknya. 



Sebelum lanjut, petrama-tama kayaknya Mistel perlu nyampein dulu beberapa hal yang mengganjal di hati Mistel tentang mereka. Cekidot~

1.       Kebiasaan Berpikir Secara Subjektif, Bukan Objektif. Ini susah nih. Jadi pikirannya itu udah terbiasa untuk meng-homogen-kan sesuatu hal yang luas dengan secuil sampel buruk yang sering terlihat di sekitarnya (atau karena dia memang memfokuskan diri buat cari kejelekannya doang sih), jadi di dalem kepala dia itu semuanya sama aja gitu. Padahal sebenernya kalo dia mau berpikir secara rasional, fans itu sebenernya sama aja kayak keragaman suku dan budaya di Indonesia, karena kepala dan pikirannya berbeda, kelakuannya juga pasti berbeda-beda, gak bisa seenaknya disamain jadi satu golongan yang homogen gitu.

Masuk akal gak sih, kalo setelah salah satu fans minta dia secara baik-baik buat berhenti ngejelekin JKT48, dia malah nyuruh fans itu ngebenerin dulu sikap sesama fans lain yang suka ngejek artis lain? Gini ya, di dalem satu kelas yang isinya cuma 30 orang yang seumuran dan tiap hari ketemu aja, kalo ada salah satu orang yang bandel kadang susaaah banget ngasih taunya. Apalagi ini sesama fans, yang jumlahnya gak terhitung, rentang umurnya jauh, dan tersebar di seluruh Indonesia! Kita aja mungkin gak tau dia itu siapa, tinggal dimana, karakternya gimana. Okelah kalo cepet ngerti, tapi kan karakter orang itu berbeda-beda, ada yang cepet kepancing, ada yang selalu nyoba mikir rasional, dll. Gimana coba cara menyamakan persepsi mereka semua?

Mistel bukan mencoba membela yang salah, yaa. Kalo salah ya tetep aja salah, dan bukan merupakan sikap yang pantes ditiru. Tapi ya itu tadi, rasional dikit deh, mana mungkin kan, kita ngontrol dan nyatuin persepsi ratusan juta kepala yang tersebar sampe ke pelosok-pelosok Indonesia sana? Pasti ada―gak sedikit―yang gak mau diatur, keras kepala, dll.

Terus, jangan biasain deh, berpikir kalo di suatu golongan itu orangnya pasti bakal sama semua. Mistel capek banget dengerin persepsi orang yang berpikiran sempit kayak gini selama hidup Mistel. Gak usah bahas contoh yang lain deh, yang ini aja. Masa dia bilang kalo semua fans JKT48 itu cuma suka ngeliatin blablabla dan seterusnya. Padahal kenyataannya, Mistel juga fans, tapi Mistel sama sekali gak kayak gitu :\ Hati-hati aja, secara gak langsung yang nulis itu udah nyakitin hati banyak orang yang gak bersalah, kalo sampe gak dimaafin, gak berkah deh tuh ntar hidupnya u.u

2.       Pengen Diberi Kesan ‘Orang Baik-Baik’. Di salah satu post, Mistel baca kalo sebenernya tujuan mereka itu gak jahat kok, cuma mau mengajak ke arah yang lebih baik. Ngajak ke arah yang lebih baik? Dengan cara menjelek-jelekkan JKT48, gitu? Dari banyak hal yang mereka jelek-jelekkan, Mistel rasa banyak deh artis Indonesia lain yang bahkan jauh lebih parah dari JKT48, kenapa gak sekalian bahas mereka juga? Kalo memang mau ngajak ke arah yang lebih baik, bukannya seharusnya juga bahas tentang artis-artis itu juga? Kalo ternyata cuma bahas kejelekan JKT48, berarti dia itu gak lebih dari sekedar pembenci JKT48, dong. Kalo gak suka ya gak suka aja, gak usah sok suci bilang kalo tujuannya mau ‘ngajak ke arah yang lebih baik’, deh.

