Laman

Tuesday, October 21, 2014

Tips Aman Menulis Status di Media Sosial / Social Media (Sosmed)

Haii pembaca sekaliaan~ Mistel akhirnya kembali lagi setelah beberapa bulan hiatus :D Maaf mengkhawatirkan kalian ^^ *sok merasa dikhawatirkan*

Terakhir Mistel ngepost di sini itu pas hari terakhir bulan Juni yaa? Waktu itu emang Mistel bilang mau hiatus dulu setelah otak berasap bikin 18 posting dengan hashtag #18 Postings In June 2014 o.o Udah pada baca belum? Ayoo silakan pada dibaca yaa ;)

Mistel sebenernya gak sibuk-sibuk banget sih buat urusan kuliah (paling juga sibuknya itu beberapa minggu terakhir karena menjelang UTS). Biasalah masih awal-awal, belom ada praktikum, tapi yaa gitu deh, Mistel lagi males nulis ._.v hehe.

Sebenernya juga, Mistel udah memikirkan beberapa topik yang kayaknya asik buat ditulis, ada sekitar 20-an topik (banyak juga yaa), tapi sekali lagi, Mistel lagi males nulis, haha.

Ini juga sebenernya Mistel lagi dalam minggu UTS sih, tapi tiba-tiba greget mau nulis, kasian soalnya blognya udah dipenuhi sarang spiderman gini, ahaha

Yasudahlah, kali ini Mistel akan menulis tentang tips-tips bagaimana cara membuat status baik untuk status biasa maupun untuk melampiaskan kekesalan (especially buat seseorang) di sosial media, tanpa diketahui yang bersangkutan, ataupun tanpa membuat orang lain merasa tersindir :)

Oke, sebelum itu, kalian pernah kesel sama seseorang? Kalian pernah nyindir mereka di sosmed? Kalian pernah ketahuan sama orang yang disindir kalo kalian itu menyindir dia? Atau kalian pernah nyindir si A, tapi si B tiba-tiba ngerasa dan kalian jadi canggung? Atau kalian pernah bikin status yang niatnya buat bercandaan, tapi malah diceramahin ‘pihak berwajib’? Gimana rasanya? Tambah kesel? Ahaha.

Mistel juga pernah, loh. Di salah satu sosmed, Mistel bikin status tentang polisi yang ngerazia pas mau lebaran doang. Niatnya buat bercandaan sih, soalnya ada beberapa temen Mistel yang jadi korban razia, niatnya mau bikin mereka ketawa aja gitu. Tapi gak taunya mama Mistel ngebaca dan jadilah Mistel diceramahin langsung di status itu :( Bete banget asli. Terus Mistel tiba-tiba males, mood bercandanya langsung ilang, dan Mistel langsung hapus deh itu status.

Sebenernya Mistel suka males kalo di sosmed 'itu', hati-hati banget. Soalnya disitu Mistel banyak berteman sama ‘pihak berwajib’. Tapi, temen Mistel yang kena razia itu berteman sama Mistel cuma di sosmed itu aja, jadi yaudah deh Mistel putusin buat bikin status disitu. Kalo tau bakal gitu kejadiannya, gak lagi deh, mau apapun alasannya, kapok bener!

Ada kasus lain, kali ini temen Mistel (di sosmed yang sama). Dia kayaknya lagi kesel banget, terus bikin status pake gue-elu gitu. Dia orang jawa tengah sih emang, tapi kan gak apa-apa sih sebenernya kalo sekali-sekali pake gue-elu. Tapi ternyata mamanya komen, bilang kalo beliau gak suka temen Mistel ini kalo lagi kesel bikin statusnya pake gue-elu. Jiahh, tengsin banget deh itu pasti! Pukpuk teman Mistel.

Tapi tenang saja, Mistel hadir kali ini membawa solusi! (macem iklan produk aja) Dan berikut inilah tips-tips yang bisa kalian ikuti dalam mengatasi masalah-masalah diatas~ :3

[Perhatian!!! Karena Mistel sendiri yang membuat tips-tips ini, dikhawatirkan terdapat banyak unsur ke-gaje-an di dalamnya, harap pembaca teliti dulu sebelum membeli(?)]



Oh iya, tips-tips ini bakal Mistel bagi jadi dua bagian yaitu tahap persiapan (dilakukan sebelum membuat status, sebagai persiapan awal kapan dan dimana harus membuat status) dan tahap pelaksanaan (dilakukan setelah mendapatkan waktu dan tempat yang cocok, sebagai pemikiran seperti apa dan berisikan kata-kata apa saja status yang akan dibuat). Selamat membaca~

A.      Tahap Persiapan

1.       Pilih  waktu sepi buat nulis status.

‘Status’ disini bukan berarti Mistel merujuk ke salah satu sosmed, yaa. Biar mudah aja, kita samakan persepsi dulu, anggap semua yang kamu tulis di sosmed itu ‘status’ :)
Kenapa lebih baik nulis di waktu sepi? Ya karena biar gak di-notice sama yang bersangkutan, dong! Sebaiknya kalo niat banget mau nyindir, kamu bikin statusnya sekitaran waktu tengah malam gitu, deh, haha. Atau kalo orang yang mau kamu sindir itu seorang insomnia, cari deh waktu kapan dia biasanya gak online, biasanya sih yang suka insomnia gini tidurnya sekitaran waktu Subuh.

