Laman

Monday, November 10, 2014

Think Wide, Please!

Halo, Mistel balik lagi (*o* )/

Kali ini Mistel mau ngebahas tentang betapa mirisnya manusia-manusia yang gak mau berpikir panjang, terlalu cepat men-judge, suka meng-kotak-kotak-an suatu hal atau golongan, dan sejenisnya. Intinya pokoknya Mistel mau bahas tentang pentingnya berpikir positif dan alangkah baiknya membiasakan diri untuk berpikir positif! :)

Dalam hal ini, sebenernya Mistel juga masih dalam proses belajar, sih :) Tapi Mistel udah bertekad banget buat membiasakan diri buat berpikir positif ^^ Mistel tau Mistel juga belum sempurna banget, tapi Mistel cuma mau berbagi pikiran dan pengalaman Mistel ke kalian, semoga bermanfaat! :D

Oke, Mistel bakal coba bahas masalah ini dengan memaparkan beberapa pengalaman Mistel mengenai pikiran/anggapan orang lain yang menurut Mistel agak sempit, dan Mistel coba menelusuri tentang hal itu. Mistel bakal bahas per statement, oke? ;) Silakan membaca~ 


Statement pertama, datang dari salah seorang guru Mistel. Suatu hari di kelas Mistel pas masih jam pelajaran, guru yang lagi ngajar, entah dari mana nyambungnya, tiba-tiba ngomongin tentang Jepang. Statement yang dikeluarin beliau itu bikin Mistel muterin bola mata dan geleng-geleng kepala, belum lagi nada bicara dan ekspresi santai beliau pas ngomongin itu bikin Mistel gak habis pikir.

Beliau bilang, “jangan kuliah di Jepang, dosennya itu pelit ilmu,” tapi kalimatnya belum selesai, “itu kata teman saya yang kuliah di Jepang.”

Oke, fine. Mistel gak ngerti kenapa beliau bisa sesantai itu ngomong tentang hal itu di depan kelas resmi sekolah. Yang pertama, itu kata teman beliau. Bukan beliau sendiri yang mengalami hal itu, jadi kalau kenyataannya ternyata bukan begitu, ujung-ujungnya bisa jadi fitnah, kan?

Yang kedua, paling berapa sih jumlah dosen yang jadi pembimbing mata kuliah seseorang selama di Jepang? Cuma berapa persennya dari seluruh dosen yang ada di Jepang, coba? Paling cuma sedikit, kan? Dan dari segelintir dosen itu, beliau langsung men-judge SEMUA dosen di Jepang itu pelit ilmu? Oh, come on!

Yang ketiga, heyy, dosen itu bukan guru. Setau Mistel sih, dosen itu kebanyakan juga cuma sebagai pengantar, kan? Mahasiswa harus aktif cari ilmu tambahan sendiri, di Indonesia juga gitu, tapi dengan statement beliau yang seperti itu, seolah-olah CUMA dosen di Jepang yang pelit ilmu. Dan sedihnya, itu pasti sedikit-banyak mempengaruhi pikiran beberapa orang temen Mistel.

Gak enaknya, setelah beliau bilang statement itu, banyak temen Mistel yang langsung memandang Mistel dengan tatapan mengasihani. Karena mereka tau Mistel suka banget Jepang dan pengen kuliah di sana. Ya ampun, itu nyebelin banget! Mistel bales mereka dengan tatapan datar dan alis terangkat. Apa? Mereka pikir perkataan guru itu bakal mempengaruhi Mistel? Not at all! Those words can’t ruin my dreams, karena Mistel gak berpikiran sesempit itu!



Pulang sekolah, ternyata temen Mistel masih pada mikirin tentang Jepang-Jepang yang tadi. Terus keluarlah statement kedua, kali ini dari temen Mistel.

Dia bilang, “eh, kata temen kakakku, orang Jepang itu jorok banget, jarang mandi.” Terus setelah dia ngomong gitu, entah kenapa dia natap Mistel. Nyebelin banget, seolah ngejekin Mistel kalo negara yang Mistel adore ternyata orangnya jorok.

Mistel digituin cuma bilang “Hah? Masa?” dengan ekspresi datar, terus dia jelasin lebih detil tentang cerita kakaknya tentang temennya yang pernah tinggal di Jepang itu. Terus Mistel bilang lagi, “itu kan cuma satu orang, belum tentu semua orang Jepang gitu”. Dia bales, “gak tau juga, aku cuma diceritain gitu.”