3.       Berani Bawa-Bawa Agama, Padahal... Beuhh, ini parah nih. Dia berani bawa-bawa agama, seolah-olah dia itu ibadahnya udah bener banget dan gak ada cela. Dia protes, fans JKT48 itu begini lah, begitu lah. Padahal, coba ya dia ngaca. Memangna ada ya, ajaran agama yang ngajarin buat membenci (jadi haters), mencela, serta menjatuhkan sesama manusia dengan cara mencari kesalahan-kesalahannya? Okelah kalo dia bilang tujuannya bukan itu, tapi buat mengajak ke arah yang lebih baik. Tapi caranya gak gitu juga, kali, mas-mbak-bro! Kalo niatnya baik, so pasti caranya harus baik dong.

Dia itu pernah kepikiran gak sih sama perasaan orang yang suka JKT48? Apalagi fans yang gak berperilaku sama seperti yang dideskripsikannya (kalo sama kayak yang di deskripsikannya mungkin agak ngerasa bersalah, sih). Kalo cara dia kayak gitu, bakal banyak orang gak bersalah yang sakit hati. Dan gak heran, kalo fans itu cepet kepancing, maka akan menimbulkan fanwar di sana-sini. Jangan suka protes deh sama fans yang suka bikin fanwar, karena keberadaan dia sebenernya juga jadi pemicu yang memperparah terjadinya fanwar.


 Gimana, gimana, setuju gak? Meskipun bawa-bawa nama JKT48, Mistel udah berusaha berpikir netral, loh. Mistel nulisnya ini dari balik kacamata seseorang yang prihatin dengan peristiwa hater-hater-an. Bukan cuma berlaku buat JKT48, tapi buat semua orang yang punya haters.



Lanjut ah, yuk. Yang kedua, Mistel mau menjelaskan dan membantah sedikit apa yang hater itu bilang. Yang tadi kan masih secara umum dari mata seorang netral, kali ini baru Mistel lebih menjurus agak kearah membela JKT48 sedikit. Mau baca atau enggak, itu hak pembaca sekalian :)

1.       They said JKT48 Sering Meniru AKB48? Oke, ini pembelaan mereka setelah melewati proses panjang. Awalnya mereka bilang sesuatu―lupa tepatnya, but something like JKT48 itu plagiat AKB48. Terus fans JKT48 membela dengan ngasih sebuah foto nyata yang masuk akal sekali, yaitu foto yang menampakkan JKT48 dan AKB48 sedang manggung di suatu acara musik, on one stage! Foto itu bilang, mana mungkin plagiat dan yang diplagiat bisa perform di satu panggung? Make sense, right? Terus haters-nya berdalih, mereka merasa gak pernah bilang kata ‘plagiat’ buat JKT48, plus nyumpah-nyumpah tentunya, tapi mereka cuma bilang ‘meniru’, terus mereka bilang fans JKT48 itu bodoh gak bisa bedain antara ‘meniru’ dan ‘plagiat’. Umm, setahu Mistel, what’s the different, coba? Terus, kalaupun memang benar style-nya sama, yang bikin mereka bilang JKT48 itu ‘meniru’, what’s the matter? Orang total producer mereka aja sama, terus Mistel yakin kalo staff JOT juga banyak orang Jepang. So, semua kesamaan diantara JKT48 dan AKB48 wajar-wajar aja, kan?

2.       They said Member JKT48 Berorientasi Tidak Normal. Atas dasar apa mereka bisa bilang gini? Katanya sih gara-gara foto sesama membernya terlalu gimana gitu. Sekarang Mistel tanya, letak gak wajarnya itu sebelah mana? Mereka udah bareng-bareng selama dua tahun, theater itu udah kayak rumah kedua, dan sesama member itu udah kayak keluarga sendiri, senang, sedih, semua kerja keras udah mereka rasain dan lalui bersama. Mistel juga lumayan update kok sama foto-foto mereka, tapi selama ini kayaknya yang Mistel liat itu masih dalam batas kewajaran deh, gak ada yang terlalu aneh. Mistel juga tinggal di asrama loh, dan Mistel tau banget gimana rasanya temen yang dulunya kayak orang asing, sekarang udah kayak sodara sendiri. Rasa sayangnya itu udah kayak sama ke sodara sendiri. Jadi, menurut Mistel masih wajar lah foto-foto mereka itu.

