Laman

Sunday, November 9, 2014

It Is Hard to Be The Right Among The Wrongs

Akhir-akhir ini Mistel lagi banyak pikiran ._.

Biasa lah yaa, di penghujung tahun menjelang kelulusan itu biasanya banyaaak banget hal yang mesti dipikirin mateng-mateng. Ya tentang belajar serius lah, nanti setelah lulus mau kuliah dimana lah, cara menyiasati memilih undangan lah, sampai ke hal-hal yang dulunya hitam sekarang mulai mengabu-abu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hal hitam yang mulai mengabu-abu itu apa, Tel?

Hehe, maaf banget yaa, untuk hal yang satu ini Mistel gak bisa jelasin terang-terangan di sini. Pokoknya itu sesuatu yang belakangan ini udah dianggap sesuatu yang biasa, dan bahkan perlu banget, demi kebersamaan katanya, tapi itu sama sekali bertentangan sama hati nurani Mistel.

Pokoknya, kali ini Mistel pengen share ke pembaca semua, sekalian curhat juga sih, kalo berpegang teguh pada sesuatu yang kita rasa benar di antara massa yang percaya pada kekeliruan itu rasanya beraaat banget. Bener itu emang berat.

Jadi ceritanya gini, Mistel lagi ada di suatu forum, ceritanya lagi ngomongin sesuatu yang ‘katanya’ demi kemaslahatan bersama, tapi Mistel gak sepikiran sama mereka, gak tau kenapa yaa, hati Mistel tuh seolah-olah emang nyeruin ‘enggak!’ aja, gitu. Rasanya tuh emang berat waktu Mistel nolak ikut ‘project’ itu. Waktu Mistel ngangkat tangan pas ditanyain siapa yang gak setuju aja tangan Mistel dingin, jantung Mistel dag-dig-dug gak keruan, badan Mistel dingin.

Mistel nolak itu bukan karena Mistel percaya diri banget atau malah sombong. Sebenernya Mistel juga takut. Mistel gak terlalu yakin juga sama kemampuan Mistel, tapi mau gimana lagi, Mistel bukan tipe orang yang mau dengan mudah dipaksa ikut sistem orang yang sama sekali gak bersesuaian sama hati Mistel. Karena itu, Mistel udah putusin, Mistel gak mau peduli sama hasil Mistel nanti, sekalipun itu di bawah rata-rata mereka-mereka semua itu, yang penting Mistel gak mau membodohi hati Mistel sendiri.

Mistel juga udah mutusin kalo Mistel enggak mau peduli lagi sama omongan orang. Mistel tau, meskipun semua keliatan biasa aja sama Mistel, seolah gak ada apa-apa, pasti ada satu, dua, atau beberapa orang yang ngomongin Mistel di belakang. Pasti ada, Mistel yakin. Mau itu ngomongin Mistel sombong banget lah, gak setia kawan lah, dan lain-lain sejenis itu deh pokoknya, yang penting Mistel percaya pasti ada. Tapi meskipun gitu, Mistel tetep keukeuh, Mistel gak akan goyah, dan Mistel gak mau peduliin semua itu. Bukankah kelebihan Mistel adalah nyuekin orang? Hehe.

Poin penting yang perlu diingat bahwa Mistel merasa berat itu bukan karena Mistel masih bimbang, mau ikut ‘project’ itu atau enggak. Bukan karena itu. Karena, soal gak ikutan ‘project’ itu  tekad Mistel udah bulat dan gak mau Mistel ubah lagi. Tapi gak tau kenapa yaa, rasanya berat aja gitu waktu memutuskan kalo Mistel adalah satu-satunya orang yang gak setuju di antara puluhan orang di forum itu. Sebenernya bukan satu-satunya sih, tapi dua orang yang gak setuju lainnya itu ngakunya agak telat, jadi Mistel yang pertama dan satu-satunya yang secara terang-terangan ngacungin tangan buat menolak.

Waktu Mistel tanya ke temen Mistel yang sepikiran itu, kata dia sebenernya ada beberapa orang lagi yang punya pikiran kayak Mistel untuk gak setuju sama ‘project’ itu, tapi katanya mereka gak siap mental untuk dipojokin di suatu forum gitu, jadi mereka ya sekedar ikutan aja meskipun sebenernya mereka gak bener-bener menjalankan ‘project’ itu buat diri mereka masing-masing. Temen Mistel ini pun sebenernya kurang siap mental katanya, makanya dia gak terang-terangan ngacungin tangan kayak yang Mistel lakuin, melainkan ngaku agak belakangan di forum itu. Ternyata mencoba buat 'bener' itu emang seberat itu :)

Pertama Mistel juga mikir sih, apa salahnya gitu kan cuma sekadar ikut-ikut membantu temen meringankan beban, tapi gak bener-bener menjalankan ‘project’ itu buat diri Mistel sendiri. Terus, gak tau dari mana sumbernya, pikiran Mistel tiba-tiba dipenuhin sama kata-kata yang berasal dari sebuah ayat yang pernah Mistel tau, yang kira-kira berbunyi bahwa “bekerjasamalah kamu dalam hal kebajikan dan janganlah kamu bekerjasama dalam hal kemungkaran”. Mistel juga bingung gitu kenapa tiba-tiba inget sama ayat itu, makanya setelah itu Mistel teguh banget buat nolak ikutan.