2.       Pilih sosmed yang timeline-nya selalu update.

Kali ini, ‘timeline’ disini memang ditujukan ke salah satu sosmed yang logonya burung biru :3 Kenapa Mistel merujuk ke sosmed itu? Karena disana Mistel ngerasa paling nyaman kalo lagi mau nge-spam! Haha. Apalagi kalo tengah malam tuh, beuhh, asik bener! Alasannya adalah karena biasanya followers kita itu mem-follow ratusan akun aktif lainnya, jadi sangat besar kemungkinan ‘status’ yang kita tulis tersebut akan cepat ‘tenggelam’ oleh status-status lainnya dan gak bakal muncul ke permukaan lagi tanpa alasan yang jelas seperti di-retweet. Kecuali orang tersebut mengecek ke profil kita, dan itu jelas kurang kerjaan banget.

Beda lagi sama sosmed yang didominasi sama warna biru seperti yang disebutkan sebelumnya. Mistel udah kapok banget di situ. Alasan pertama karena beranda-nya itu sering gak jelas, banyak status lama yang tiba-tiba nongol di permukaan, padahal udah di-setting supaya nampilin status terbaru aja. Eh, pas log out terus log in lagi, gitu lagi berandanya. Masa kita harus setting mulu tiap buka sosmed itu?

Bukannya Mistel merendahkan yaa, cuma ini berkaitan dengan misi untuk membuat status ‘nyelekit’ tanpa masalah. Mistel juga gak ngelarang kalian sering main ke sosmed itu, cuma Mistel pesen buat hati-hati aja, apalagi kalo kalian pake nama asli.

3.       Pilih sosmed dimana kamu gak berteman sama orang yang bersangkutan ataupun ‘pihak berwajib’ yang berhak menceramahi kita.
Ini penting banget nih. Jangan sampe kalian berteman sama orangnya langsung, ataupun berteman sama bolo-bolo (teman-teman) yang bersangkutan, takutnya dilaporin ntar :v Pilih sosmed lain gitu kalo mau melampiaskan kekesalan, ataupun pilih sosmed yang kalian bikin pake fake ID. Aman deh udah.

Selanjutnya, jangan pilih sosmed dimana kita berteman sama ‘pihak berwajib’ seperti orangtua, pakde, bude, tante, om, guru, ustadz, dosen, dll karena takutnya bakal diceramahin :v Ini nih alasan kedua Mistel hati-hati banget kalo pake sosmed yang identik sama warna biru itu. Disitu ada mama Mistel, guru sekolah Mistel, keluarga besar, dan lain-lain, males banget kalo status kita malah jadi lapak ceramah, malu sama temen kalo ada yang baca, kesannya agak gimana gitu kan ._.v



B.      Tahap Pelaksanaan

1.       Tulis statusmu pake isyarat.

Maksud syarat disini adalah jangan to the point. Bertele-tele aja bikin kata-katanya, biar orang lain ngiranya kalian lagi nyerocos gak jelas. Abaikan dulu pelajaran Bahasa Indonesia-mu yang mengajarkan untuk menulis dengan baik dan benar, ahaha. Di sosmed pokoknya kalo mau melampiaskan kekesalan jangan biarkan orang lain mengerti maksud ocehan kalian!

Saran dari Mistel, mungkin kalian juga bisa pake pepatah-pepatah yang terdapat di muka bumi ini, ataupun sedikit diplesetin juga boleh, biar yang baca tuh ngiranya kalian lagi ngelawak ataupun memotivasi diri, bukannya lagi melampiaskan kekesalan.

2.       Tulis statusmu pake bahasa lain.

Kalo bisa ngelakuin ini lebih baik. Kalian bisa pake bantuan Paman Gugel Translet(?) untuk hal ini. Tapi satu yang perlu diperhatikan adalah: jangan pake bahasa Inggris! Mainstream banget! Anak TK di London aja sekarang udah ngerti bahasa Inggris *yaiyalah koplak*. Pake bahasa anti mainstream gitu loh, kayak bahasa Tahiti, biar greget, lol. Kalo kalian tulis status pake bahasa yang jarang orang ngerti, dijamin deh, sekalipun kalian mengumpat kayak apapun, hampir gak ada yang bakal protes kalian karena pada gak ngerti.

Atau ada saran lebih baik, kayak pake kode morse? Atau bahasa isyarat orang tunawicara? Boleh deh, itu tergantung gimana kreatifitas kalian aja.

3.       Tulis statusmu pake huruf lain.

Ini lebih baik lagi dari tips sebelumnya. Huruf asing lebih susah diidentifikasikan daripada bahasa asing. Kalian bisa pake huruf Arab, China, Korea, Thailand, ataupun Jepang, terserah kalian deh, sekarang kan udah banyak banget aplikasi yang menyediakan jasa tersebut. Tapi yang penting kalian harus tau cara nulis huruf tersebut, paling enggak dasarnya lah, terus tau artinya juga. Jaga-jaga, mungkin aja ada pembaca kalian yang ngerti tulisan tersebut, kan malu banget kalo kepergok salah.

Atau kalo mau lebih aman, kalian bisa pake huruf braile, biar tambah greget, ahaha.



Yahh, begitulah kira-kira tips-tips (ngaco) tentang cara menulis status ala Mistel! :D Semoga bermanfaat yaa, tapi jangan terlalu dibawa serius! lol. Ciao~~~

No comments:

Post a Comment

Newer Post Home Older Post