3.       They shared FAKE pictures! Ini, nih, yang Mistel gak demen. Okelah kalo misalnya mereka protes sesuatu yang memang bener adanya. Uhm, bukan oke juga sih, maksudnya masih mending lah (tapi sebenernya sama aja gak bener :p). Lah ini, mereka share foto yang bahkan Mistel aja gak tau itu siapa (karena angle-nya dari bawah), dan masalahnya foto itu tuh agak gak senonoh gitu, terus mereka nuduhnya itu foto salah satu member CUMA karena dia pake kaos putih yang tulisannya JKT48 itu *tau kan yang mana?*, bikin sebel aja! Padahal kalo dipikir-pikir, gak bakal mungkin ada member yang share foto kayak gitu. Tingkat nabilah share foto cuma bagian badan (tanpa kepala dan kaki) aja, sedetik kemudian langsung dihapus lagi karena takut salah paham, apalagi foto kayak yang haters itu sebar! Ada-ada aja -.- *Oya, maap yak, Mistel gak bisa mencantumkan foto itu di sini karena kurang sopan u.u*

4.       They said Lip-sync itu Pembohongan Publik. Mereka bahkan ada yang sampe dateng ke acara HaiDay pas JKT48 manggung, terus bawa kertas bertuliskan ‘lip-sync itu pembohongan publik’, dan foto dengan latar belakang Team KIII yang lagi perform. Kalo boleh bela, sebenernya ada alasannya kok JKT48 itu lip-sync, yaitu keadaan yang gak memungkinkan. Bisa jadi si panitia acara gak punya peralatan yang memadai buat JKT48 tampil secara live vocal, terus bisa jadi juga memang disewa buat lip-sync karena biar biaya perform-nya lebih murah, gitu. Terus memangnya, apa salahnya sih kalo mereka lip-sync? Toh itu suara rekaman mereka juga, kan? -.- Kalo misalnya mereka lip-sync pake rekaman suara orang lain, itu baru malu-maluin. Nah, ini mereka pake suara sendiri, apanya yang pembohongan publik, coba? :O

5.       They said Member JKT48 Suaranya Pas-Pasan Semua. Yang pertama kali Mistel mau lakukan adalah meluruskan persepsi orang awam, bahwa JKT48 itu bukan ujung karir para membernya, perjuangan mereka bukan untuk mentok jadi anggota JKT48, gak kayak artis lain yang memang berdedikasi di dunia musik. JKT48 itu adalah semacam sekolah entertainer, sekolah dimana cewek-cewek yang sebelumnya gak punya basic dance, gak terlalu bisa ngontrol suara, gak terlalu pinter ngomong dan ngadepin pers, jadi bisa ngelakuin semuanya, dan semua itu tentunya butuh proses yang gak singkat. Seleksi awal mereka tentu juga bukan berdasar sama segi vocal aja (meskipun ada beberapa yang vocal-nya emang bisa diacungi jempol), karena memang bukan itu tujuan dibentuknya JKT48. Tujuan yang sebenernya itu untuk membentuk seorang entertainer yang memang benar-benar berbakat, dengan cara ngelatih mereka hampir tiap hari, mulai latihan dance, latihan vocal, latihan nge-mc, dan lain-lain, dan ketika mereka merasa sudah berkembang dan pantas menjadi artis mandiri, mereka bisa kok mutusin buat graduate.

Salah satu contoh yang pantes diteladani adalah Atsuko Maeda, ex-member AKB48, sister group mereka. Mistel balum terlalu banyak kenal dia sih, karena saat Mistel mulai ngaidol, dianya malah graduate ._. Tapi kalo kata temen Mistel, semangat Acchan ini patut dikasih standing applause. Pasalnya, waktu awal-awal kebentuk AKB48, dia ini gak terlalu menonjol, tapi dia berusaha dan latian keras terus buat mengembangkan bakatnya, sampai akhirnya dia nyampe puncak kepopulerannya, dan termasuk 7 anggota tak tergoyahkan AKB48 *Mistel lupa apa bahasa kerennya, kayaknya Kami7 deh* sampe saat-saat terakhirnya di AKB48, terus sekarang dia udah graduate, dan jadi artis mandiri yang sukses.

Jadi, menurut Mistel, wajar aja kalo ada beberapa member yang suaranya biasa aja *tapi seenggaknya gak sampe malu-maluin deh*, Sendy sendiri pernah bilang di salah satu MC, salah satu kejadian yang lucu menurut dia adalah ketika take vocal, ada beberapa member yang suaranya gak nyampe. Tapi meskipun gitu, Mistel yakin, seiring berjalannya waktu, mereka pasti akan lebih baik lagi.