Nah, lagi-lagi ini cuma cerita orang lain yang disambunglidahkan. Dan lagi, ini cuma tentang satu orang Jepang yang kebetulan satu apartemen sama temen kakaknya itu. Gimana bisa, dia, atau kakaknya, atau teman kakaknya itu, langsung nge-judge kalo semua orang Jepang itu kayak gitu? Dan lagi, orang Jepang yang diceritain itu cowok dan di usia perkuliahan. Mistel rasa di Indonesia atau di negara lain juga banyak cowok di usia perkuliahan yang jarang mandi. Gak semua sih, tapi mungkin banyak, kan? Satu statement kayak gitu bisa mempengaruhi citra Jepang di mata temen-temen Mistel, dan nyeseknya juga, citra Mistel di mata temen-temen Mistel, karena mereka tau Mistel suka Jepang.



Mistel rasa, kedua statement di atas awalnya keluar dari seseorang yang kurang bertanggung jawab. Orang itu baru melihat secuil kejelekkan tentang negara orang, tanpa mencari tau labih lanjut ataupun mengamati yang lainnya, langsung mengambil kesimpulan yang terlalu cepat, dan parahnya bisa mempengaruhi pandangan orang lain tentang negara tersebut.

Sayang banget kalo kedua statement di atas terus disambunglidahkan. Kita juga gak mau kan, misalnya ada bule dateng ke Indonesia, terus dia liat sungai Ciliwung yang penuh sampah, dan pas pulang ke negaranya, dia bilang kalo Indonesia itu negara yang jorok? Padahal gak semua tempat di Indonesia kayak gitu. Nah, gitu deh kira-kira ilustrasinya, negara lain juga gak mau di-judge seburuk itu.



Beralih ke statement ketiga, kali ini beralih ke dalam negeri. Ada seseorang yang Mistel denger pernah bilang kalo dia gak suka orang dari suatu etnis tertentu di indonesia. Alasannya karena mereka itu suka makan babi, jorok, baunya aneh, aduh Mistel gak tega nih ngetiknya :( Pokoknya dia bilang gitu cuma karena segelintir orang dari etnis itu yang kebetulan dia jumpai. Dia gak mau pertimbangin kalo banyak anak-anak jenius dari etnis itu, dibilangin juga percuma, pasti diungkit lagi yang negatifnya.

Orang itu juga pernah bilang, dia juga gak suka etnis lain, yang kebanyakan orang nganggep mereka itu pelit, dari nenek buyutnya sampe cucu-cucunya. Mistel sama sekali gak ngerti kenapa dia bisa ikutan mikir begini. Belum tentu juga semua orang dari etnis itu seperti yang dia pikirkan. Emangnya sifat pelit itu bisa ditutunkan ke anak, yaa? Entahlah.

Nah, gini yaa, kita semua tau Indonesia ini Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu. Kita sebagai orang Indonesia, seharusnya yang paling paham tentang tenggang rasa dan saling menghormati sesama manusia karena banyaaak banget agama, suku, dan budaya yang ada di Indonesia ini, dari Sabang sampai Merauke. Bukannya malah ngerendahin etnis lain gitu. 

Percuma kita tinggal di Indonesia yang kaya akan kebudayaan ini, kalo kita gak bisa menerima perbedaan dan mengedepankan toleransi. Percuma kita sekolah tinggi-tinggi kalo pola pikirnya masih sesempit itu. Kita gak mau kan, agama, suku, atau etnis kita diledek dan direndahkan orang lain? Makanya, kita juga gak boleh ngelakuin hal itu ke orang lain. Itu semua bisa dimulai dari diri kita sendiri, kok! :)


Statement terakhir, ada orang yang meragukan Yuko Oshima. Orang itu bilang, “emang ada ya, orang Jepang kayak gini?”. Mistel sebenernya kurang ngeh juga, apa yang sebenernya orang itu ragukan. Mata beloknya Yuko-kah? Muka cantiknya-kah? Pokoknya Mistel nangkepnya, orang itu kira Yuko operasi plastik.

Mistel mau jelasin, hmm, pertama, mamanya Yuko-san itu orang Amerika, Yuko-san itu blasteran Amerika-Jepang, jadi jangan heran kalo dia cantik. Kedua, teknik make up orang Jepang itu canggih banget, teknik fotografinya juga gak kalah, jadi gak heran dong kalo Yuko yang aslinya cantik, jadi tambah cantik lagi di foto. Tuh kan, selalu ada alasan di balik sesuatu.