Terus setelah forum itu ditutup, Mistel sama dua orang temen Mistel yang ikutan nolak dipanggil sama ketua forum, ditanyain kenapa gak mau ikutan ‘project’ itu. Pertama, Mistel gak tau mau jawab apa, terus salah satu temen Mistel tadi bilang kalo alasan dia adalah gak sesuai sama hati nurani. Ah, iya juga sih, alasan itu tepat juga sama yang Mistel rasain, jadi Mistel ikutan jawab itu. Terus si ketua masih bujuk, suruh pikir-pikir dulu mau ikut apa enggak, Mistel sebenernya mau bersikeras gak mau ikutan, tapi demi kesopanan dan menghindari kesombongan, Mistel ngangguk pura-pura aja.

Kata si ketua, itu buat jaga-jaga aja, mana tau nanti pas hari H, kami lagi gak fit gitu. Terus Mistel senyum miring, ngetawain pikiran dia yang lucuk banget itu. Dalam hati Mistel mikir, emang yang ngasih sakit itu siapa? Tuhan juga, kan?

Manusia emang bisa mikir segala cara buat jaga-jaga tentang suatu hal yang belum pasti di masa depan. Bisa, tapi cuma jaga-jaga aja. Yang menentukan semuanya tetep cuma Tuhan, karena Tuhan punya jauh lebih banyak cara, Tuhan lebih berkuasa. Tuhan bisa dengan sangat mudah mematahkan rencana manusia, tapi manusia sama sekali gak bisa mematahkan rencana Tuhan. Sama sekali gak bisa.

Karena itu Mistel mikir, daripada merusak sistem dan menodai rencana Tuhan dengan suatu hal yang gak perlu gini dan bikin Mistel jadi merasa bersalah, mending ikutin kata hati aja dan percaya kalo Tuhan bakal jaga-jaga buat Mistel. Dari dulu Mistel paling gak berani merusak sistem sesuatu, apalagi ini takdir Tuhan. Ngerti gak maksud Mistel?

Maksudnya gini, jadi Mistel takut, misalkan sebenernya Mistel itu udah ditakdirkan sama Tuhan buat lulus (meskipun nilainya sedikit dibawah rata-rata temen-temen yang lain), tapi ternyata Mistel tetep takut. Mistel gak percaya kalo takdir Mistel bakal begitu, Mistel takut gak lulus, terus akhirnya Mistel ambil ‘jalan pintas’ buat jaga-jaga. Nah, ternyata ‘jalan pintas’ yang Mistel ambil itu membuat Tuhan murka, dan akhirnya mengubah takdir Mistel, misalkan ‘jalan pintas’ itu mulus dan lancar, tapi Mistelnya tiba-tiba dikasih sakit pas hari H, kan berabe :| Atau apa deh skenario lain yang sama buruknya atau bahkan lebih buruk.

Satu hal yang pasti adalah Mistel bakal ngerasa bersalah banget dan nyesel seumur hidup kalo Mistel ikutan ‘project’ itu. Mitel pasti bakal dihantui rasa bersalah di masa depan karena ini merupakan kenangan yang jelek banget buat dikenang, Mistel pasti ngerasa nyesel banget karena Mistel gak bakal bisa ngulang hal itu lagi dan memperbaikinya, dan itu pasti bakal menyiksa Mistel banget.

.
.
.
.
.

Itu adalah catatan Mistel berbulan-bulan lalu, waktu masa-masa road to Ujian Nasional SMA :)

Mistel akhirnya gak ikut ‘project’ itu dan Mistel bersyukur banget sanggup bertahan di masa-masa sulit itu. Waktu itu mungkin rasanya berat, yap, 'benar' itu memang berat banget :’)

Tapi setelah terlewati dan dilihat kembali, sepertinya itu adalah kenangan manis, dan Mistel bahagia serta bangga banget sekarang, tiga kali melakukan itu, di SD, SMP, dan SMA, semuanya murni! (^~^)v



Bagi yang belum nangkap isi ceritanya, dipaham-pahamin aja deh yaa, terlalu banyak yang Mistel samarkan di cerita ini soalnya, demi kenyamanan bersama, haha. Sekian dan sampai jumpa~

No comments:

Post a Comment

Newer Post Home Older Post