Dan, jangan lupain juga beberapa member yang suaranya emang bagus dari sononya, kayak Sendy, yang dulunya emang penyanyi dan suaranya nyampe kalo nyanyi lagu ‘The Power of Love’-nya tante Celine Dion; terus ci Stella yang juga bagus, dia pernah cover lagu ‘Squall no Aida Ni’ sama ‘Manatsu no Christmas Rose’ sendirian; Sonia, adeknya ci Stella yang tentu kualitas vocal-nya gak jauh-jauh dari dia; Beby, yang suara serak basahnya itu khas banget; Shania, yang suaranya juga bagus; Frieska dan Ve yang suaranya halus; Ayen, lady rock-nya JKT48; Della sama Nadila, yang skill performance-nya nyanyi dan lagunya itu lumayan tinggi nadanya; Noella, yang skill performance-nya nyanyi plus main gitar; oh iya, yang jangan sampe lupa itu Novinta, atau akrab dipanggil Nobi, suaranya keren banget sumpah, Mistel pertama denger langsung terpana, she have great strong voice!; dan masih banyak lagi member lain yang suaranya lumayan dan gak bisa Mistel sebutin satu-satu.

Setelah ini, apa masih mau mikir kalo SEMUA member JKT48 itu suaranya pas-pasan, gak akan pernah berkembang, dan akan gitu selamanya? Think again, deh! u.u

6.        They said Fans JKT48 Bikin Fanpage ‘Tuhan JKT48’. Kayaknya udah banyak yaa, kasus-kasus murahan kayak gini terjadi. Orang-orang yang sirik itu memang macem-macem yah polahnya, heran Mistel u.u Pernah gak ya, mereka terpikir bahwa fanpage abal-abal itu cuma buatan seorang haters yang mencoba mencoreng nama fans JKT48, mencoba bikin orang berpikir bahwa para fans JKT48 sebegitu fanatiknya sampe nganggep JKT48 itu Tuhan? Pernah baca atau nonton cerita detektif gak? Banyak banget, tau, trik orang-orang jahat yang suka memanipulasi pikiran orang-orang. Salah satunya ya mungkin ini nih, dengan cara melakukan sesuatu yang bikin kebanyakan orang berpikir bahwa pihak kontra gak mungkin melakukannya, dan hanya pihak pro-lah yang jadi tertuduh utama. Padahal, mereka gak tau kalo itu sebenernya hanya akal bulus salah satu oknum kontra (inget ya, Mistel bilang salah satu, bukan semua!). Ada yang nyeletuk gak mungkin? Kenapa enggak, coba? Di dunia ini gak ada yang gak mungkin, guys. Apapun bisa aja dilakukan seseorang (meskipun orang itu melakukannya dengan seperenambelas hati dan berjengit jijik), demi menjatuhkan nama baik pihak yang dibencinya.

Sebaliknya, coba pikir, kalo itu memang benar kerjaannya fans JKT48, apa mungkin? Mistel sih gak yakin. Pernah tau kasus serupa yang menimpa Che*rybe*le, kan? Kasus yang sempet heboh besar beberapa tahun lalu itu dampaknya besar banget buat turun drastisnya pandangan  banyak orang ke mereka, terlepas dari kemungkinan bahwa mungkin saja yang melakukannya adalah pihak kontra. Dan, kalo dipikir-pikir, memangnya ada ya, fans JKT48 yang waras dan mau ngelakuin hal itu, setelah tau kalo kasus kayak gini ujungnya bakal kayak grup sebelumnya? Menurut Mistel, kemungkinan yang tersisa cuma bahwa ada orang yang gak suka JKT48, terus dia inget tentang dampak dari kasus Che*rybe*le, dan memanfaatkannya buat menjatuhkan JKT48, menyangka bahwa rencana busuknya ini akan berhasil dan efeknya akan sama kayak kasus sebelumnya. Sayangnya, fans JKT48 terlalu solider, susah diruntuhkan pertahanannya. Dan, sepertinya rencana oknum itu gagal, karena sampe sekarang, gak terendus sedikitpun kehebohan tentang kasus itu, tuh. Kasian bener, yak B)