Ketiga, di Jepang―juga di Indonesia dan negara lain juga―terdiri dari banyak suku bangsa, apalagi dengan banyaknya imigran dan turis yang berkeliaran di muka bumi ini dengan bebasnya. Jadi, jangan anggap ‘orang Jepang’ itu cuma terdiri dari orang-orang bermata sipit aja, banyak kok blasterannya, kayak di Indonesia juga. Kalo Yuko aja dianggep operasi, terus orang-orang kayak Maachan (Manami Oku), Yukiko Kinoshita, sama Aanya (Anna Murashige) itu apa dong? Permak muka? Yang bener aja!



Ah, sudahlah. Intinya, think wide aja, deh! Setiap orang punya otak berbeda, punya pikiran berbeda, punya style berbeda, gak bisa disamain gitu aja semuanya, apalagi terus pake bawa-bawa etnis, suku, agama, kewarganegaraan, dan lain-lain. Orang-orang yang ada dalam suatu kelompok kecil dan merasa punya banyak kesamaan aja pasti ada bedanya―eh, jangankan itu, anak kembar identik aja gak bisa langsung disatu-jeniskan gitu aja, apalagi perkumpulan besar, grup besar, ras, suku, bangsa, dan negara.

Saran Mistel, kalo kalian baca/denger suatu statement, dari siapapun itu, jangan terlalu cepat setuju. Kita harus cari tau dulu kebenarannya. Kita juga harus lihat dari sisi pro dan kontranya dulu. Mungkin pepatah “Don’t Judge The Book by It’s Cover” paling tepat buat hal ini. Kita harus berpikiran luas, harus obyektif, jangan subyektif. Jangan menilai sesuatu terlalu cepat, karena kita gak tau, pasti ada aja alasan di balik semua itu, yang terkadang sama sekali gak bisa kita duga. Gak adil kan, kalo kita udah terlanjur nge-judge yang macem-macem, ternyata ada alasan mulia di balik itu semua? Gimana kalo kita yang ada di posisi itu? Sedih kan, rasanya? 

Jangan suka berpikiran pendek, terus langsung meng-’kotak-kotak’-kan segala hal di dalam kotak tertutup. Ngerti, gak? Jadi, jangan mikir kalo ‘orang ini pasti begini’, ‘orang itu pasti begitu’. Belum tentu. Terus, jangan mikir sempit, karena dunia ini luas. Kita bukan apa-apa di antara bumi dan antariksa, kita juga bukan siapa-siapa dibandingkan semua manusia di dunia ini. Masih banyak banget hal-hal yang gak kita tau di dunia ini, itulah alasannya kenapa kita harus berpikiran luas dan positif.

Selain dalam berpikir, hati-hati juga dalam berbicara, khususnya dalam mengeluarkan statement dan atau menyambunglidahkan cerita, karena itu bisa mempengaruhi pikiran orang terhadap sesuatu. Masih mending kalo statement-nya bener, nah kalo salah? Kan bisa jadi fitnah. Dan fitnah itu kemungkinan besar akan terus menyebar dari mulut ke mulut.

Kalo kita berpikiran positif dan luas, kayaknya pikiran kita bakal enak, deh :) Pikiran kita selow, gak anti sama ini-itu, gak capek (karena, percaya deh, pikiran negatif itu bikin capek), gak kepikiran tentang kejelekan orang lain, gak nambah penyakit hati (karena kalo gak suka sama sesuatu pasti banyak nyeseknya), dan gak nambah dosa juga, haha. Pokoknya enak deh, dan kita harus bisa melakukannya :)



Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat :D

Sampai jumpa di posting selanjutnya, dan keep think wide and positif, guys! ;)

2 comments:

  1. Haha2014x. Ini mah Indonesia banget. Saya juga dikatakan sama teman-teman ngajar dan teman kuliah kalau saya anak alay gara-gara suka 48 family. Padahal pegang lightstick saja saya belum pernah. Yang lebih parah ada yang bilang kayak gini "Ih kamu cowok normalkan? Masa' sukanya sama girlband lipsync kayak gitu?" Gue jawab aja "Kalo saya suka boyband itu baru aneh" haha2014x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah! You just did it, bro! xD "Ini mah Indonesia banget". Bisa jadi kan, di luar negeri juga ada orang yg mindset-nya kayak gini, tapi karena kita selama ini tinggal di Indonesia, kita mikirnya kalo sifat kayak gini cuma ada di Indonesia aja, padahal mungkin aja enggak, hehe ;)
      Oya, btw, masalah underestimate orang awam tentang 48family, aku udah terlalu sering melihat n mengalami, dan bentuknya itu macem2 banget ._. aku heran sampe segitunya mereka nyari2 kesalahan 48family, bikin capek aja, wkwk x3

      Delete

Newer Post Home Older Post