Nah, begitulah pembelaan Mistel. Make sense gak? :) Mistel udah coba serasional mungkin, kok, tapi kalo memang ada yang beda pemikiran, ya maap maap aja deh (^^)v *peace*. Ini cuma dari yang Mistel pernah liat dan denger, loh, gak mungkirin juga kalo masih banyak hal-hal yang belum diulas. So, kalo ada yang mau kasih saran, bagian apa gitu yang mesti Mistel sorotin perhatian, Mistel terima saran dengan senang hati, kok! :D

Jadi, apa sih enaknya jadi haters? Tiap hari kerjaannya cari-cari kesalahan orang, bikin-bikin sesuatu yang menjatuhkan orang itu, dan lain sebagainya. Bukannya itu malah cuma menumbuhkan segala penyakit hati, iri, dan dengki? Gak capek apa, ya? Hidup ini tuh buat dinikmati, mas-mbak-bro-sist, jaga hati biar kita bisa enjoy, so gak usah nambah-nambahin pikiran yang gak perlu dengan menjadi seorang haters. Capek hatinya. Kasian.

Oya, buat sesama fans, Mistel cuma mau kasih pesan, jangan cepet terpancing sama bualan-bualan para haters yaa, karena itulah yang mereka harapkan. Mistel pribadi sih ogah bikin mereka puas karena omong kosong mereka udah berhasil mengusik kita. Abaikan aja, anggep cuma anjing menggonggong, pokoknya keep calm and always support JKT48, deh ;) Oce, oce?

Terus, kalo kata temen Mistel nih ya, kita―para fans―itu gak perlu terlalu risau sebenernya, karena haters itu sejatinya adalah bolo kita, konco kita, kompeni kita, atau apalah itu sebutannya. Tau kenapa? Karena sebenenya mereka juga suka sama JKT48! Buktinya, mereka sering update tentang JKT48, update foto-foto mereka terus diedit, dan yang pasti mereka juga sering mendiskusikan JKT48 sama sekutunya, dong.

Terkadang malah perhatian mereka melebihi para fans, hihi, dan kadang juga di suatu bidang, pengetahuan mereka melebihi beberapa fans. Iya, kan? Cuma gengsi mereka aja yang terlalu tinggi buat mengakuinya. Jangan-jangan, diam-diam mereka malah suka muter lagu JKT48 di sela-sela kesibukannya, dalihnya mau nyari kesalahan-kesalahan di lirik atau musiknya, padahal sebenernya..., haha, kita gak tau hati manusia, kan? ;)

Rileks. Yang di atas itu cuma intermezzo, gak usah dianggap serius :3 Yaudah, segitu aja ulasan Mistel kali ini, arigatou buat yang udah merelakan waktu buat baca, maaf kalo ada salah-salah kata, maksud miste di sini baik kok, cuma mau membuka pikiran pembaca sekalian aja :)

Last but not least, beannacht! (~^w^)~

2 comments:

  1. q jg kagak ngerti tuh sama jalan pikirannya para haters
    gini ya! q juga bukan fans jkt cm q juga bkn haters. aku suka lagu mereka yg memang enak didenger di telingga. lo msalah anggota, q suka ma nabilah soalnya dia manis banget. cm ya bukan fans, sebatas suka.
    bnyk sekali yg ngejelekin nabilah di twitter, yang pamer tubuh lah, yg ini lah yang itulah. hedehhhh, bnyk artis yg lebih prah dr dia lho, apa jngan2 gk pernah nonton tv?. dan lagian nich, fotonya nabilah kan kebanyakan diedit tuh. kagak bisa lihat ape?. n lo ngatain bwa nama orang tua, khususnya ibu, parah bnget. ko gk suka ya gk usah dilihat, beres kan.
    dan lagi, katanya gk suka, tp kok tiap hr kerjaanya cm ngurusin kejelekannya jkt aja?? nahh lhoo!! mikir gk?. namanya tuh pembodohan diri sendiri. wkwwwkkwkwkw. amit2 dech!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, itu dia, bener banget (y) :) aku juga gak paham sama pikiran mereka, gak suka ya gak suka aja, beres kan, haha
      bawa-bawa orang tua? maksudnya gimana? :o

      Delete

Newer Post Home Older Post